Membuat Visa ED (Non Immigrant) di Royal Thai Consulate-General Penang Malaysia

Salah satu syarat belajar di PSU adalah mempunyai VISA ED (Non Immigrant). Kita bisa membuatnya di Indonesia melalui Royal Thai Embassy Jakarta atau Royal Thai Consulate di Surabaya. Syarat pembuatan VISA ED ada di link ini.

Kebetulan, karena sesuatu hal.. Posisi kita sudah di Thailand dan perlu membuat VISA ED baru. Apakah kita perlu pulang ke Indonesia tuk mengurus VISA tersebut? Jawabannya: tidak perlu.

Berikut aku copas pengalaman mas Ahmad Said yang mengurus VISA ED di Royal Thai Consulate-General Penang Malaysia yang hanya perlu ditempuh sekitar 4 jam dari Hat Yai naik Van (+ 450 Baht).

———————

Inilah perjalanan yang tak disangka, walau ada harapan terpendam. Aku bepergian ke Penang, Malaysia dengan jalur darat. Cukup dekat, 4 jam saja ditempuh dengan kendaraan yang bernama “Van”. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan di sini.

Pertama, buat para pembaca yang ingin membuat VISA (turis 1 atau 2 bulan dan pelajar/ Tourist VISA dan VISA Non-ED), Penang merupakan daerah pengurusan visa yang termudah dan tercepat yang saya akui selama ini. Pantas saja bahwa tidak sedikit para turis yang ingin memasuki kerajaan Thailand yang membuat visanya di Penang.

Kenapa? Karena persyaratannya tidak ribet seperti di negara kita, Indonesia, yang untuk membuat VISA Non-ED (VISA pelajar) perlu SKCK POLRI dan lainnya.

Di Royal Thai Consulate (Konsulat Kerajaan Thailand) yang ada di Penang ini, hanya perlu persyaratan berikut:

1. Foto terbaru ukuran 3,5 x 4,5 cm (2 lembar background putih).
2. Surat rekomendasi dari instansi yang menanggung biaya studi kit
3. LoA (letter of Acceptance)
4. Isi formulir pembuatan visa (klik disini) atau ambil di tempat pembuatan visa tersebut
5. Biaya pembuatan visa 300 MYR

Kedua, perjalanan dari Hat Yai ke Penang, bisa ditempuh dengan bus atau Van. Hanya saja, Van lebih aman dan nyaman ketimbang bus. Untuk naik bus, Anda bisa pergi terminal Hat Yai (bus station) yang ada di belakang ASEAN Night Plaza atau juga bisa pergi konter-konter bus yang ada di sekitar Lee Garden Plaza, misalnya di Alisan, Konsortium, dll.

Sementara Van, kita harus lewat agen seperti Alisan yang ada di daerah Lee Garden Plaza. Harga Van dari Hat Yai ke Penang berkisar 450 THB. Untuk tiket pulang, Anda bisa mendapatkannya di Komtar Plaza (tempat perbelanjaan seperti Lee Garden Plaza) yang cukup jauh jaraknya dari Konsulat Thailand, harganya bisa 50 MYR.

Kalau Anda beli tiket di agen depan Konsulat Thailand, hanya 40 MYR dan bisa langsung naik dari situ. Pemberangkatan dari Penang ada 3 waktu: 09.00, 12.00 dan 15.00 waktu setempat.

Ketiga, akomodasi bisa Anda cari sesuai dengan budget. Ada akomodasi yang berjenis dormitory/hostel, apartement hingga hotel dengan harga variatif. Anda bisa cari di aplikasi online. Yang jelas, hostel/dormitory memiliki biaya sewa yang paling murah. Fasilitasnya pun tentu Anda bisa memilih dan juga jarak ke Konsulat Thailand menjadi pertimbangan Anda.

Kemarin, penulis menginap di Sunny Side Hostel di Chulia Street, persis depan Rumah Makan Mustafa Kassim. Harga 22 MYR dengan deposit 2 MYR/malam menjadi tempat yang cukup nyaman dan dekat dengan tempat makan seta objek wisata setempat.

Di sini kami pilih dormitory dengan 1 kamar berisi lebih dari 10 bed (ranjang), meskipun tersedia 1 kamar untuk 1 atau 2 orang. Kebetulan hanya tersisa dormitory room dan harganya ekonomis (sesuai dengan isi kantong, hehe). Alhamdulillah, WiFi nya cukup kencang dan bisa dijangkau sampai di Rumah Makan Mustafa Kassim hingga kami makan di situ pun masih bisa koneksi internet. Hostel ini juga dekat dengan Masjid Kapitan Keling, Museum George Town dan lainnya.

Hanya saja, untuk pergi ke Konsulat Thailand, kita mesti pergi dengan Grab seharga 8 MYR sekali jalan.

Keempat, kalau Anda membuat VISA di Penang, Anda akan melihat jasa fotokopi/print portable yang mana dia juga sebagai agen jasa transportasi Van ke Thailand. Jadi, kalau butuh fotokopi atau cetak, tinggal pergi ke seberang saja.

Oh ya, di sini karena antrean cukup panjang dan ada aturan hanya menerima 200 aplikan saja, maka Anda sebaiknya berangkat pagi-pagi, kira-kira jam 9 sudah sampai di Konsulat Thailand.

Kalau tidak, Anda akan ngantri lebih panjang lagi dan mungkin besok harus menginap lagi. Di sini memakai sistem 1 hari kerja jadi. Artinya, hari ini masukkan berkas lengkap pagi hari sebelum jam 11, lalu besok siang (jam 2-3 PM atau 3.30-4.30 PM) ambil hasil cap visanya.

Kalau Anda bisa ambil paspor dan visanya sebelum jam 4, Anda bisa langsung pulang ke Hat Yai atau Thailand hari itu juga dengan Van dari depan Konsulat Thailand.

Kelima, mungkin ini dulu yang bisa saya bagikan ke para pembaca. Semoga bermanfaat dan berhasil untuk urus VISA-nya. Oh ya, jangan lupa cek Hari Libur Nasional Thailand dan Malaysia (khususnya di Penang). Hal ini penting juga buat Anda karena Konsulat Thailand akan menyesuaikan dengan waktu libur tersebut. Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan ini hingga akhir.

Hat Yai, 11 Februari 2018.
@Rumah Kontrakan Mahasiswa Indonesia di Hat Yai
Ahmad Said
email: saidchemist20@gmail.com

———————
Nah, kalau anda semua ada pertanyaan.. silakan tulis di kolom komentar, saya akan coba menjawabnya. Atau anda bisa langsung kontak ke mas Said via email di atas ya.
😀

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *