Asuransi Kesehatan dan Reimburse Uang Perawatan Diri via Asuransi Health Care untuk Mahasiswa PSU

credit image: clipartkid.com

credit image: clipartkid.com

Bagi saya, sungguh beruntung bisa bersekolah lagi di PSU. Lingkungan yang ramah, aman, relatif bebas polusi dan tertib, adalah sekian dari banyak hal baik lainnya yang bisa saya rasakan selama hampir 2 tahun di sini. PSU juga punya banyak banget fasilitas dari aneka macam olahraga dan hobi, perpustakaan, asrama dan yang jelas, koneksi internet yang dewa banget. hahahhaa. Oia, salah satu fasilitas lain yang disediakan oleh PSU adalah jaminan (asuransi) kesehatan.

Memang, pada awal saya mendaftar beasiswa di PSU ini, saya ditawari oleh Graduate School untuk ikut program asuransi. Saya lupa apa nama penyedia asuransi itu, tapi yang jelas kita musti membayar mulai 2.400 Baht per tahun. Waktu itu saya dengan hati 80% yakin, insyaAllah gak akan sakit, sehingga memutuskan tidak ikut asuransi. Syukur alhamdulillah, sampe dengan hari ini di HatYai, saya hanya 1x saja ke dokter dan itupun karena si serangga tomcat yang sudah saya tulis disini.

Nah kebetulan, bulan yang lalu, ada dua teman pelajar Indonesia yang terkena kecelakaan di area asrama. Waduh..? Waktu itu, kebetulan saya yang meminta tolong security untuk dipanggilkan ambulance, meski dengan agak miskomunikasi dan akhirnya musti meminta tolong teman Thai tuk menterjemahkan (yup, bahasa adalah kendala utama sih kalo disini)… akhirnya petugas keamanan tersebut menelepon ambulance. Dan tak sampai 10 menit kemudian, mobil ambulance beserta 2 org petugas security dan petugas medis membantu dua teman saya tadi masuk ke ambulance. Lagi2 saya takjub. selama proses penjemputan pasien ini, ternyata jalanan dari asrama ke rumah sakit Songklanagarind ada petugas security yang membukakan jalan. Salut.

Sampai di sana, dengan diantar beramai2 oleh temen Indonesia, kedua teman tersebut masuk ke UGD dan dirawat. Kemudian sampailah saat teman2 membayar biaya perawatan.. total biaya sekitar 3.000 Baht. Nah selepas itu, salah satu teman yang dirawat tersebut meminta tolong tuk diuruskan asuransinya di Graduate School, meskipun beliau tidak ikut program asuransi seperti yg saya ceritakan di atas (yg bayar min. 2.400 Baht itu lho). Dengan hati separo yakin, keesokan harinya saya ke Graduate School dan ternyata memang benar Graduate School tidak bisa mengganti (reimburse) uang tadi. Untungnya… sebelum saya pamit, ada staf yg ingat bahwa setiap mahasiswa PSU yang sudah registrasi berhak mendapatkan asuransi dasar kecelakaan max 10.000 Baht per tahun. Alhamdulillah.. kabar baik bagi kita semua.. Info detil tentang asuransi ini ada di link ini.

terus, dokumen/syarat apa aja sih yang musti disiapin buat reimburse biaya pengobatan tadi? berikut daftarnya:

  1. Usia pasien maksimum 40 tahun
  2. Sudah membayar tuition fee semester pada saat terjadinya kecelakaan
  3. Kuitansi asli dari rumah sakit
  4. Surat keterangan tentang sakit dari rumah sakit
  5. Data diri: Nama, Student ID, No Paspor, No Telepon, No rekening bank pasien (SCB) yang diisikan pada form Siam City Insurance Public Company Limited (SCIL Form).

SCIL form bisa didapatkan di Student Dormitory Office di dekat pos satpam/security kantin RongChang

Nah, setelah semua syarat dan dokumen dipenuhi, silahkan disubmit ke Student Dormitory Office dan anda akan diberitahu berapakan jumlah Baht yang akan direimburse. Pengalaman bulan lalu, uang reimburse telah ditransfer ke no rekening pasien dalam jangka waktu satu minggu. Oh iya, yang bisa diklaim itu bukan hanya saat tanggal kecelakaan tapi juga hingga pasien follow up / kontrol  ke dokter, asal max 10 rb/tahun. keren!

namun bagaimanapun juga, semoga kita senantiasa diberikan nikmat kesehatan sehingga gak perlu urusan reimburse begini. Aamiin. 🙂

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

5 Comments

  1. Wah, terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat ini. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allat SWT, Aamiin

    • baru bisa bilang: kalo untuk pelayanan buat mahasiswa, di sini (PSU Hat Yai) lebih mendingan daripada yg aku tahu di Indonesia sih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *