Langkah Mudah Membayar Pajak Motor di Hat Yai – Thailand

Tulisan ini berkolaborasi dengan pengalaman kak Anjas, salah satu blogger yang berasal dari Aceh, yang kebetulan beraktivitas di Hat Yai – Thailand. Beliau bermaksud untuk menjual motor, dikarenakan dalam waktu dekat akan meninggalkan Hat Yai. Saat akan menjual ke toko resmi, salah satu syaratnya adalah lunas pajak motor setahun kedepan. Nah, bagaimana caranya membayar pajak motor di Thailand? Apa bedanya dengan di Indonesia?

Membayar Pajak Motor di Thailand itu Sederhana

Dokumen yang diperlukan untuk membayar pajak motor di Thailand adalah:

  1. Buku hijau alias green book (semacam BPKB kalau di Indonesia).
  2. Uang, satu sepeda motor 100 Baht alias 40 ribu rupiah untuk pajak satu tahun. Murah, kan?

Udah itu saja. Hah? Itu saja? Fotokopi KTP hingga gesek kode nomer mesin dan rangka gimana?

Nah ini bedanya. Di Thailand, tidak menggunakan model seperti di Indonesia, sehingga bisa dibilang membayar pajak motor di Thailand itu GAMPANG. Jadi bagi anda mahasiswa atau orang asing yang memiliki motor di Thailand, anda tetap bisa membayar pajak motor anda bahkan tanpa anda tahu siapa pemiliknya, asalkan anda memiliki buku hijau tadi.

Adapun rangkaian prosedur membayar pajak motor di Thailand adalah:

  1. Berbekal dua syarat di atas, untuk Hat Yai, silahkan datang ke kantor pajak yag letaknya di samping kiri kantor polisi Kho Hong. Alamat lengkapnya adalah: สถานีตำรวจภูธรคอหงส์ KhoHong Police Station Kanchannawanich 13 Alley, Kho Hong, Hat Yai District, Songkhla. Silahkan anda mencari di google maps pada koordinat: 7.037277, 100.504682 maka anda akan ketemu lokasinya.

    kantor untuk membayar pajak motor di Hat Yai

  2. Silahkan anda ke lantai dua, untuk membayar asuransi kendaraan di lantai dua. Biaya asuransinya sekitar 300-an Baht.

    Meja untuk membayar asuransi

  3. Kembali ke lantai satu, silahkan menuju meja pengambilan nomer antrean pajak. Loket yang melayani pembayaran pajak ada 4 dan mirip bank, sehingga semuanya berlangsung cepat.

    Loket mengambil nomor antrian bayar pajak

    Buku hijau sebagai syarat utama dan nomor antriang yang didapat

  4. Anda dipersilakan duduk di kursi yang tersedia di ruangan sebelah, untuk menunggu hingga nomor antrian anda dipanggil, anda bayar, buku hijau (green book) anda diprint (seperti buku tabungan) dan anda mendapatkan stiker lunas pajak.

    Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil

    Bukti anda membayar pajak adalah mendapatkan stiker ini, yang harus anda pasang/bawa di kendaraan anda.

  5. SELESAI.

Mudah sekali bukan? Secara umum, di Thailand memang sering terkendala bahasa dalam pengurusan dokumen dan administrasi. Tetapi, Thailand saat ini sudah lebih baik dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Saat ini, minimal di setiap kantor pelayanan publik, ada satu orang petugas/staf yang bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris.

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

2 Comments

  1. Aduh, terimakasih sudah berbagi.. nanti aku backlink ke artikel ini yes. Tapi, aku pinjem fotomu ya. Hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *