Berkuliah di Prince of Songkla University dengan beasiswa TEH-AC (1)

Syukur alhamdulillah, bisa melewati 1 Syawal 1436 H.. Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga Allah SWT mengijinkan kita untuk bertemu kembali dengan bulan ramadhan tahun depan. Aamiin.

Postingan kali ini membahas tentang bersekolah di Prince of Songkla University (selanjutnya saya sebut PSU) melalui beasiswa Thailand Education Hub for Southern Region of ASEAN Countries (TEH-AC). Beasiswa TEH-AC ini merupakan salah satu dari sembilan jenis beasiswa yang disediakan oleh PSU. Beasiswa TEH-AC dibuka empat kali dalam setahun untuk jenjang master (S2) dan Ph.D (S3).

 Beasiswa TEH-AC ini mengcover:
1. Tuition fee: selama 2 tahun untuk S2 dan 3 tahun untuk S3. Apabila lebih dari waktu tersebut, maka mahasiswa harus membayar sendiri uang kuliah dsb.
2. Tiket pesawat: sekali berangkat dan pulang.
3. Monthly allowance: 10.000 THB per bulan.

Kewajiban grantee (penerima) beasiswa TEH-AC:
1. Membuat progress report tiap semester.
2. Mempublikasi thesis/disertasi sebanyak 1 tulisan (S2) dan 2 tulisan (S3) ke jurnal internasional yang bereputasi baik.

Hmm… untuk syarat mendaftar beasiswa TEH-AC apa saja ya?
1. Diutamakan warga negara Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, Filipina, Myanmar, Kamboja, Laos dan Vietnam.
2. Lulusan S1 (untuk Master) dan S2 (untuk Ph.D).
3. Mempunyai sertifikat TOEFL atau IELTS dengan skor minimal setara 500 TOEFL PBT.
4. Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar satu program studi saja.

Dokumen yang perlu disiapkan (untuk diupload pada saat pendaftaran):
1. Surat rekomendasi dari dosen pembimbing utama S1 (untuk Master) dan S2 (untuk Ph.D).
2. Surat rekomendasi dari atasan untuk yang sudah bekerja.
3. Research plan max. 800 kata.
4. Curriculum Vitae (CV).
5. Salinan Ijazah dan transkrip (dalam bhs Inggris) S1 (untuk master) dan S2 (untuk Ph.D).
6. Salinan sertifikat TOEFL/IELTS dg syarat seperti diatas.

Terus dokumen – dokumen tersebut dikirim kemana dan lewat apa? Pada saat 2014, aturannya adalah semua dokumen dikirim ke Graduate School melalui email: phonpimon.d@psu.ac.th

Anyway, S.A.B.A.R…  sebelum anda memutuskan akan bersekolah di PSU (atau dimanapun), silahkan baca dulu semua rangkaian artikel ini.. Paling tidak ada tiga hal yang perlu anda persiapkan sejak jauh hari:

1. TOEFL/IELTS: paling tidak perlu sekitar 2-3 bulan untuk persiapan, tes dan memperoleh sertifikat dari tes TOEFL iBT atau IELTS.
2. Browsing PSU: gali informasi tentang PSU sedetil mungkin. Bisa melalui web PSU, add Facebook anggota PERMITHA PSU, googling dsb. Temukan semua sisi positif dan negatif menurut persepsi anda dan jangan malas untuk mencari tahu.
3. Mantapkan hati: apabila nantinya anda lolos beasiswa di PSU (atau dimanapun), jadilah orang yang selalu bersyukur, ingatlah bahwa beasiswa yang sudah anda peroleh itu bisa jadi adalah impian bagi orang lain, yang kebetulan belum mendapatkannya.

Secara umum, alur yang harus dilalui untuk bisa bersekolah di PSU melalui beasiswa TEH-AC adalah sebagai berikut:

Hal yang harus dipahami, bahwa ada dua hal utama yaitu (1)mendaftar sekolah di Universitas dan (2)mendapat sumber dana/beasiswa. Tentang kedua hal tersebut akan saya bahas pada postingan berikutnya. Bersambung…

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

21 Comments

  1. Assalamualaikum, pak.. skrg psu belum buka beasiswa yah? Saya tertarik mau ikutan

  2. Untuk biaya hidup bagaimana? dan apakah model akademiknya sama seperti Indonesia yaitu S1 4 tahun atau berbeda?

    • Biaya hidup di Hat Yai? bervariasi tergantung pola hidup. secara umum sebagai contoh, asal beli makannya di kantin PSU (Rongchang) itu 25-35 baht. kalo 3 kali makan ya sekitar 105 baht alias 3000 an baht lah sebulan. itu juga tanpa beli minum ya. karena disini disediakan dispenser air minum dingin di banyak lokasi. Kalau harga barang, relatif sama dg kota besar di Indonesia.

  3. Assalamualaikum Wr Wb…
    Mas Ari, saya sekarang S2 Keperawatan…..Saya ingin sekali sekolah S3 Keperawatan di PSU dan mencari beasiswa…Bagaimana ya…Apakah S2 keperawatan dalam negeri bisa melanjutkan S3 keperawatan luar negeri…Mohon informasi ….Wassalam

    • Waalaikumsalam wr wb.
      Maaf late response.
      Bisa mas, disini banyak mahasiswa PhD keperawatan dari indonesia…

  4. Assalamu’alaikum.
    Bapak, saya mau menanyakan untuk ijazah apakah perlu legalisir dari kemenkumham, kemenlu, dan kedubes kerajaan Thailand ya? Karena saya baru punya terjemahan dr pusat bahasa universitas ketika saya S1 dulu.
    Kemudian untuk research plan apa saya boleh meminta contoh dari yang pernah Bapak buat sehingga berhasil mengantarkan Bapak mendapat beasiswa ini?
    Saya baru tahu info TEH-AC ini, dan ternyata 8 April sudah deadline.
    Mau mengusahakan supaya sempat untuk submit semua persyaratannya, mudah2an bisa terkejar.

    Terima kasih Pak sebelumnya. Mohon maaf apabila ada yang membuat kurang berkenan.

    • Maaf late respone.
      (1) maksud mas: ijazah S1 dicopy+legalisir.. trs discan dan dikirim via email mas buat apply S2 di PSU? iya bener
      (2) Research plan isinya: judul/topic, latar belakang dan tujuan, metodologi dan daftar pustaka. Topik agar disesuaikan dengan tema riset yang ditawarkan oleh TEH-AC.
      (3) TEH-AC biasanya buka lowongan 3-4 kali per tahun.. Semangat!!

  5. Assalamualaikum pak Ari,
    Saya Lukman, alhamdulillah accapted beasiswa TEH AC untuk semester 2 tahun ini. Namun saya masih blm mendapatkan LoA dan surat resmi penerima beasiswa TEH AC. Kira2 berapa lama dulu pak Ari menerima LoA dan scholar letter dr kampus setelah resmi diumumkan?? Terimakasih

    • Waalaikumsalam. Alhamdulillah Pak.. Kalau jaman saya dulu sekitar 3-4 hari dikirim via email. Barusan saya nanya teman saya angkatan terbaru TEH-AC, beliau dapat LoA 1 hari setelah pengumuman di web via email, tetapi nyangkut di folder SPAM.

  6. Assalamualaikum…

    Terima kasih sekali blog nya sangat membantu.
    Perkenalkan nama saya rama. Saya tertarik sekali untuk bisa melanjutkan studi di thailand. Untuk beasiswa TEH-AC apakah hanya bisa apply ke price of songkla University saja? Atau bisa juga ke univ yg lainnya? Terus saya hanya ada TOEFL ITP saja, apakah bisa digunakan juga untuk apply beasiswa tsb?

    Terima kasih banyak

    • waalaikumsalam..

      1. Untuk TEH-AC yang saya share, itu untuk beasiswa di PSU saja (kampus HatYai, Pattani, Trang, Phuket, Surat Thani). Untuk beasiswa di Univ lain, mereka punya beasiswa tersendiri.
      2. Sertifikat bahasa inggris yang diakui ada beberapa: ETS TOEFL ITP, TOEFL iBT atau IELTS. syarat minimalnya berapa, silahkan cek di pengumuman terbaru dari web PSU.

      Sama2, semoga informasi tadi berguna.
      Happy Hunting!
      🙂

  7. Assalamualaikum
    kalau yang saya submit itu pakai toefl assessment gimana ya bang??

    • Waalaikumsalam.
      Maaf, TOEFL assessment maksudnya seperti apa ya Pak/Mas? Assessment = prediction?
      Yang generasi 57 (2014), menggunakan TOEFL prediction dari universitas masih bisa lolos seleksi.
      Tetapi sejak generasi 58, sejauh saya tahu, mereka menggunakan TOEFL ITP atau IELTS untuk masuk. Oh iya, di syarat tertulis TOEFL iBT juga berlaku. Jadi, sangat saya sarankan paling tidak Mas/Pak mendapatkan minimal TOEFL ITP skor 520, yang juga lebih murah daripada iBT atau IELTS.
      Semoga membantu.

  8. Assalamualkum.. Maaf pak. Klau kita sudah dpat LOA dari PSU adakah beasiswa lain selain TEH-AC.?. Saya sdah dpat low nmun beasiawanya ngk da..

    • Waalaikumsalam. Daftar beasiswa yang ada di PSU silahkan cek disini: http://www.grad.psu.ac.th/FundScholarship.php
      Selain itu, ada beasiswa fakultas ==> silahkan hubungi fakultas yang dituju, karena tidak semua fakultas menyediakan beasiswa.

      Oh iya, kalau sewaktu mendaftar online di PSU dan memilih opsi beasiswa TEH-AC, ketika kita mendapat LoA dari graduate school artinya kita diterima kuliah di PSU dan mendapat beasiswa TEH-AC.

  9. Teimakasih sarannya pak, namun kondisi sya berbeda,
    Pas saya daftar beaaiswanya saya tidak Lulus, tapi saya dapat LoA tanpa beasiswa.
    Saya ingin kuliah disana, beaaya sendiri mungkin mahal..
    Oya until mengurus visa itu di kedutaan tahiland do jjkarta atau bgaimn pak, ?sekalian Tanya krna tanggapannya cepat… Hhehwhw

    • untuk info VISA, sudah pernah saya pos di reply komentar.. juga ada di bagian postingan saya .. silahkan dicari dulu ya.. Oh iya, bisa juga dengan cara googling. 🙂

  10. salam

    kak bagaimana dengan jurusan
    islamic studies
    peace and conflict studies
    english as an internationallanguage

    apakah ketiga jurusan itu termasuk daftar beasiswa yang dicover oleh TEH AC?

    mohon penjelasannya..makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *