Cara Membayar Admission Fee Beasiswa TEH-AC PSU via PayPal

Setelah ada cukup banyak pembaca blog arigetas.com yang kebingungan saat mendaftar beasiswa TEH-AC, khususnya tentang medical certificate. Kemudian ada satu hal lagi yang masih membuat banyak orang bertanya-tanya: Bagaimanakah cara membayar admission fee dalam proses mendaftar beasiswa TEH-AC?

Alhamdulillah, ada salah satu pendaftar beasiswa TEH-AC 2018 yang berkenan membagikan pengalamannya. Sebut saja nama beliau: Mbak Larasnia. Berikut kisah lengkapnya.

Oh iya, postingan ini akan panjang dan banyak panduan berupa gambar. Semua gambar disini milik mbak Larasnia, saya hanya bertugas memasangnya saja.

————————————————

Cerita awal hingga membayar admission fee

Prince of Songkla University merupakan salah satu kampus yang cukup bermurah hati dalam menerapkan mekanisme pendaftaran penerimaan mahasiswa baru. Selain masih menerima TOEFL ITP, prosedur aplikasi yang diberlakukan bagi mahasiswa Internasional terhitung sangat mudah dan praktis yaitu cukup dengan mengisi formulir secara online dan mengunggah berkas-berkas yang diperlukan. Selain itu, para petugas dari Graduate School cukup responsif dalam menjawab pertanyaan dan membantu menyelesaikan permasalahan saat melakukan pendaftaran.

Saya sendiri sempat beberapa kali menemui kesulitan (karena kecerobohan saya sendiri) dan mengirim email perorangan ke pegawai-pegawai administrasi Graduate School (yang emailnya saya peroleh setelah menelusuri daftar staf yang tertera di website resmi). Mereka selalu membalas email saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan jawaban yang cukup memuaskan. Dengan kata lain, pendaftaran seharusnya menjadi hal yang mudah jika seluruh berkas telah disiapkan dengan rapi.

Akan tetapi, dengan diberlakukannya admission fee (biaya pendaftaran) sebesar 600 baht (setara dengan sekitar 264.000 rupiah) untuk setiap aplikasi mulai tahun ini, proses pendaftaran menjadi lebih menantang terutama bagi yang tidak memiliki pengalaman bertransaksi internasional secara online seperti saya. Pembayaran dilakukan melalui jasa paypal dengan biaya tambahan 40 baht (setara dengan sekitar 18.000 rupiah) yang dibebankan kepada pendaftar. Admission fee ini sifatnya non refundable alias tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun. Saya sendiri harus membayar admission fee dua kali karena terdapat kesalahan pada pengisian formulir online yang mengharuskan saya mengulang pendaftaran. Jadi, sebaiknya setiap langkah pendaftaran dilakukan dengan sangat hati-hati agar uang anda tidak hangus begitu saja.

Saya akan berbagi secara singkat mengenai prosedur pembayaran admission fee di Prince of Songkla University. Pembayaran dapat dilakukan setelah anda mengkonfirmasi kebenaran isian formulir dan berkas yang telah diunggah. Setelah aplikasi berhasil dikumpulkan dan dikonfirmasi, anda akan di alihkan ke menu application status dan menerima email dari Graduate School. Anda dapat memilih membayar langsung saat itu juga maupun membayar di lain waktu. Kalau tidak salah, pendaftar diberi tenggat waktu selama 7 hari untuk membayar admission fee sebelum aplikasinya dianggap hangus. Pembayaran dapat dilakukan dengan meng-klik pilihan “Pay Now” pada application status. Jika ingin membayar di lain waktu, laman application status dapat dibuka melalui web resmi pendaftaran Prince of Songkla University atau meng-klik tautan yang dikirim Graduate School melalui email dengan memasukan tahun pendaftaran dan alamat email yang digunakan untuk mendaftar.

Mengklik pilihan “Pay Now” akan mengalihkan anda ke laman PayPal. Bagi yang sudah memiliki akun PayPal, anda dapat log in ke akun anda. Sedangkan bagi yang belum, terdapat kolom untuk mengisi data diri seperti saat sign up akun PayPal. Saya sendiri sudah membuat akun PayPal terlebih dahulu. Proses sign up nya cukup mudah dan gratis. Setelah itu, pengguna kartu kredit dapat dengan mudah menghubungkan antara akun PayPal dan kartu kredit dengan mengisi kolom nomor kartu kredit, tanggal kedaluwarsa dan nomor CVV lalu melakukan pembayaran dengan praktis.

Jika anda bukan pengguna kartu kredit dan kesulitan mengurus pembuatannya, jangan khawatir karena saya pun begitu. Kita dapat menyiasati ini dengan membuat VCN (Virtual Card Number) dari kartu debit (kartu ATM) bank lokal masing-masing. VCN memungkinkan kita bertransaksi secara online dengan nomor kartu sekali pakai sehingga rekening kita tetap aman dari tindak kejahatan. Dalam penggunaan VCN untuk membayar admission fee di Prince of Songkla University, pastikan di kartu debit anda terdapat logo VISA, Discovery, Mastercard atau penyedia kartu kredit lain yang tercantum di laman pembayaran dengan paypal berikut.

Jika kartu debit anda tidak mencantumkan salah satu dari logo-logo tersebut, anda dapat membuka rekening baru atau meng-upgrade kartu debit anda di Bank. Jangan lupa menjelaskan bahwa anda menginginkan kartu debit yang terhubung dengan salah satu penyedia kartu kredit tersebut. Saya sendiri sebelumnya hanya menggunakan kartu debit biasa tanpa fiture kartu kredit. Oleh karena itu, saya langsung membuka rekening baru dan mengurus kartu debit level silver di Bank BNI untuk bisa membayar admission fee. Saya langsung meminta Customer Service untuk mengaktifkan layanan SMS Banking saya. Kartu debit yang saya peroleh dari bank BNI memiliki logo Mastercard.

Untuk nasabah Bank BNI, langkah selanjutnya adalah mengirim SMS ke 3346 dengan mengetik REQ<spasi>VCN<spasi>Nominal uang yang akan dikirim untuk membayar admission fee, yang kebetulan dalam rupiah. Saya menyarankan untuk me-request dengan menggenapkan 300.000 rupiah untuk 640 baht sehingga perbedaan hasil konversi nilai mata uang antara sistem dengan nilai yang kita hitung sendiri dapat diantisipasi (catatan: nominal dan nilai tukar bisa berubah di tahun depan dan tahun-tahun berikutnya). Pesan akan di balas dengan permintaan digit tertentu dari password anda (tidak seluruh password). Setelah dibalas dengan angka yang tepat, anda akan memperoleh nomor kartu kredit, tanggal kedaluwarsa (expired) dan tiga digit nomor VCN.

Silakan menggunakan informasi tersebut untuk mengisi kolom pada laman pembayaran. Kolom CVV dapat anda isi dengan tiga digit nomor CVC. Setelah mengkonfirmasi pembayaran, anda akan memperoleh resi pembayaran di akun PayPal maupun melalui email. Status pembayaran anda juga akan berubah menjadi (kalau tidak salah) menunggu verifikasi sebelum kemudian menjadi ”paid”. Maaf, panjang ya kisahnya? Sabar.. Proses membayar admission Fee sudah hampir selesai.

Selain itu, pihak Graduate School juga akan mengkonfirmasi melalui email bahwa pembayaran anda telah diterima. Untuk layanan VCN dari Bank lain, dipersilakan bertanya pada Customer Service di kantor Bank anda karena saya tidak memiliki pengalaman langsung, khususnya untuk membayar admission fee untuk TEH-AC ini.

Sekian sedikit cerita dari saya tentang pengalaman membayar admission fee sebagai salah satu prosedur pendaftaran beasiswa TEH-AC. Semoga bermanfaat. Mohon segera koreksi jika terdapat kesalahan pada informasi yang saya sampaikan. Oh ya Mohon doakan juga agar saya dapat diterima sebagai salah satu penerima beasiswa TEH-AC. Saya meminta maaf atas segala khilaf.

Terimakasih dan semoga sukses.

Rabu, 07 Maret 2018

Larasnia

—————————————————————————

Tulisan dibuat oleh beliau mbak Larasnia, diposting dengan sedikit editan di sana sini oleh arigetas.com. Kalau ada pertanyaan, dipersilakan menulis di kolom komentar di bawah ini, dan akan saya teruskan ke mbak Larasnia.

Hmm, by the way, anda tertarik mau daftar beasiswa TEH-AC berikutnya? Sebelum anda bertanya ke saya atau narasumber lain, anda sangat disarankan untuk membaca tentang tanya jawab Beasiswa TEH-AC PSU terlebih dahulu.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *