Destinasi Wisata Kota Bula di Kabupaten Seram Bagian Timur

Destinasi wisata di kota bula kabupaten seram bagian timur di bukit teletubbies dan pantai gumamae

Jarang diantara kita (terutama) di Jawa mendengar ada daerah namanya Kota Bula, atau yang sering disebut Bula. Bula adalah nama sebuah kecamatan sekaligus merupakan ibukota dari Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku. Apa saja destinasi wisata Kota Bula yang bisa masuk dalam check list kita dan peran dari pafikotabula.org di sini?

Apa Saja Destinasi Wisata Kota Bula

Sebelum kita membahas tentang destinasi wisata, yuk kenalan terlebih dahulu dengan Kota Bula dan Kabupaten Seram Bagian Timur yang disingkat dengan “SBT”. Kabupaten SBT ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Tengah yang memiliki ibukota di Bula.

Selama ini, Kabupaten SBT dikenal sebagai daerah penghasil minyak bumi sejak jaman Belanda, dan dengan pusat kegiatan berada di Kota Bula. Iklim tropis sangat terasa di Kota Bula, dengan suhu antara 22,0 hingga 31,7 derajat Celcius dengan garis pantai yang panjang, sehingga pantai merupakan salah satu wisata utama di Kota Bula.

Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies yang terletak di sekitar 8 km selatan Kota Bula ini menawarkan pemandangan bukit rerumputan yang langsung mengingatkan tentang film anak-anak Teletubbies. Akses menuju bukit Teletubbies dapat menggunakan mobil dengan lama perjalanan sekitar 12 menit saja.

Pemandangan di bukit Teletubbies bisa sangat kontras saat kita kunjungi di musim penghujan berupa hamparan hijau dan pada saat kemarau, berupa bukit dengan warna kuning hingga cokelat yang mampu memanjakan mata kita.

Pantai Gumamae Kota Bula

Merujuk pada Renoldy Lamberthy yang mengulas Pantai Gumamae, untuk menuju destinasi ini dari ibukota Provinsi (Ambon) dapat dengan 2 cara. Pertama menggunakan pesawat menuju bandara kota Bula kira2 1 jam perjalanan dan menuju Gumamae Beach selama 2 jam dengan mobil. Kedua dengan menggunakan transportasi laut dan darat dari pelabuhan Tulehu selama 3 jam ke kota Masohi dan kemudian dengan mobil carteran menuju kota Bula selama 7 jam.

Adapun akses melalui pesawat udara juga tidak selalu ada, menyesuaikan dengan jadwal yang ada. Pantai Gumamae ini termasuk landai dengan berbagai flora dan fauna yang dominan menutupi kawasan seperti Mangrove dan Pohon Pinus (Kasuari). Kawasan pantai Gumamae telah dikelola oleh Pemkab SBT melalui dua dinas, yaitu Dinas Kebudayaan dan Parwisata juga Dinas Kelautan dan Perikanan.

Peran PAFI Kota Bula

Kota Bula berdasarkan data demografi terakhir menunjukkan pertumbuhan tertinggi sebesar 5,42% pada tahun 1990 dan semakin menurun setelahnya. Adapun data penduduk miskin di wilayah Kabupaten SBT masih dominan yaitu 62%.

Indikator kesehatan di Kabupaten SBT masih perlu mendapatkan perhatian karena hanya terdapat 1 rumah sakit tipe C, 4 Puskesmas rawat inap dan 3 Puskesmas rawat jalan, serta 39 puskesmas pembantu.

Berdasarkan hal tersebut, pafikotabula.org hadir untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Kota Bula Kabupaten SBT ini. Berikut peran anggota PAFI yang merupakan pemersatu apoteker dan tenaga farmasi di Kota Bula:

  1. Apoteker:
    • Profesi utama yang bertugas dalam pengelolaan obat. Apoteker memastikan pelayanan kefarmasian yang aman dan efektif kepada pasien.
  2. Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK):
    • TTK bertugas dalam pengelolaan obat dan memastikan pelayanan kefarmasian yang aman. Biasanya, posisi ini diisi oleh lulusan D3 farmasi.
  3. Farmakolog Klinis:
    • Meneliti efek obat pada manusia dan mengoptimalkan penggunaannya.
    • Bekerja di rumah sakit, pusat penelitian, atau industri farmasi.
  4. Peneliti Obat:
    • Terlibat dalam penelitian dan pengembangan obat baru.
    • Bekerja di industri farmasi atau lembaga penelitian.
  5. Dosen atau Pengajar:
    • Mengajar di perguruan tinggi atau sekolah farmasi.
    • Berkontribusi pada pendidikan dan penelitian.
About arigetas 425 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*