Gagal Tarik Tunai Pakai Kartu ATM BNI di Thailand (Juli 2019)

Aku dalam beberapa tahun terakhir ini, cukup sering melakukan tarik tunai Baht di mesin ATM SCB dengan menggunakan kartu ATM BNI maupun BCA. Kedua pengalaman tersebut sudah aku tulis di sini (BNI) dan di sini (BCA). Akan tetapi, beberapa minggu lalu, aku menemukan kegagalan saat tarik tunai pakai kartu ATM BNI. Bagaimana ceritanya?

Semua diawali dengan pesan: Invalid Transaction

Pada awalnya, aku hendak menarik tunai di mesin ATM SCB dengan menggunakan kartu ATM BNI, tetapi dibilang transaksi aku invalid (invalid transaction). Aku pikir, hal tersebut dikarenakan sedang terjadi gangguan komunikasi antar bank terkait rate conversion antara THB dan IDR. Okelah, besok pagi aku coba lagi.

Keesokan harinya, pesan error yang sama masih muncul di mesin ATM SCB yang di kampus. Oke, mungkin SCB lagi gangguan atau pending gitu di kesepakatan bisnis mereka dengan BNI.

Aku pun mencoba di mesin ATM Bangkok Bank. Tetapi tetap terjadi error dengan pesan: Communication Error.

Akhirnya, aku mencoba mencari tahu permasalahannya

Tak patah arang, aku pun mencoba mencari tahu, sebenarnya ada apa sih di balik kegagalan tarik tunai pakai kartu ATM BNI di mesin ATM bank di Thailand. Langkah pertama, aku coba me-mention admin BNI via Twitter yang kemudian dijawab oleh BNI customer care:

Oke, terjawab sudah. Kemudian, dengan terpaksa aku memindahkan uang ke rekening BCA dan menarik tunai menggunakan kartu ATM BCA di mesin ATM SCB dan BISA. Hanya saja, rate conversion yang mahal membuat aku lumayan kesal. Hahahahaha. Ternyata, cuitan twit aku tadi pun disamber oleh dua teman aku:

Oh iya, ternyata kasus gagal tarik tunak pakai kartu debit (ATM) BNI, tidak hanya aku saja yang mengalami. Teman aku, mas Anggie juga mengalami hal yang agak mirip:

Duh, BNI. Ada apa yang terjadi dengan kamu? Memang aku mayan jengkel dengan tampilan e-banking BNI yang menurut aku super ribet (dibandingkan dengan BCA) apalagi kalau aku bandingkan dengan e-banking ataupun mobile banking SCB yang simpel dan secure. Tapi itu masih tak mengapa. Ayolah perbaiki layananmu terutama untuk transaksi di luar negeri ini.

Kalau kamu, ada pengalaman apa tentang gagal tarik tunai di mesin ATM bank di luar negeri? Boleh share di kolom komentar ya! Terima kasih 🙂

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *