Tips Trik Saat Teman atau Saudara Meminjam Uang

“Bro, Gue pinjam uang donk buat modal …. Gue balikin 3 bulan deh..”

Kalimat diatas terdengar familiar kah? Seringkali persahabatan bahkan persaudaraan bisa terasa hambar, retak, pecah hingga bubar gegara suatu hal yang namanya uang. Saya sih tidak perlu menceritakan contohnya, tetapi di sekitar anda ada banyak khan contoh aslinya?

Nah daripada merusak hubungan antara individu manusia hingga memutuskan tali silaturahmi, bagaimana sih yang bisa kita lakukan ketika ada teman atau saudara yang meminjam uang ke kita? Misalnya nih, ada yang ingin meminjam ke kita 5 juta rupiah dan kita punya sejumlah itu dan longgar. Nah kita bisa melakukan hal-hal ini:

1. Kasih pinjam 5 juta (100%)
Silahkan meminjamkan 100% seperti yang diminta (5 juta rupiah). Tentu saja resiko dikemplang alias tidak dibayar sudah pasti ada. Ada beberapa hal yang membuat orang mau meminjamkan 100% yaitu karena merasa dekat (sohib/saudara), karena perasaan tidak tega atau justru perasaan tidak enak (sungkan) misalnya dibilang pelit lah.. hitungan banget lah.. sombong lah dan lain sebagainya. Untuk menjaga hal tersebut, kita bisa membuat catatan sederhana seperti dibawah ini yang terdokumentasi, misalnya email dan juga dengan lampiran bukti transfer.

Sedikit ribet, tapi clear buat semuanya

2. Kasih pinjam sejumlah uang dibawah nilai yang diminta
Aku punya teman (sebut saja Bujang) yang dari sisi ekonominya termasuk lebih dari cukup, kalau kita tidak boleh menyebutnya super kaya. Nah, karena ekonomi yang kebetulan berlebih tadi sudah pasti menjadi daya tarik tersendiri bagi teman-temannya yang kebetulan mepet secara ekonomi. Cukup banyak diantara mereka yang mengajukan peminjaman uang ke si Bujang. Bagaimanakah cara Bujang mensiasatinya?

Caranya sederhana. Berapapun nominal yang diajukan oleh teman-teman si Bujang.. Bujang hanya mau meminjamkan maksimal 1 Juta rupiah saja dan harus balik dalam waktu satu bulan. Tentu saja, si Bujang meminta si temen yang hendak meminjam uang tadi supaya mengirim chat atau email sebagai bukti dokumentasi pinjam meminjam. Cara Bujang ini berguna sebagai jalan tengah yang aman bagi teman yang was-was uangnya tidak bisa balik tanpa khawatir dibilang pelit atau gak peka.

3. Tidak usah dipinjami, tetapi dikasih saja sekedarnya
Biasanya ini berlaku apabila ada saudara atau teman dekat yang ekonominya dalam kondisi susah dan 99% kita perkirakan dia tidak bisa mengembalikan ke kita dalam waktu dekat. Sedangkan kita sendiri sedang tidak terlalu longgar keuangannya. Caranya seperti dialog ini:

Saudara/Teman dekat: “Bro, aku pinjam 5 juta donk buat modal.. aku balikin deh secepatnya dan nyicil semampuku”.

 

Kita Jawab: “Wah sori bro, aku lagi mepet nih. Btw ini ada uang 500rb aku kasih ke kamu Bro.. udah dipake aja gak usah dibalikin. Maaf ya bisanya segitu”.

Nah begitulah 3 tips dan trik saat ada saudara atau teman yang hendak meminjang uang ke kita. Kamu ada pengalaman lain kah? Atau ada tips yang lain? Silahkan kasih komentar yak 🙂

Selamat bermasyarakat dengan cerdas ^^,

Hat Yai
27 Juli 2017

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

2 Comments

  1. Punya pengalaman dipinjam uang tahun 2009 sebesar 500 ribu, sampai sekarang blm dibalikin. Waktu ditagih macam2 alasannya. Mungkin sudah saatnya diniatkan saja buat sedekah ya, hahaha.

    • Mirip Om.. aku juga ada beberapa kali punya piutang, tetapi gak bisa ditagih2.. ya udahlah. move on…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *