E-Banking dan Mobile Banking SCB yang sederhana dan praktis

Selama ini, saya telah menggunakan beberapa layanan mobile banking dan e-banking. Tetapi, saya benar-benar jatuh hati dengan layanan SCB. Kenapa?

SCB sederhana tapi mengena

Selama di Thailand, memang benar saya hanya menggunakan layanan bank SCB saja, karena ya bank tersebut lah yang bekerja sama dengan kampus saya. Segala transaksi keuangan, melalui SCB (Siam Commercial Bank).

Sehingga, memaksa kami, para mahasiswa, menggunakan layanan perbankan SCB. Kedua jenis layanan online SCB yang biasa saya gunakan, mempunyai keunggulan antara lain:

  • Prosedur keamanan yang praktis. Mereka tidak menggunakan kode token untuk memverifikasi, tetapi menggunakan kode yang dikirim melalui sms.
  • Tampilan layar yang sederhana. Bahkan tampilan mobile apps mereka mirip seperti GoJek atau OVO.
  • Lupa password login? Tidak perlu ke bank atau ATM. Cukup ke web mereka dan lakukan prosedur “lupa password” dan kemudian mengikuti langkah selanjutnya. Asalkan anda punya nomor kartu ATM dan nomor HP yang sudah diregistrasikan ke SCB, maka anda bisa melakukan ganti password untuk login.
Dari menu sederhana ini, semua kebutuhan perbankan terpenuhi

Paling suka fitur apa sih dari SCB?

Sebagai mahasiswa yang bakalan sering berurusan dengan pemesanan tiket pesawat untuk pulang atau keperluan lain, maka pembayaran via e-banking SCB tu sangat mudah.

Misalnya, saya sering beli tiket pesawat AirAsia dan saat akan melakukan pembayaran secara otomatis jendela payment gate SCB muncul dan saya cukup melakukan otorisasi login.

Selain itu, saya juga bisa membayar aneka kebutuhan online via kartu debit SCB. Misal beberapa saat lalu saya membayar lisensi apps Ibispaint X, untuk menggambar di HP Android atau ad free Jet Audio, maka saya cukup menggunakan kartu debit secara online dari meja saya.

Bagaimana dengan e-banking di Indonesia?

Secara umum, saya masih belum puas dengan e-banking yang ada di bank Indonesia. Kesan saya, flow untuk setiap transaksi belum begitu praktis. Lebih lanjut, belum ada apps perbankan mobile yang praktis. Malah, lebih praktis pake dompet digital macam OVO atau GoPay kalau menurut saya.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *