Rate Tarik Uang Baht di Thailand dengan Kartu ATM Indonesia

Aku pakai kartu ATM BNI ini di mesin ATM SCB

Duh, uang Baht (Thailand) aku habis.. Tapi adanya kartu ATM Bank Indonesia..
Bisa buat narik di ATM Bank Thailand gak ya?

Oke, aku akan menceritakan pengalamanku terkait hal ini. Kali ini aku menggunakan kartu ATM BNI yang ada logo Master Card di depannya. Kalau di belakang kartu sih ada logo: Maestro, Cirrus, Link, ATM Bersama, Prima dan BNI Debit. Dengan kartu ATM BNI tersebut, aku mengambil uang 10,000 Baht di ATM SCB (Siam Commercial Bank). Berapakah uang Rupiah di rekening BNI-ku yang terpotong?

Saat kita menarik uang 10,000 Baht, kita akan mendapat notifikasi bahwa akan ada ekstra biaya 220 baht. Ketika aku tekan OK, maka uang 10,000 Baht akan keluar. Sedangkan uang Rupiah di rekening BNI ku terpotong seperti ini:

Karena ada biaya Cirrus dari BNI, maka total terpotong Rp 4,112,019.00

Apabila kita hitung secara kasar, Rp 4,112,019.00 dibagi 10,000 Baht maka 1 Baht setara dengan Rp 411,2.00. Sekarang secara kasar lagi kita bandingkan dengan rate tukar Baht ke Rupiah ala google dengan memasukkan kata kunci “THB in IDR” dan enter:

THB in IDR ini aku akses 7 Agustus 2017 (tanggal yang sama saat aku menarik di ATM SCB)

Nah, kalau kita bandingkan, maka selisih antara nilai tukar google dan nilai tukar hasil aku menarik uang 10,000 Baht adalah sekitar 11 Rupiah per 1 Baht-nya. Bagi aku sih ya cuek-cuek saja dengan rate ini. Kenapa? Postingan ini aku tujukan ke pembaca yang penasaran saja sih tentang nilai tukar Rupiah ke Baht kalau kita menarik uang di Thailand.

Kalau ada informasi yang lebih update lagi.. insyaAllah postingan ini akan saya update juga…

Selamat beraktivitas 🙂


UPDATE: di postingan ini kan aku narik pakai kartu ATM BNI… Nah, Klik disini kalau ingin tahu rate Baht yang aku dapat saat PAKAI KARTU ATM BCA.

Lebih mahal atau murah mana hayo antara kartu ATM BNI dan BCA? ^^,

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari seorang anak pintar, lucu dan usil.

19 Comments

  1. Setiap kali penarikan uang kena biaya 100 bath itu semua bank di thailand apabila penarikan di luar negeri หรือหักค่าธรรมเนียม100บาท uang indonesia sekitar 45.000an

    • Setahu dan sepengalaman saya dan teman2, biaya tarik itu 220 Baht, kalau menggunakan kartu ATM dari Bank di Indonesia di mesin ATM Bank di Thailand.

  2. Mau tanya, untuk biaya tariknya berapa yah? Terus hanya bisa di mesin ATM SCB saja? Atau yg lain juga bisa?

    • ada di artikel. 25rb yg dipotong di rekening bank Indonesia (dalam hal ini sy pakai BNI). Mesin ATM bank-bank utama Thailand setahu saya bisa semua. Krungthai, Kassikorn, Bangkok Bank, SCB

  3. Halo apakah kalo tidak ada logo mastercardnya bisa? Punya saya bank jatim hanya ada atm bersamanya

    • Mohon maaf, saya belum bisa menjawabnya dengan pasti.
      Hanya saja, kemungkinan sih bisa krn di mesin ATM SCB, ada tulisan: All bank cards are welcome.
      Tetapi, untuk keamanan, sebaiknya membawa USD saja saat berangkat. Atau bawa rupiah pun laku ditukar di Thailand.

  4. kunjungi saya ya.. tentang intisari informasi yang perlu kamu tahu, sebelum pergi traveling keren atau backpaker asik ke destinasi Indonesia atau Internasional 🙂

  5. Mandiri juga sama mas, kena cas segitu 220 Baht di bank SCB, di bank indonya kena 25ribu. Jadi jatohnya ya sekitar 300 Baht

    • sip mb Agnes.. Thanks infonya.. berarti BNI dan Mandiri relatif sama, paling-paling hanya beda tipis.. nilai tukarnya (IDR to THB) 0,sekian lah ya..

    • sama kayaknya.. Nah gimana kalau mbak Nadia narik uang, kemudian diinfokan disini.. biar lebih komplit lagi informasinya 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *