Tanya Jawab – Beasiswa TEH-AC PSU

Dari sekian email yang dikirimkan ke: arigetas@gmail.com tentang pertanyaan lanjutan dari postingan saya di blog, berikut saya mencoba mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang esensial di halaman Tanya Jawab ini. Isi dari Tanya Jawab ini tidak urut dan runut, tapi saya copas berdasarkan pertanyaan apa yang muncul di email saya berikut jawaban dari saya. Tentu saja, Tanya Jawab ini saya update ketika saya ada kelonggaran waktu ya. Selamat membaca, semoga bisa membantu anda.

1. Saya membaca blog anda, saya ingin mengajukan beasiswa TEH-AC, tp masih bingung ttg cara mendapatkan academic advisor dari PSU. Mohon jawabannya karena itu akan cukup membantu saya –  Diana.

Untuk academic advisor, saran saya:
1. Browse program/jurusan yang mbak akan apply
2. Ketemu? cari nama dan email staff dosen pengajar yang disitu misal ada Dr A, B C
3. Cari jurnal hasil tulisan Dr A B C tadi.. cari yang kompetensinya paling mendekati syukur2 sama dengan yg mbak inginkan.
4. Voila ketemu misal si Dr B.
5. Kirim email ke Dr B tadi.. bilang kalo tertarik dan ingin apply beasiswa TEH AC. Istilahnya mbak ngelamar si dosen td buat jd dosen pembimbingnya. Tunggu 1 mingguan, gak ada respon? cek folder spam. trs kirim email lagi. gk ada respon? baru pindah ke dosen A misalnya.. kirim email lagi. begitu seterusnya.
6. Done.

———————————————————————————————————————————-

2. Halo mas, perkenalkan saya Danu dr Depok. Saya mau nanya mas seputar beasiswa di PSU, lewat jalur TEH-AC. Saya mau nanya peluang orang Indonesia dalam mendapatkan beasiswa gmana mas. Kebetulan saya mendaftar master hospitality and tourism management. Namun saya memiliki score IELTS pas 5.0. ehehhe. Saya masih kurang pede. Mohon infonya ya mas. Trima kasih mas. Wassalam – Danu.

Waalaikumsalam,
syarat minimal memang IELTS 5.0, selama masih berlaku… ya insyaAllah bisa lolos mas. Yang penting, syarat lain juga dipenuhi. Terutama kontak dengan calon dosen pembimbing. Peluang org indonesia? Sama aja dg yg lain mas. Tapi pelamar dari negara ASEAN itu lebih diprioritaskan, PeDe aja mas.
Semoga membantu. 🙂

———————————————————————————————————————————-

3. Selamat malam mas, saya sovi. Saya mau minta diberikan contoh jika ada, untuk research plan yang disyaratkan kampus tersebut. Ini perdana buat saya, dan saya kebingungan. Mohon masukannya. Terimakasih banyak.. – Sopiani Sopandi.

Research plan tidak ada bentuk bakunya. intinya sih, mencakup: Introduction, research question, material and methods, references. Max total 800 kata.

contohnya? googling aja.. ada banyak kok. no need to be worried. Research plan TIDAK selalu digunakan untuk riset thesis atau disertasi. semua bisa berubah seiring mahasiswa belajar disini.

happy hunting 🙂

———————————————————————————————————————————-

4. hello there, Nama saya Evan Afri. saya aktif sebagai dosen bahasa inggris di salah satu kampus di Medan. saya ingin info beasiswa di TECH-AC 2017-2018. thanks anyway – Evan Afri.

Selamat malam Pak..
untuk saat ini, baru saja tgl 31 Oktober 2016 kemarin penutupan pendaftaran beasiswa TEH-AC. Biasanya sih nanti bulan Februari akan diumumkan untuk periode beasiswa berikutnya. Untuk itu, saya sarankan Bapak rajin2 cek ke halaman ini untuk mengecek pengumuman scholarshipnya:

http://www.grad.psu.ac.th/education_hub.php

Selamat hunting Pak 🙂

———————————————————————————————————————————-

5. selamat pagi mas, sebelumnya maaf menganggu mas. saya Arga mas. saya dpt email mas dari artiker yg mas tulis terkait beasiswa di PSU mas. tulisan mas sangat membantu. rencana mau nanya nih mas. hehe. alhamdillah saya sdh dftr beasiswanya jg mas, tinggal nunggu pengumuman aja. tp saya ada kesalahan dalam pemilihan prosvective advisor nya. seharusnya saya piliha prof. A tp saya malah pilih prof.B.

itu saya harus gmn yah mas? apa saya email bagian fakultasnya? 
Terima kasih bnyak mas sebelumnya. – Arga

tenang mas, masalah keliru memilih prospective adviser misal dari Prof B dan dokumen sudah disubmit serta sudah lewat masa pendaftarannya…, bisa diganti setelah sampai disini. Terutama apabila risetnya mas itu lebih pas dibimbing sama Prof A.
no need to be worried that much.
Smoga beruntung..

———————————————————————————————————————————-

6. Saya telah membaca informasi mengenai Beasiswa TEH-AC PSU dan ada hal yang ini saya tanyakan ke mas Ari. Saat ini saya tengah mendaftar di Program beasiswa tersebut,  mengambil jurusan Master Chemical Engineering. Sebelumnya karena saya mendaftar di hari terakhir pendaftaran beasiswa,  sehingga saya belum menghubungi prospective Academic Advisor.
Apakah saya tetap harus berkomunikasi terlebih dahulu dengan dosen yang memiliki minat yg sebidang dengan yang ingin kita tuju? – Febrian Rizkianto

Sebaiknya sih, memang kita sudah mendapatkan dosen pembimbing dulu, karena akan menghemat waktu. Kenapa? karena masa studi master hanya ditanggung beasiswa selama 4 semester saja. Nah, apabila di semester 1 kurang efektif misal karena belum nemu dosen pembimbing dll dll, akan sedikit deg2an nantinya.

Dan lagi, apabila sudah dapat dosen pembimbing.. maka kemungkinan mas akan diterima akan lebih besar.

Andai misalkan mas diterima tanpa dapet dosen pembimbing… asalkan mas langsung gerak cepat kontak dosen disini tuk cari siapa gitu yg kira2 pas , insyaAllah akan lancar mas.

Semoga beruntung.

———————————————————————————————————————————-

7. Assalamualaikum…maaf sebelumny ganggu, saya soleh asal cirebon jawabarat,  mas alhamdulillah saya dapt undangan wawancara via skype beasiswa TEHAC PSU thailand… saya ingin menanyakan dalam hal menghadapi interview apa yg perlu dipersiapkan… dan biasa muncul pertanyaan apa saja  ? Terimakasih – Soleh.

Waalaikumsalam,
Yang musti disiapkan saat menjelang interview ya percaya diri dan kejujuran aja kok mas. Merujuk pengalaman Mb Agnes, salah satu penerima beasiswa TEH-AC yang diinterview beberapa waktu lalu, yang ditanyakan tidak banyak, berkisar:
– Backgroundnya S1 apa? Trus kenapa tertarik mendaftar di jurusan yang di PSU itu?
– Kalau lolos keterima di PSU.. Rencananya studinya mau seperti apa?
– Kalo misal tidak keterima beasiswa, mau ga bayar sendiri?
– dll yang intinya hanya ingin mengetahui dan mengenal, apakah anda menguasai cara menjawab dengan ringkas dan jelas.
Semoga membantu.. 🙂

———————————————————————————————————————————-

8. If someone applied against Tech-AC and his/her application is accepted, then what will be the procedure for the grant of the scholarship? i.e. Whether it’ll be taken at the home country or inside Thailand?? – Ali

if you choose the “request for grant the TEH-AC” option when you apply, your document will be included into the TEH-AC selection and it will be announced through PSU Website. If you are granted, the original document of TEH-AC grant with your name, will be sent to your home address as the requirement to apply Non-ED VISA, before entering Thailand for study.

———————————————————————————————————————————-