Insert Picture di Ms.Word Tidak Bisa Dikompresi

Ketika deadline sudah di pelupuk mata, terkadang ada saja kendala teknis yang menghambat pekerjaan kita. Misal nih, udah selesai ngedit banyak.. eh pas mau disave kok gagal… trs pas mau ngeprint.. tetiba printer kok ngadat. Padahal pada hari biasa non deadline, komputer kita lancar jaya.

Nah, demikian pula yang saya alami. Sudah sering sekali saya mengetik menggunakan Ms.Word dan menginsert picture yang berukuran besar kedalam tulisan saya.. dan untuk menghemat ruang penyimpanan dan membuat ringan (tidak nge-lag alias lemot), biasanya pada gambar tersebut saya dobel klik kiri –> compress picture–> pilih kualitasnya (apakah untuk di-print, screen atau email). kalau ingin aturan kompresi tersebut berlaku ke gambar yang kita pilih saja atau untuk semua gambar. Demikian juga apakah kita ingin memilih men-delete cropped area of pictures.. tinggal disesuaikan tanda centang pada pilihan yang ada.

Namun pada hari kemarin, entah kenapa, opsi untuk mengkompresi gambar seperti yang sudah saya ceritakan diatas tidak berlaku karena ada pesan error seperti ini:

Waduh, sempat kalangkabut juga sih googling sana sini. Sampai akhinya menemukan cara bahwa pada gambar tadi kita cut (Ctrl+x) dan paste special (Ctrl+Atlt+v) terus pilih paste as: Picture (JPEG) dan OK… Kalau mau pake klik kanan… cut dan paste specialnya seperti ini:

problem solved.. ukuran file jadi ringan dan ketika di-print masih terlihat jelas… Alhamdulillah. Tugas lancar.. hati tenang dan senang.. tentunya lega karena ada bahan buat posting di blog ini. hahahahaha.

Happy Monday 🙂

Catatan:
Hardware dan software yang saya gunakan: Lenovo E145, Windows 7 Ultimate, RAM 8 GB, Ms.Word 2013

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *