Pemula Wajib Tahu, Ini Tips Ampuh untuk Memulai Bisnis Kuliner

Merintis bisnis kuliner memang bisa dikatakan sebagai usaha moncer yang mendatangkan keuntungan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. Bagaimana tidak, meningkatnya permintaan masyarakat akan kuliner menjadi faktor utama para pebisnis kian berinovasi dalam menciptakan cita rasa baru yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Belakangan ini banyak bermunculan bisnis kuliner kekinian mulai dari minuman boba hingga es kopi susu yang peminatnya terhitung ramai. Sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti jejak keberhasilan pebisnis serupa, coba dibaca dahulu beberapa tips berikut ini untuk memulai bisnis kuliner.

1. Melakukan riset

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis kuliner adalah melakukan riset kecil-kecilan terhadap pasar. Pasalnya bisnis kuliner bisa dikatakan pula sebagai bisnis musiman yang memerlukan riset terlebih dahulu mengenai jenis kuliner apa saja yang akan tetap bertahan dalam jangka waktu lama. Contohnya saja bisnis kue cubit yang sekarang mulai meredup karena tergantikan dengan bisnis coffe shop. Padahal di akhir tahun 2015, kue cubit bisa dikatakan cukup populer dikalangan masyarakat.

2. Membuat perencanaan matang

Dalam menjalankan sebuah bisnis apalagi bisnis kuliner, baik pebisnis baru maupun handal harus memiliki perencanaan yang matang seputar tata cara pengelolaan bisnis sampai perhitungan balik modal usaha. Tujuannya agar para pebisnis memilki pedoman dan acuan target yang harus ia penuhi dalam mengembangkan bisnisnya tersebut.

3. Memperisapkan modal usaha

Setelah melakukan riset dan membuat perencanaan, barulah seorang pebisnis bisa menentukan berapa kisaran modal yang dibutuhkan. Gunakan alternatif lainnya seperti mencari mitra kerja maupun meminjam dana di bank atau pihak penyedia pinjaman oline melalui kredit usaha rakyat bagi pelaku usaha kecil menengah alias UKM.

4. Pemilihan lokasi dan interior tempat yang menarik

Untuk bisa menarik minat konsumen, pemilihan lokasi dan interior tempat adalah hal lainnya yang wajib kamu perhatikan. Pilihlah lokasi yang berada di tengah kota atau setidaknya ramai dilewati oleh orang-orang dengan akses parkir mudah. Tak hanya itu saja, kamu juga harus menata interior tempat semenarik mungkin agar konsumen betah berlama-lama untuk sekedar nongkrong bersama kerabat terdekat mereka.

5. Melakukan promosi yang gencar

Tidak dapat dipungkiri, suatu bisnis kuliner dapat bertahan lama karena adanya promosi yang dilakukan secara besar-besaran. Dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram, kamu bisa mengadakan promosi seperti potongan harga di hari-hari tertentu ataupun penawaran beli 1 gratis 1. Selain sosial media, promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut juga diyakini sebagai cara ampuh lainnya untuk mendatangi banyak konsumen. Cara tersebut bisa saja berhasil apabila cita rasa dan pelayanan yang diberikan sangat memuaskan.

Pilihan Bisnis Kuliner Populer di Pasaran

Sebagai bahan referensi kamu, ini loh beberapa pilihan bisnis kuliner yang sedang populer di kalangan masyarakat. Mengenai keuntungannya, tak perlu khawatir, dapat dipastikan kamu bisa meraup untung hingga ratusan juta.

  • Kopi
    Jenis kuliner yang satu ini memang sedang populer di kalangan anak muda. Bahkan sederet artis papan atas seperti Raisa, Chicco Jerikho, hingga Keenan Pearce pun turut membuka bisnis kedai kopi. Untuk membuka bisnis kopi, kamu perlu memiliki beberapa pertimbangan seperti lokasi, suasana, hingga cita rasa dari menu yang ditawarkan.
  • Ayam Geprek
    Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas memang sepertinya tidak bisa dihilangkan dari masyarakat Indonesia. Walaupun bisnis ayam geprek ada di seluruh penjuru tanah air, tetap saja masyarakat tidak merasa bosan dan terus-menerus ingin mencoba ayam geprek lainnya yang berbahan dasar dari cabai itu. Sebut saja Ruben Onsu yang sukses membuka gerai bisnis ayam gepreknya dengan nama Geprek Bensu di berbagai daerah seluruh Indonesia.
  • Kue
    Kesuksesan kue kekinian milik artis seperti Laudya Cyntia Bella dengan Bandung Makuta ataupun Princess Cake milik Syahrini membuat para bintang papan atas lainnya mencoba peruntungan dibidang serupa. Soal cita rasa, kue artis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kue lainnya yang dijual di pasaran. Untuk membuka bisnis kue, kamu harus bisa memiliki strategi dengan pangsa pasar yang tepat. Jika para selebriti memanfaatkan popularitasnya dalam memasarkan produk, kamu bisa memasarkan produkmu sendiri bedasarkan cita rasa dan kualitas yang dimiliki.

Nah itulah tadi beberapa ulasan mengenai bisnis kuliner. Jangan gegabah dan tetap lakukan perencanaan yang matang saat memulai bisnis ini ya. Jika kamu membutuhkan tambahan modal usaha untuk merintis bisnis, ajukan saja pinjamannya melalui https://www.cekaja.com/small-business-banking/.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *