3 Jenis Investasi Online yang Tepat untuk Para Pemula

Apakah Anda ingin memulai berbisnis investasi? Bisnis investasi memang sedang diminati banyak orang, baik itu anak-anak muda maupun orang tua. Dengan melakukannya, kita bisa mendapatkan modal untuk kehidupan masa depan. Ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang, Anda dapat langsung menarik uang yang sudah Anda investasikan tersebut.

Kegiatan investasi bisa dilakukan dengan beberapa cara, konvensional atau online. Namun, seiring berjalannya waktu, cara online menjadi pilihan sebagian besar orang karena lebih mudah dan efesien. Kita tidak perlu lagi datang ke kantor terus menerus untuk bertransaksi. Hanya melalui smartphone, laptop, maupun tablet dan sudah tersambung dengan internet, Anda dapat langsung transaksinya sendiri.

Sebagai pemula, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis investasi online. Pemilihannya sangat penting karena mempengaruhi keseriusan dan kesuksesan Anda nantinya. Di bawah ini terdapat 3 jenis investasi dalam bentuk online yang perlu Anda bedakan.

  1. Investasi emas

    Investasi emas tidak hanya dilakukan secara konvensional dengan menyimpan emas fisiknya, tapi juga dapat dilakukan dengan cara online. Tidak sedikit orang yang memilih jenis ini karena karakteristik harganya yang terbilang cukup stabil, sehingga akan cocok untuk orang awam yang baru pertama kali bermain investasi.

    Di sisi lain, resiko yang didapat tidak terlalu tinggi, bahkan sangat cocok dijadikan investasi jangka panjang karena pengembaliannya lebih stabil. Anda yang ingin melakukannya secara online, pilih broker yang menyediakan investasi online emas. Jangan lupa pilih yang terpercaya dan profesional.
  2. Investasi reksadana

    Jenis kedua yang cocok direkomendasikan adalah investasi reksadana. Dulu orang masih harus datang ke kantor untuk bertransaksi reksadana, tapi kini kita bisa melakukannya secara online. Reksadana online tidak dikenakan biaya apapun, hanya saja akan terjadi pemotongan uang reksadana ketika kita membeli atau menjualnya.

    Sebenarnya berbisnis reksadana online lebih aman dibandingkan Anda menggunakan internet banking. Kenapa? Bisa terlihat jelas kalau internet banking hanya memiliki username dan password, ada pula yang ditambahkan dengan token. Namun, rekeningnya tidak ada hubungan apapun dengan milik orang lain.

    Anda yang masih pemula dan modalnya terbatas, ada baiknya pilih jenis investasi online yang satu ini karena modal yang diperlukan mulai dari Rp 50.000 atau yang lebih murah lagi Rp 10.000.
  3. Investasi saham

    Jenis investasi cara online ini yang paling banyak dipilih karena return-nya yang lebih tinggi dibandingkan jenis-jenis yang lainnya. Namun, kamu harus mempelajarinya dan menganalisanya dengan tepat karena cara bermainnya tidak seperti judi yang bisa ditebak. Return yang diberikan memang tinggi, tapi resiko yang didapat juga pastinya tinggi.

    Jika Anda baru pertama kali memulainya, Anda dapat meminta bantuan broker untuk membantu Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan arahan yang baik di awal transaksinya.

Mandiri Sekuritas dengan situsnya mandirisekuritas.co.id merupakan salah satu perusahaan yang bisa Anda pertimbangkan untuk investasi online. Tidak perlu khawatir dengan legalitasnya karena mereka sudah terdaftar secara OJK dan sudah menerima banyak pengharaan, baik itu dalam negeri maupun luar negeri.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *