Kenapa Orang Lebih Suka Belanja Online Saat Jam Kerja?

credit: tirto.id

Suatu pagi, saya melihat infografis dan berita dari portal tirto.id yang menunjukkan bahwa orang Indonesia cenderung suka berbelanja online saat jam kerja. Ya benar, ada di atas itu kok infografisnya šŸ™‚

Lha kalau sudah ditulis tirto, kenapa arigetas mau menulis ulang?

Saya ingin menuliskan, bahwa hal tersebut berlaku tidak hanya ke anda pekerja kantoran tetapi juga ke mahasiswa. Saya akan mencoba menjawab alasan-alasan dari sisi karyawan dan mahasiswa, perihal perilaku belanja online kita. Sebagai tokoh imajiner, saya sebut namanya Budi.

1. Kenapa belanja jam 10-17 dan puncak jam 11?

Budi masuk kantor jam 8 pagi. Biasanya, jam masuk kantor jam 8 pagi. Mustinya, begitu datang si Budi menyalakan komputer, buka email.. nyerahin pekerjaan yg telah diselesaikan lemburan semalam hingga mendelegasikan pekerjaan. Juga, Budi mendapatkan delegasi tugas dari atasan. Bisa dibilang, jam ini adalah jam sibuk.

Rangkaian pekerjaan tersebut menyita waktu sekitar 1-1,5 jam. Pada jam 9:30, Budi sudah tahu apa saja pekerjaan yang menjadi tanggungan dan Budi sudah “lebih santai”, karena “bola” pekerjaan sudah ada di Budi sendiri dan tidak tergantung orang lain.

Biasanya, Budi mulailah membuat kopi dan mencemil makanan ringan. Eh, lebih afdhal kalau sambil ngobrol dengan teman sebelah. Lho, kok temen Budi, si Rina, hapenya baru? Ooh.. dia dapetĀ flash saleĀ nih ceritanya. Kemudian, karena penasaran, Budi membuka situs belanja online. Lihat..lihat…lihat.. dan akhirnya sekitar jam 10 ada barang (misalnya HP A) yang menggelitik nadinya, minta untuk dibeli.

Tentu Budi tidak langsung membeli HP A. Budi akan melihat review teknisnya dan membandingkan dengan HP B, C hingga D. Ah, ketemu bahwa HP A tadi spek teknisnya paling sesuai. Tapi, Budi pun tidak akan langsung membeli P A. Dia akan membuka 2-3 situs belanja online lain untuk membandingkan harga HP A tadi.

Setelah 99% yakin, saat itu sekitar jam 11 siang. Budi masih merasa sedikit ragu akan keputusannya. Siapa tahu, dia tergesa-gesa. Kemudian Budi berpikir.

Kalau ini aku eksekusi (beli) sebelum jam makan siang, maka setelah jam makan siang, barang sudah akan dipackingĀ dan dikirim sore ini. Akan lebih cepat sampai. Akhirnya Budi pun membeli sekitar jam 11.

Bagaimana kalau Budi mendapatkan ilham untuk membeli HP A di sore hari? Budi cenderung akan melanjutkan perbandingan (harga/spek teknis) keesokan harinya.

Oh iya, di kantor biasanya akses internet cepat dan gratis, membuat orang lebih enak buat browsing.

2. KenapaĀ conversion rateĀ pembelian tertinggi itu hari Rabu?

Apa ituĀ conversion rate?Ā Ia adalah perbandingan antara jumlah kita browsing di situs belanja online A melihat-lihat hingga memutuskan membeli di situs tersebut. Gampangnya, kapan kita lihat-lihat dan memutuskan belanja.

Menurut saya sih, simple.

Hari Rabu merupakan dua hari sebelum Jumat (hari ngantor terakhir). Biasanya, load pekerjaan itu penuh di hari Senin. Orang membeli di hari Rabu, karena sudah puas membandingkan di hari Senin-Selasa.. Rabu eksekusi.. Rabu sore barang dikirim. Kamis sore/Jumat siang barang datang dan bisa buatĀ weekend.

3. Kenapa membeli barang via online lebih sering memakai PC/Laptop dibanding HP?

Jawabannya sederhana. Sebelum membeli, kita tentu membandingkan spek barang A, B, C hingga harga barang A di situs D, E F misalnya.

Membandingkan spek barang dan harga, lebih enak memakai PC/Laptop. Layar lebih luas dan bisa untuk membuka dua jendela browser tuk disandingkan. Caranya? Kalau memakai OS Windows, Satu layar Win+left arrow, satunya Win+right arrow.

Terus, kalau sudah puas membandingkan, tentu kita akan langsung mengeksekusi pembelian via PC/Laptop kan ya?

Kecuali ada penjelasan bahwa khusus pembelian via apps di HP menawarkan diskon daripada via PC/Laptop. Hal ini ada, misalnya di situs booking hotel/tiket terkenal di Indonesia.

4. Selain itu, adakah alasan kenapa belanja online diluar jam kerja?

Ada beberapa pertimbangan. (1)Karena di rumah ada koneksi internet yang memadai (2)Memerlukan segera beli (3)Ada waktu luang (4)ADA DISKON KHUSUS PEMBELIAN TENGAH MALAM.

Pembelian yang sering diskon misalnya tiket penerbangan, bagi anda yang sering huntingĀ tiket murah, rajin-rajinlah browsing jam 23 malam hingga 5 pagi. šŸ˜€

Udah gitu aja.

Eh iya, terus apa kesamaan antara karyawan dan mahasiswa terkait pembelian via online ini?

Karyawan nebeng internet di kantor, mahasiswa nebeng internet di kampus. Karyawan weekend sibuk ama keluarga, mahasiswa weekend sibuk ama pacaran atau geng.

he he he he.

Iya-iya, eh.. Gak usah marah. Saya tahu kok kalau diantara kalian ada yang sibuk ama tugas pasĀ weekend.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

4 Comments

  1. dulu saya ndak pernah belanja online. 2 kali mencoba belanja online di beberapa market place di indonesia untuk beli makanan khas jogja yaitu godeg. ehh makin kesini jadi lebih suka belanja online

    • Beneran bikin nagih, sih belanja online.. dengan sistem bayar e-banking atau via apps yg membuat orang kerasa gak ngeluarin uang.. padahal….. XD

  2. KenapaĀ conversion rateĀ pembelian tertinggi itu hari Rabu? –> nggak berlaku untuk yg gajiannya di hari Kamis terakhir tiap bulan šŸ™‚

    • itu conversion rate tertinggi Mas Ganteng… di hari lain juga ada.. Mungkin yang gajian bulanan di kamis terakhir itu jumlahnya sedikit, misal kayak sampean mas Ganteng. Terima kasih sudah mampir. šŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *