Cara Atasi Sakit Tenggorokan dengan Aman dan Efektif

cara atasi sakit tenggorokan Berkumur Antiseptik Mulut BETADINE® Mouthwash & Gargle

Setiap dari kita sejak kecil hingga dewasa, pasti pernah mengalami yang namanya sakit tenggorokan. Keluhan yang biasanya muncul adalah senada, dimulai dari rasa tidak nyaman saat menelan makanan, hingga terasa sakit meski hanya menelan ludah. Lantas, bagaimana cara atasi sakit tenggorokan yang benar?

Penyebab Sakit Tenggorokan

Secara awam, sering di masyarakat kita salah kaprah dalam menyebut penyebab dari sakit tenggorokan, misalnya dengan menganggap karena masuk angin sehingga tenggorokannya sakit.

Hal tersebut di atas kurang tepat, karena sebenarnya penyebab sakit tenggorokan ada beberapa kemungkinan yaitu:

1. Infeksi Virus Maupun Bakteri

Bakteri dari kelompok Streptococcus merupakan penyebab radang tenggorokan yang paling umum. Adapun virus penyebab sakit tenggorokan ada cukup banyak, misalnya virus influenza, campak, cacar air, hingga ke virus penyebab batuk yang umum ditemui terutama pada anak-anak.

2. Paparan Asap Rokok dan Polusi Udara

Asap kendaraan, asap pabrik, hingga ke asap rokok memiliki dampak negatif terhadap kesehatan tubuh manusia, dengan salah satu gejala yang paling mudah dirasakan adalah sakit tenggorokan.

3. Mekanis Otot

Pernahkah Anda menonton konser music secara live, atau larut dalam pertandingan bola yang sangat seru? Biasanya tanpa sadar, saat menonton keduanya kita berteriak hingga melewati batas dan berakibat ke sakitnya tenggorokan bukan?

4. Asam Lambung yang Naik ke Tenggorokan

Bagi Anda yang pernah merasakan beberapa saat setelah makan, kemudian makanan (dan asam lambung) kembali naik ke tenggorokan sehingga terasa kesat, sakit dan agak gatal dengan rasa asam maupun agak pahit? Nah, itu adalah yang disebut dengan GERD (astroesophageal reflux disease).

Ragam Cara Mengobati Sakit Tenggorokan

Terdapat cukup banyak metode yang bisa diklaim bisa mengobati sakit tenggorokan. Akan tetapi, seringkali tidak bisa tuntas dalam mengatasi sakit tenggorokan, alias hanya meredakan gejala sesaat saja.

Berikut adalah ragam tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah, mengurangi hingga mengobati sakit tenggorokan:

1. Hindari Faktor Penyebab Sakit Tenggorokan

Upaya pertama dalam mencegah sakit tenggorokan adalah dengan meniadakan faktor penyebab sakit tenggorokan itu sendiri. Sebagai contoh, apabila tenggorokan mudah terasa sakit akibat asap rokok, maka kita tidak boleh merokok, bahkan sebaiknya menghindari asap rokok itu sendiri.

2. Kumur dengan Air Garam

Langkah nomor 2 ini pasti sudah lazim Anda dengar bukan? Berkumur dengan air garam sebagai upaya mengobati sakit tenggorokan sebenarnya kurang tepat.

Dengan kumur air garam, memang bisa terasa lebih ringan rasa sakit tenggorokan, karena kandungan air garam mampu membuat tubuh mengeluarkan lendir yang berisi virus/bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Hanya saja, meski bisa membantu mengeluarkan virus, air garam tidak memiliki sifat sebagai anti virus yang mampu membasmi virus penyebab sakit tenggorokan itu sendiri.

3. Cara Atasi Sakit Tenggorokan dengan Berkumur Antiseptik Mulut

Langkah ini merupakan langkah yang paling tepat sebagai cara atasi sakit tenggorokan. Antiseptik rongga mulut yang direkomendasikan untuk digunakan misalnya produk Betadine karena memiliki 1% Povidone-Iodine yang efektif membasmi virus penyebab sakit tenggorokan.

Cara Pakai BETADINE® Mouthwash & Gargle yang praktis dan efektif untuk atasi sakit tenggorokan

BETADINE® Mouthwash & Gargle Solusi untuk Sakit Tenggorokan

Masalah mulut dan tenggorokan yang umum ditemui di masyarakat terdapat empat jenis, yaitu:

  1. Bau Mulut
  2. Sakit Tenggorokan
  3. Sariawan
  4. Gusi Bengkak

Keempat masalah di atas, dapat diatasi dengan cukup 1 solusi, yaitu BETADINE® Mouthwash & Gargle yang cara pakainya sangat mudah yaitu:

  1. Tuangkan BETADINE® Mouthwash & Gargle sebanyak 15mL sesuai takaran di dalam tutup botol.
  2. Tuangkan setengah dari BETADINE® Mouthwash & Gargle di dalam tutup tadi ke dalam mulut, kemudian gunakan untuk berkumur hingga semua sela di mulut dan gigi terpapar cairan antiseptik ini. Selesai kumur, buang cairan antiseptik yang digunakan untuk berkumur tadi.
  3. Ambil nafas kemudian tahan. Tuangkan setengah tutup BETADINE® Mouthwash & Gargle yang masih ada di tutup tadi ke mulut, dengan mengarahkan kepala pada sudut sekitar 45° ke arah atas, tahan larutan di tenggorokan sembari Anda mengeluarkan udara dari tenggorokan (Gargle) selama 30 detik. Setelahnya, larutan antiseptik di mulut tadi bisa dibuang.
  4. Selesai. Anda dapat mengulangi langkah di atas sebanyak 3-5 kali sehari bila diperlukan.

Produk BETADINE® Mouthwash & Gargle mudah didapatkan di apotek terdekat, sehingga Anda tidak perlu ragu untuk segera menggunakan antiseptik mulut ini ketika gejala sakit di tenggorokan masih tahap awal.

Oh iya, meskipun cairan BETADINE® Mouthwash & Gargle berwarna cokelat, Anda tidak perlu khawatir akan menodai warna gigi Anda. Wah menarik banget bukan?

Selain produk antiseptik mulut andalan ini, Anda dapat mengunjungi https://betadine.co.id/ untuk informasi ragam produk Betadine® yang membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh sekeluarga.

About arigetas 405 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

  1. dulu waktu kecil kalau sakit tenggorokan udah takut duluan, takut nggak bisa ngomong hahaha
    selama ini kalau sakit tenggorokan, aku selalu kepikiran “bakalan panas dalam”, jadi buru buru minum obat apapun yang sekiranya nggak bakalan memperparah kondisi tenggorokan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*