90 Days Report alias Wajib Lapor Setiap 90 hari

Suasana di room 210 pada jam 9:30.. masih sepi sehingga segala urusan lebih cepat selesai 🙂

Salah satu kewajiban mahasiswa Indonesia yang belajar di Thailand adalah wajib lapor diri setiap 90 hari. Wajib lapor diri ini bisa dilakukan 15 hari sebelum tanggal deadline hingga 7 hari setelah tanggal deadline. Kalau lebih dari 7 hari maka siap2 saja didenda 2000 Baht alias sekitar 750 ribu rupiah ya.

Untuk anda yang akan mengurus wajib lapor ini (ataupun segala hal terkait imigrasi di PSU), dipersilakan menuju ruang 210 di President Building setiap hari rabu minggu terakhir (sebulan sekali) mulai jam 9:30 hingga 12:00 WIB.. Menurut saya ini adalah kemudahan fasilitas yang diberikan oleh PSU untuk mahasiswa asing seperti kita-kita ini. hihihihi.

Terus, apa saja donk yang musti disiapkan?

  1. Form TM.47 yang bisa diunduh di link ini untuk versi doc atau link ini untuk versi pdf
  2. Paspor asli yang masih berlaku minimal hingga 6 bulan kedepan
  3. Fotokopi paspor: 1.Halaman depan yg ada foto kita, 2.halaman Visa terakhir kita dan 3.departure/arrival card kita. oia, setelah difotokopi silahkan ditandatangani setiap lembar ya sebagai bukti sahnya lembar fotokopi tadi.
  4. Form wajib lapor 90 hari sebelumnya (yang biasanya distreples di halaman belakang paspor kita).
  5. Form “Foreign National Information Form”.. Apabila anda belum punya, silahkan anda dapetkan di kantor imigrasi atau sewaktu anda di presiden building.. dan jangan lupa bawa foto berwarna 3×4 cm satu lembar. Nantinya form ini anda fotokopi 1 x dan akan digunakan untuk segala macam urusan administrasi terkait imigrasi. –> Form ini menurut pendapat pribadi saya agak kurang praktis sih, tetapi silahkan diikuti saja ya.

Oke .. saya sudah mendownload form TM.47… terus diisinya bagaimana? silahkan merujuk pada gambar yang saya upload pada link ini

Udah gitu doang… untuk yang lain akan saya update lagi .. Mohon maaf dan saran apabila ada hal yang perlu diedit ya… Selamat sore….

~~
Versi englishnya untuk umumnya:

Shortly, if you are foreigner and study at Thailand, I strongly recommend you to read carefully this article about all vital documents . All form you need for Immigration Documents can be downloaded in this link.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *