Prosedur Penggantian SIM CARD DTac Thailand

Setelah hampir 3 tahun kumiliki, karena suatu hal, aku kehilangan sim card DTac-ku. Ada dua solusi yaitu membeli kartu baru atau mengurus untuk menghidupkan kartu yang lama.

Membeli kartu baru itu mudah, tetapi aku harus mengurus registrasi ulang untuk kegiatan perbankan (termasuk payment gateway beli tiket). Aku juga musti berkabar ke orang semua serta banyak hal penting lainnya.

Pilihan kedua ada dua prosedur: lapor kehilangan di kepolisian setempat kemudian ke gerai dtac untuk mendapatkan simcard baru. Berikut cerita detil yang aku lakukan.

Berkas ini yang aku bawa ke Gerai DTac

Berkas yang perlu disiapkan adalah:

  1. Paspor yang kita gunakan untuk meregister saat pembelian awal nomer DTac kita yang hilang.
  2. Wadah kartu (sim card) yg hilang ==> ini tidak esensial sih, tapi aku bawa dan diperiksa di kantor kepolisian untuk dicatat nomernya.
  3. Uang 20 Baht untuk fee pembuatan laporan kehilangan di kantor polisi terdekat.

Langkah yang perlu dilakukan:

  1. Aku ke kantor polisi terdekat (lokal) untuk melapor. Aku pergi ke Khorhong police station, yang terletak di sebelah utara Hat Yai Municipality Park. Di sana ambil nomor antrian kemudian lapor. Petugas polisinya ramah-ramah. Apalagi begitu mereka tahu aku dari Indonesia, beliau-beliau welcome banget.
  2. Di depan petugasnya, kita sampaikan bahwa nomer DTac kita hilang dan perlu surat keterangan kehilangan.
  3. Petugas akan membuat berkas laporan, kita tanda tangan, bayar 20 Baht dan selesai.
  4. Berbekal surat tadi + paspor, saya pergi ke gerai DTac untuk mendapatkan penggantian sim card baru. Kali ini saya pergi ke Tesco Lotus yang terletak di depan kampus PSU Hat Yai.
  5. Petugas DTac akan mencocokkan paspor kita dengan nomer DTac yang sudah teregister sebelumnya berikut dengan surat lapor kehilangan tadi.
  6. Petugas DTac akan membuat salinan (fotokopi) paspor kita+surat kehilangn tadi. Kita tanda tangan dan langsung mendapatkan sim card pengganti.
  7. SELESAI dan GRATIS hanya dalam waktu + 7 menit di gerai DTac.

Pengalaman di atas adalah untuk kartu DTac. Tetapi, secara umum saya yakin berlaku hal yang sama untuk provider lain (AIS, TrueMove, 3BB dsb).

Happy day 🙂

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

2 Comments

  1. Btw, polisi Thai kalau liat orang Indonesia kok ramah2 ya, memang negara kita spesial ya di mata mereka? Dlu waktu ke Thailand juga gitu 😀

    • Betul.. Ramah, salah satunya karena dari historisnya Indonesia dekat dengan Thailand. Bahkan, teman2 Thai sekeliling saya lebih dekat ke teman Indonesia dibanding negara asean yg lain. Katanya, orang Indonesia lebih murah senyum dan ramah2 juga… dan gak sombong….. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *