Bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia itu Rasanya Gimana?

apa saja keunggulan Bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia mulai dari pengurus, fee, hingga sosial untuk sesama

Seperti sejatinya manusia, kita tidak bisa hidup sendirian. Kita memerlukan orang lain, sebagaimana kita juga harus bermanfaat bagi orang lain. Blogger pun tidak ada ceritanya bisa sukses hanya dengan fight sendirian. Bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia adalah salah satu contoh nyata dari sekian pembelajaran selama aku ngeblog. Kok bisa?

Emang Ngeblog itu Perlu Komunitas?

Awalnya, aku kira ngeblog ya cukup tinggal punya domain, sewa hosting dan menulis semau aku. Ternyata, ngga sesederhana itu lho ngeblog itu. Kita bisa banget ngumpul bareng blogger lain buat bergaul bareng.

Paling tidak, ada 3 hal yang bisa didapatkan dari kita ngeblog dengan bergabung di suatu komunitas:

  1. Image alias Citra Diri
    Kita bisa bebas menjadi apa saja di dunia online, sehingga kenapa sih tidak kita gas pol saja menjadi seseorang yang baik dan bermanfaat bagi orang lain? Cara paling mudah misalnya ya ketika di grup WhatsApp, kita berusaha aktif membantu teman lain yang sedang kesulitan, se-terasa-sepele-gimanapun apa yang dia tanyakan ya.
  2. Networking alias Jejaring
    Dari poin pertama, semakin kita dikenal oleh orang lain di dalam komunitas, maka kita akan semakin luas pergaulannya. Oh iya, tahukah Anda kalau kita sering membantu orang lain, maka suatu waktu kita memerlukan bantuan, maka kita tidak akan sungkan?
  3. Dapat Job, Job, dan Job
    Selain untuk curhat, blog bisa diibaratkan sebagai salah satu ladang yang sangat bisa kita olah dan tanami, hingga akhirnya bisa menghasilkan cuan sebagai salah satu sarana penghasilan kita.

Ketiga hal di atas, bisa optimal kita dapatkan ketika kita bergabung di komunitas blogger yang tepat, misalnya di Bloggercrony Community tercinta ini.

Kenapa Bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia itu Pilihan Tepat?

Meski aku sudah pernah mendapat job yang terkait “si burung biru” dari Bloggercrony sekitar tahun 2016 (meski saat itu belum ngeh kalau itu Bloggercrony) … tahukah Anda bahwa Bloggercrony bukanlah komunitas blogger pertama yang aku gabung?

Justru dari pernah bergabung di beberapa komunitas, aku bisa bilang bahwa bergabung di Bloggercrony itu adalah salah satu keputusan terbaik dalam sejarah ngeblog saya.

arigetas.com (2022)

Apa saja hal positif yang bisa aku rasakan dari eksistensi Bloggercrony adalah

1. Kepengurusan Bloggercrony yang jelas

Pengertian komunitas blogger, sering kali diterjemahkan sebagai sekian blogger ngumpul dan menyepakati nama komunitasnya bukan? Hal tersebut tidak salah, hanya saja memang tidak hanya berhenti pada hal itu saja.

Bloggercrony sudah membuktikannya sejak eksis pada 24 Februari 2015 hingga saat ini di tahun 2022 di perayaan #7thBloggercrony dan tetap memiliki pengurus yang solid. Orang memang bisa saja datang dan pergi, tetapi Bloggercrony bisa membuktikan bahwa dia tetap eksis dan profesional dalam mengurusi komunitas.

2. Aturan Main yang Jelas, Tegas, dan Manusiawi

Mungkin poin kedua ini terdengar lebay bagi mata Anda? Boleh saja, sih. Tetapi, yang jelas di Bloggercrony kita akan menemukan bagaimana para pengurus yang menjadi penanggung jawab event, campaign, atau kegiatan apapun itu bekerja dengan happy.

Sejauh yang aku alami dari sekian belas gabung di grup kerjaan Bloggercrony, aku ngga menemukan pengurus yang bossy ataupun yang teledor. Mungkin karena sudah berjalan 7 tahun ini, para pengurus event ini memang sudah “mapan” dan kaya pengalaman.

Salah satu aturan main yang wajib ditaati oleh para blogger yang sedang tergabung di pekerjaan Bloggercrony adalah: kita harus bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan tanpa drama.

Apabila gagal memenuhi aturan tersebut, siap-siap saja untuk masuk kotak cadangan hingga bisa saja blogger tersebut masuk dalam blacklist. Aturan ini bisa jadi terkesan nyeremin ya? Padahal nggak lho, aturan ini bagi saya adalah FAIR.

Bagi saya pribadi, brief dari setiap pekerjaan dari Bloggercrony sudah dirancang sedemikian rupa sederhana dan mudah diikuti step-by-step kok.

Kalau Anda ingin intip-intip bagaimana serunya Bloggercrony, intip di Instagramnya saja di @bloggercrony ya.

3. Pengaturan Fee yang Menghargai Blogger

Di tengah banyaknya management job untuk para blogger yang makin ke sini makin banyak bermunculan, ternyata ada efek negatif yang terikut. Terkadang kita bisa menemukan bahwa pada pekerjaan yang sama persis, terdapat perbedaan fee yang cukup signifikan antara management A dibandingkan B dan seterusnya bukan?

Di Bloggercrony sejak saya mengenalnya, selalu memberikan standar fee untuk blogger pada nilai yang cenderung atas dalam setiap pekerjaannya.

Sebagai blogger yang lumayan sering memerlukan tambahan untuk membayar aneka tagihan, tentu hal ini sangat menggembirakan, bukan?

4. Bloggercrony Punya Program Sosial BloggerCare yang Jelas

Pernah melihat suatu perusahaan memiliki program CSR? Nah, di Bloggercrony juga memiliki yang namanya BloggerCare yang fokus membantu blogger yang sedang mengalami kesulitan.

Sebagai contoh, saat pandemi ini BloggerCare dari Bloggercrony sudah memberikan donasi untuk blogger yang sedang menjalani isolasi mandiri, saat perawatan di rumah sakit, dan pada saat ada kabar duka.

Komunitas blogger yang ngga cuma berorientasi cuan seperti Bloggercrony Community inilah, merupakan komunitas yang sayang banget untuk Anda lewati tanpa bergabung ya.

Even Tahunan BloggerDay oleh Bloggercrony Community

Salah satu milestone alias capaian, atau bisa dibilang sebagai ungkapan rasa syukur Bloggercrony kepada para anggotanya, adalah dengan rutin mengadakan BloggerDay, dimana merupakan hari untuk para Blogger bertemu, berinteraksi seru-seruan satu sama lain.

Pada tahun 2022 ini, BloggerDay perayaan 7 tahun usia Komunitas Bloggercrony Indonesia diselenggarakan pada hari Minggu 27 Februari 2022 dengan cara daring, dengan peserta sebanyak 100 blogger terpilih dan juga blogger lainnya.

Syukur Alhamdulillah saya merupakan salah satu dari 100 blogger terpilih (YEAY!!) dan tentu saja antusias untuk mengikutinya, meski harus bisa dari HaPe saja, karena bertepatan dengan acara perjalanan tugas kantor dadakan dari Semarang ke Bogor.

Bermodalkan HaPe android, earphone, dan kuota… saya hanya terputus koneksi ketika hanya di bandara saat terbang dari Semarang ke Cengkareng saja. Saat menunggu bus Damri pun saya masih antusias menyimak para pembicara keren sejak pagi harinya.

Dimulai dari ikut berkeringat dan deg2an saat panitia BloggerDay musti berganti alamat Zoom, aku ikut bernafas lega ketika akhirnya acara bisa dimulai dengan lancar.

Yaa… Meski rada ngga terima pas pertanyaan kuis: Siapa nama Presiden Indonesia ke-5, saya pun akhirnya bisa menerima penjelasan panitia, yang saya yakin Mba Febria Silaen sang host juga ikut deg-deg serr . Ahahahaha.

Dari acara ini, aku paling seneng banget mendapat #ScaleUpYourSkill berupa pencerahan tentang Metaverse dari mas Tuhu Nugraha dan Anwari Natari. Sayang banget hanya sekilas dengar penuturan mas Matahari Timoer dan mas Joe Candra karena saya musti terbang. Kemudian dapat pencerahan growth mindset oleh mba Tsurayya.

Pada BloggerDay 2022 ini aku mendapatkan kiriman paket dari Bloggercrony Community, antara lain berupa pin dan stiker dari Cera Production yang memang sejak lama sudah terkenal menjaga kualitasnya, sebagai produk seminar kit untuk perkantoran hingga untuk urusan souvenir.

Pin dan Stiker Souvenir dari Cera Production dan keseruan BloggerDay 2022

Cera Production adalah perusahaan yang telah berpengalaman menyediakan souvenier untuk lebih dari 350 perusahaan nasional selama lebih dari 10 tahun dan tersebar di 13 kota di Indonesia. Adapun kualitas produk seminar kit kantor dari Cera Production sudah terbukti mantap, dengan pilihan produk yang beraneka macam.

Hingga saat ini, Cera Production telah memproduksi banyak premium gift set, souvenir kantor, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Untuk soal harga, Cera Production memiliki corporate pricing yang bertingkat, dimana semakin banyak pemesanan maka harga akan semakin bersahabat.

Yeay! arigetas menang Lucky Draw!

Cara Bergabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia

Oh iya, ada yang penasaran nggak kenapa komunitas ini diberi nama Bloggercrony Community? Asal mula nama Bloggercrony adalah dari dua kata yaitu blogger dan kroni. Menurut Pak Lurah Satto Raji, crony alias kroni yang berarti kawan dekat.

Ngga pake lama, yuk gabung di Komunitas Bloggercrony Indonesia dengan klik link daftar anggota biar bisa segera ikutan gimana serunya komunitas ini.

Akhir kata, saya sangat menunggu bisa ikutan BloggerDay 2023 by Bloggercrony Community. Bismillah bisa ikutan OFFLINE yaaaa!

Dariku,
37_Ari Santosa Pamungkas
arigetas.com

About arigetas 376 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*