Biaya Hidup ala Mahasiswa di Prince of Songkla University Hat Yai

Informasi tentang beasiswa TEH-AC sudah banyak saya bahas di blog arigetas.com ini, silahkan search saja ya… Salah satu fasilitas yang didapatkan dari beasiswa TEH-AC adalah uang akomodasi 10.000 Baht. Ada beberapa yang bertanya, bisakah bertahan hidup layak dengan uang segitu? Jangan-jangan kurang.. atau malah bisa hidup mewah? hahaha.. Oke. saya akan menceritakan pengalaman saya dan beberapa kawan saya ya…

Pengeluaran setiap orang pasti berbeda-beda. Nah, karena itu saya hanya akan memberikan pedoman kasar saja, tentang biaya hidup yang musti dikeluarkan setiap bulannya. Disini saya akan membuat tiga skenario bertahan hidup di PSU dengan uang 10.000 Baht. Oh iya, pengeluaran yang saya tulis disini belum termasuk biaya listrik+air sekitar 400-500 Baht per bulan ya.

1. Pola Hidup Agak Mewah

Apartment bagus itu misalnya PS House (3.100 – 3.300 Baht) atau Rimmor (4.500 Baht) per bulan. Makan sehari saya set 240 Baht alias 80 Baht sekali makan. Dengan 80 Baht kita bisa membeli makan di luar kampus misalnya Tom Yum+nasi 50-60 Baht dan Coco Yen ~ es cokelat 25 baht segelas. Kalau anda suka nongkrong di Cafe seminggu 1-2 x lah, ya bisa menggunakan pola ini.

Oh iya, mungkin ada yang bertanya, mustinya ini masuk pola hidup mewah dan bukan agak mewah. Ya karena ini adalah relatif dan menurut saya, ada saja teman yang memakai pola hidup lebih mewah daripada ini. Anyway, ini khan hanya perkiraan kasar saja yak.

2. Pola Hidup Standar

Pola hidup ini merupakan yang paling banyak dianut oleh penerima beasiswa TEH-AC. Dormitory 10/11 itu sudah nyaman untuk tinggal. Akses internet cepat, air minum free, ada banyak warung makan di bawah dan ada minimarket 24 jam Seven Eleven, Cafe, reading room, praying room, fitness room dll.

Untuk makan minum 3.600 Baht sebulan alias 120 Baht per hari dengan cara makan tiga kali sehari di kantin kampus  bisa buat beli makanan enak dengan 2 lauk dan satu jajanan atau minuman seperti jus atau sekali-kali ngopi di Cafe. Kantin kampus itu Rongchang, rumah sakit dan beberapa fakultas. Secara umum, untuk pola hidup menengah, menurut saya sudah nyaman sih. Oh iya, di dorm 10/11 ini di dalam kampus dan akses kemana-mana sangat dekat dan bisa ketemu dengan banyak teman sesama negara atau sesama mahasiswa PSU.

3. Pola Hidup Hemat

Mahasiswa yang menggunakan pola hidup hemat ini biasanya ada dua jenis. Kalau bukan untuk sangat menghemat pengeluaran (ditabung), biasanya adalah mahasiswa yang sudah tidak mendapat beasiswa alias yang musti extend semester. Apartment sederhana itu adanya di luar kampus dengan fasilitas yang sederhana dan ada hal yang musti ditanggung misalnya naik tangganya tinggi, panas atau kualitas apartment-nya kurang memadai. Tapi bagi anda yang 2/3 hidupnya ada di kampus dan hanya perlu pulang ke apartment buat tidur saja, pilihan seperti ini sih layak tuk dipertimbangkan.

Untuk makanan, bisa dengan memasak sendiri dan sehari buat makan 3x hanya perlu keluar 50 Baht saja dan 20 baht untuk pengeluaran ekstra ==> sehari 70 Baht ==> sebulan 2.100 Baht. Sudah makan sehat dan layak, tetapi perlu waktu sedikit untuk repot. Untuk air minum? Bisa membeli 10 Baht dapat air minum 10 liter. Ada juga mahasiswa (Thai dan Indo) yang mengisi botol minumnya di kampus untuk dikonsumsi di apartment. Hemattttttt… Uang bisa dialokasikan untuk hal-hal lain.

———-

Nah begitulah sedikit penjelasan mengenai hidup ala mahasiswa di Hat Yai.. Silahkan kalau ada yang ingin bertanya atau berkomentar 🙂

Selamat berhari kamis manis

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

10 Comments

  1. Ada lho mas apartemen yg lebih mewah drpd rimmor, NECA ngiri kalo ngga disebutin as apartemen mewah 😀

    • Betul, setuju. Oleh karena itu di artikel aku menuliskannya sebagai “pola agak mewah”, karena sebenarnya banyak apartment yang lebih mewah seperti NECA, The Rise Residence dll. 😀

  2. Mas saya mau tanya. Sblm nya thanks for your information, Dorm 10/11 tu ada maksudnya gmn ya mas?

    • Dorm 10/11 ==> dormitory yg disediakan buat international student.
      Dormitory 10 buat mahasiswi (cewek). Dormitory 11 buat mahasiswa (cowok). Kedua dormitory tersebut ada di dalam kampus PSU HatYai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *