Memperbaiki Error Webcam Lenovo E145

Notebook saya Lenovo E145, OS: Windows 7 ultimate 64 bit, RAM: 4 GB.

Entah karena saya salah klik atau karena saya ngutak utik, ketika saya akan mengambil foto menggunakan webcam sewaktu nge-whatsapp via web, tiba-tiba muncul notifikasi berbentuk kamera abu-abu yang disilang:
Sebagai informasi, meski ada tanda error tersebut, lampu hijau kecil tanda kamera sedang digunakan sih nyala, saya cek di control panel di bagian driver semuanya normal. Waduh ada apalagi ini?

Hmm, browsing-browsing mengantarkan saya ke link ini, tetapi solusi tersebut untuk Windows 8, bukan untuk Windows 7. Akhirnya nyoba-nyoba sendiri dan berhasil!!

Langkah awal: klik “Start”, search “Lenovo” dan pilihlah “Lenovo – Web Conferencing”:

Maka anda akan masuk ke ke aplikasi ini:

Nah, perhatikan gambar di atas, ada icon camera abu-abu yang dicoret.. lihat sebelah kanannya, silahkan klik “Show my video image”. Voila..

Webcam akhirnya bisa kembali berfungsi kembali dengan normal. Alhamdulillah…

arigetas

Mahasiswa master di Prince of Songkla University, Thailand. Seorang suami dan ayah dari dua orang anak laki-laki pintar, lucu dan usil.

2 Comments

    • Hahahahaha.. di lenovo e145 saya yg ini gk berani nguprek2 mas, cm 1 OS 7 jendela aja mas, buat kuliah soalnya. Kalo yg lappie Acer 2920Z saya sejak 2008 plus punya istri, HP Mini 101 di rumah juga sama, dual jendela+ubuntu 10.04 Lucid Lynx. Sekarang Mas Rangga make linux distro apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *