Mengupas Pertanyaan “SARA” bagi Mahasiswa: Kamu Kapan Lulus?

credit image (IG): tahilalats

A: “Sampai mana thesis-mu?”.

B: “Masih dikerjakan”.

A: “Kapan kamu akan selesai? Si Bejo yang seangkatan ama kamu lho udah sidang”.

B: “—-” (belum sempat menjawab)

A: “Kamu sih, selo banget.. main mlulu… hangout mlulu”. Kamu kapan lulusnya..??
bla bla bla bla
#ceramahdimulai

B: #ngasahpisau

———————————

Percakapan diatas bisa saja dianggap fiktif atau nyata, tergantung dari persepsi masing-masing pembaca. Tapi yang jelas, aku dan hampir semua temanku mengakui pernah mendapat pertanyaan yang (bagi sebagian mahasiswa) termasuk “pertanyaan maut”. Hahaha sadly but true.

Terus bagaimana kita harus bersikap, ketika mendapat pertanyaan itu? Continue Reading

Aku Itu Apa? (Bagian 2)

credit image: http://changingminds.org

Denial – Bargaining – Acceptance

Tiga tahap diatas merupakan bagian dari Kübler-Ross model, yaitu tentang 5 tahap kesedihan yang dihadapi manusia. IMHO, dalam perjalanan hidup saya yang sudah lumayan berumur ini, ada banyak hal yang membuat naik turun mood atau kondisi jiwa karena adanya masalah dan solusi.

Jadi, sebenarnya apa sih masalah itu? Continue Reading

Aku Itu Apa? (Bagian 1)

credit: google.com

Kalimat tanya pada judul postingan ini sering menghiasi kepalaku beberapa bulan terakhir.

Bagi pecinta sastra, bisa jadi akan menjawab: “Aku itu adalah buku karangan Sjuman Djaya, yang mengisahkan tentang salah satu penyair hebat Indonesia, Chairil Anwar.

Tapi bagiku, pertanyaan “aku itu apa?” Lebih ke arah kegalauan jati diri. Lhoh kok baru nanya itu sekarang? Maksudnya gimana? Kemarin2 kemana aja mas? 😀 Continue Reading