10 Rekomendasi MPASI Terbaik Bagi Si Kecil

menyiapkan jus buah dan sayur termasuk dalam 10 rekomendasi MPASI terbaik yang bisa bunda pilih

Masa penyapihan bayi atau lebih sering dikenal dengan MPASI (Makanan Pengganti ASI) sering dianggap masa paling sulit bagi seorang ibu, terlebih lagi untuk mereka para ibu baru. Karena dalam masa penyapihan ini anda tidak boleh coba-coba atau memberi bayi anda sembarang makanan. Ada baiknya jika anda meminta saran kepada dokter anak pribadi anda. Akan tetapi dalam artikel ini kami telah menyiapkan 10 rekomendasi MPASI terbaik bagi si kecil, langsung saja simak menu makanan sehat apa saja sih yang baik untuk penyapihan dibawah ini:

  1. Buah
    Apel adalah salah satu makanan terbaik untuk memulai bayi Anda dengan mengupas apel dan menumbuknya, dan memberi bayi Anda beberapa sendok makan sekaligus. Jika bayi Anda menyukainya, perlahan-lahan Anda bisa mulai memperkenalkan buah pir, mangga, dan buah-buahan lainnya!
  2. Jus
    Jus buah adalah pilihan penyapihan yang bagus untuk bayi Anda – tetapi hindari menggunakan jus buah dalam kemasan karena mengandung zat penyedap buatan dan bahan tambahan kimia dan pengawet yang bisa berbahaya bagi si kecil Anda. Mulailah hari anak Anda dengan sedikit jus buah segar!
  3. Sayuran
    Dari kentang tumbuk hingga wortel rebus – sayuran adalah sebuah keharusan mutlak untuk menyapih bayi Anda dari ASI. Pastikan Anda mencuci sayuran dengan saksama, dan memilih sayuran organik sebagai pengganti sayuran biasa – mereka bebas dari bahan kimia beracun dan pestisida. Jika bayi anda terlihat bosan dengan menu sayuran tersebut, anda bisa mencari resep mpasi yang terbuat dari sayuran di internet.
  4. Sup
    Sup sayur bening membuat makanan lengkap untuk bayi. Makanan ini berbahan dasar air, yang berarti bayi Anda akan terhidrasi dengan baik, dan juga mengandung nutrisi dan vitamin yang ‘padat’ dari sayuran.
  5. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan mengandung dengan protein, yang merupakan pilihan penyapihan lain untuk anak-anak. Bantuan kecil tumbuk, legum rebus, dibumbui secara ringan dapat diberikan kepada anak Anda sesekali.
  6. Air
    Apakah anda terkejut? Sebaiknya tidak, karena sekarang karena bayi Anda mengambil makanan padat, saatnya untuk memperkenalkan air juga – untuk memastikan anak Anda terhidrasi dengan baik sepanjang hari. Air juga membantu mendetoksifikasi tubuh bayi Anda dan menjaga kesehatan sistem pencernaannya.
  7. Sayur hijau
    Sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi dan garam mineral lainnya yang dibutuhkan bayi Anda agar tubuhnya berfungsi pada tingkat optimal. Anda bisa merebus sayuran berdaun hijau seperti bayam, daun kacang dan lainnya, tumbuk menjadi pasta, bumbui dengan ringan, dan beri mereka makan untuk anak Anda setiap beberapa hari sekali.
  8. Makanan yang dimasak
    Jika Anda memperhatikan bayi Anda menjalani masa sapih dengan baik, Anda juga dapat mulai memperkenalkannya pada makanan yang dimasak seperti nasi dan hidangan ringan lainnya. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter anak untuk memastikan makanan mana yang boleh dimasukkan ke dalam masa penyapihan anak Anda.
  9. Telur
    Hindari risiko reaksi alergi sebelum Anda mulai memperkenalkan si kecil pada telur adalah hal yang terbaik sebelum anda mencoba berbagai makanan untuk mereka. Telur mengandung protein dan vitamin penting yang menjamin kesehatan tulang anak Anda. Lebih dari itu, anda bisa mengkreasikan berbagai hidangan dari telur!
  10. Protein hewani
    Protein hewani termasuk dalam 10 rekomendasi MPASI terbaik untuk bayi Anda dalam banyak hal, tetapi alangkah baiknya untuk berkonsultasi ke dokter anak Anda sebelum memulai yang ini untuk bayi Anda. Jika dokter anak anda setuju, pastikan Anda memilih potongan segar daripada daging olahan.
About arigetas 245 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*