Kenali Pantangan Diabetes Untuk Hidup Lebih Berkualitas Bersama Diabetasol

kenali pantangan diabetes dalam word diabetes day 2020 bersama diabetasol sayangi dia

Seberapa familiarkan anda dengan penyakit kencing manis alias diabetes? Dahulu tahun 1980-an penyakit ini jarang ditemui, tetapi saat ini jamak di sekitar kita. Coba anda tengok sekitar jam 10 pagi di ruang tunggu dokter spesialis penyakit dalam, lebih dari separo adalah pasien diabetes, yang sebagian besar disebabkan karena salah pola diet hingga pola hidup. Sebagai bentuk edukasi publik, kali ini saya akan menuliskan tentang pantangan diabetes serta tentang peran caregiver bagi penderita diabetes.

Peringatan World Diabetes Day 14 November 2020

Jumlah penderita diabetes di Indonesia semakin tinggi, bahkan di dunia negara kita termasuk dalam daftar 10 besar dalam hal angka penderita diabetes. Sehingga, pencegahan dan penanganan diabetes di Indonesia merupakan salah satu yang menjadi perhatian khusus dari para ahli di bidang kesehatan.

Fakta perihal pengetahuan tentang penderita diabetes, ada 50% penderita diabetes tidak sadar kalau dirinya menderita diabetes. Terlebih lagi, prevalensi diabetes di dunia mencapai 9,3% sehingga edukasi tentang diabetes harus lebih digiatkan lagi.

Karenanya, dalam rangka mensosialisasikan pentingnya pemahaman perihal diabetes dan untuk memperingati World Diabetes Day (WDD) yang jatuh pada tanggal 14 November 2020, Diabetasol pada tanggal 3 November 2020 mengadakan seminar online tentang diabetes.

flyer pengumuman seminar world diabetes day 2020 bersama Diabetasol sayangi dia

Tunghadi Indra, Director of Special Needs and Healthy Lifestyle Nutrition dari Kalbe Nutritions membuka seminar edukasi bersama pembawa acara (MC) dengan memperkenalkan 3 narasumber hebat di bidang kesehatan, khususnya terkait diabetes.

Narasumber yang diundang adalah Prof. Dr. dr Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FACE (executive committee member IDF western pacific region); Prof. Dr. dr. Ketut Suastia, Sp.PD, KEMD (ketua umum PERKENI); dan Dr. dr Sony Wibisono, Sp.PD, KEMD, FINASIM (presiden PB Persadia 2020-2022), yang kesemuanya memberikan edukasi perihal diabetes.

WDD, merupakan peringatan internasional, seluruh dunia, membahas khusus tentang diabetes yang rutin diselenggarakan sejak 1991, dengan mengangkat tema yang berbeda setiap tahunnya. Pada peringatan WDD 2020 mengangkat tentang perawatan, yang terkait peran caregiver.

Orang terdekat dengan penderita diabetes, adalah yang dimaksud sebagai caregiver. Peran caregiver sangat penting dalam menunjang kedisiplinan penderita diabetes dalam menjalani pola hidup sehat, dengan mengingatkan dan memberi semangat dalam menjalani pola hidup sehat, termasuk dalam disiplin tidak mengkonsumsi makanan minuman pantangan diabetes dengan sukarela.

Pantangan Diabetes Itu Apa Saja?

1. Pola Hidup Penderita Diabetes Tidak Boleh Sesukanya

Ketika seseorang dengan kadar gula darah sudah lebih dari ambang batas secara permanen, maka pola hidupnya harus segera disesuaikan. Semakin terlambat dalam menyesuaikan pola hidup yang lebih baik berarti kualitas hidup penderita diabetes semakin rendah.

Sampai dengan saat ini, diabetes tidak bisa disembuhkan, tetapi dengan konsumsi makanan yang tepat, penderita diabetes dapat menikmati hidup dengan lebih berkualitas. Apabila penderita pre-diabetes hingga akhirnya menderita diabetes, tetap makan dan minum selayaknya saat muda dan sehat, maka tidak perlu waktu lama kesehatannya akan memburuk.

Pola hidup sehat bagi penderita diabetes sebaiknya juga dilakukan sejak dini bagi orang yang sehat. Pola hidup dengan mempertimbangkan asupan gula (gula murni hingga karbohidrat) harus diiringi dengan peningkatan aktivitas fisik.

Bagi orang yang termasuk sehat hingga pre-diabetes, berolahraga secara teratur setiap hari selama 20 menit sudah sangat cukup, dengan intensitas ringan hingga menengah, misalnya jalan keliling perumahan atau bersepeda. Kalau mau berolahraga yang agak berat juga boleh, selama badan mampu tetapi dibatasi misalnya 2 seminggu.

Adapun aktivitas fisik yang termasuk pantangan diabetes adalah berolahraga yang berat, karena pemulihan tubuh yang termasuk lebih lambat dibanding orang yang bebas diabetes. Belum lagi, ketika terjadi luka di kulit, penderita diabetes memerlukan waktu penyembuhan yang termasuk lama.

2. Makanan Minuman Pantangan Diabetes itu Apa Saja?

Makanan minuman pantangan diabetes pada dasarnya yang tinggi kandungan gula. Gula asalnya tidak hanya dari pemanis misalnya gula pasir, tetapi juga dari karbohidrat. Pengaturan asupan karbohidrat tidak hanya pada jumlahnya saja, tetapi juga jenisnya.

Untuk penderita diabetes, disarankan untuk mengkonsumsi beras merah dibandingkan beras putih misalnya. Juga, disarankan untuk mengkonsumsi roti yang terbuat dari biji-bijian utuh (wholebread).

Untuk minuman yang menjadi pantangan diabetes juga mudah untuk dihindari, misalnya kopi, susu atau teh yang diberi pemanis gula. Juga, tidak disarankan untuk meminum jus dalam kemasan, karena memiliki tambahan kandungan gula yang dapat berakibat buruk bagi penderita diabetes.

susu dan pemanis Diabetasol cocok untuk mengganti makanan yang menjadi tidak bisa dikonsumsi lagi karena termasuk pantangan diabetes

Bersama Diabetasol, Sayangi Dia

Diabetasol sangat peduli dengan edukasi perihal diabetes yang terkenal dengan sebutan silent killer. Edukasi yang dilakukan berupa kegiatan offline di rumah sakit, meski saat pandemi seperti saat ini. Selain itu, edukasi juga dilakukan secara online melalui seminar hingga grup WhatsApp.

Seminar zoom pantangan diabetes pada world diabetes day bersama Diabetasol
Zoom Seminar dalam World Diabetes Day 2020 Bersama Diabetasol, Sayangi Dia

Salah satu tujuan edukasi yang dilakukan Diabetasol, adalah pahamnya masyarakat (sehat maupun yang sudah diabetes) tentang ciri diabetes itu sendiri, sehingga mampu melakukan deteksi dini diabetes di sekitar kita.

Kebutuhan nutrisi penderia diabetes, memiliki karakteristik yang khusus. Untuk bisa mendapatkan gizi yang ideal untuk penderita diabetes, saat ini terdapat susu Diabetasol yang cocok digunakan sebagai pengganti makan alias meal replacement yang aman.

1. Kelebihan Susu Diabetasol

Susu Diabetasol memiliki banyak kelebihan, yang memang ideal bagi asupan gizi penderita diabetes, antara lain:

  • Setiap porsi sajian susu Diabetasol memiliki Vita Digest Pro yang memiliki kandungan isomaltulosa yaitu zat karbohidrat yang dapat dilepas lambat (slow release) sehingga membuat kenyang lebih lama dan tentunya mampu menjaga kadar gula darah.
  • Sumber serat pangan inulin dan low glycemic index pada susu Diabetasol yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.
  • Memiliki sumber kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang ideal untuk menjaga kesehatan tulang.
  • Terdapat kandungan vitamin A, C, E serta Zinc (antioksidan) yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

2. Cara Konsumsi Susu dan Pemanis Diabetasol

Susu Diabetasol dari Kalbe ini sudah eksis membantu asupan gizi penderita diabetes sejak 1996. Cara konsumsi susu Diabetasol sangat praktis dan mudah. Masukkan 4 sendok takar pada segelas air (200 mL), aduk rata dan dikonsumsi 2 kali sehari (saat pagi dan malam). Adapun pemanis Diabetasol, aman dikonsumsi penderita diabetes kapan saja.

Caregiver, Garda Terdepan Penjaga Disiplin Pantangan Diabetes

Kebetulan, saya merupakan anak dari pasangan orang tua dengan diabetes. Ayah dan Ibu sejak berusia sekitar 39 tahun, sudah mengetahui kalau mempunyai kandungan gula darah diatas normal. Apakah beliau berdua kaget? Tentu tidak, karena nenekku dari kedua pihak, juga diabetes.

1. Siapa Bisa Menjadi Caregiver Pantangan Diabetes itu?

Ketika orang tua saya diabetes, maka saya dan kakak-kakak saya pun sudah tahu, bahwa kami kemungkinan untuk memiliki kandungan gula darah diatas normal adalah lebih tinggi. Faktor keturunan merupakan faktor penyebab diabetes yang tidak bisa diganti, yang mencapai 90% dari jumlah penderita diabetes tipe 2.

Sampai dengan saat tulisan ini ditulis, ada dua kakak kandung saya yang menderita diabetes. Salah satunya adalah kakakku yang bernama Anna Rosita, yang kemudian rutin memeriksa kadar gula darah dan konsul ke dokter setiap bulan sekali.

Mbak Anna, panggilanku ke beliau, merupakan seorang single yang memang segala sesuatunya harus dilakukan secara mandiri. Dahulu, ketika Bapak dan Ibu masih hidup, seringkali Ibu yang rutin mengingatkan Bapak perihal jadwal minum obat, hingga aneka pantangan diabetes yang lain.

Adanya Ibu yang berperan sebagai caregiver kepada Bapak sangat mendukung tingkat kedisiplinan Bapak, misalnya tidak makan lagi setelah selesai makan malam yang sudah diatur porsinya. Selain itu, Ibu sangat patuh pada jadwal konsumsi obat dari dokter penyakit dalam, yang mana berimbas positif juga kepada Bapak.

2. Menjadi Relawan Caregiver itu Bisa ke Siapa Saja

Pada kasus Bapak dan Ibu yang sama-sama diabetes, Ibu berperan sebagai “satpam” caregiver kepada Bapak. Lantas bagaimana dengan mbak Anna yang hidup sendiri? Ya kami lah saudara-saudaranya yang berusaha menjadi caregiver.

Apa saja yang bisa kami lakukan untuk mbak Anna? Bermacam-macam, mulai dari hal sepele seperti mensetting alarm puasa bulanan sehari sebelum mbak Anna diambil contoh darah untuk mengukur kadar gula darahnya.

Ada juga saudara lain yang memfasilitasi dengan menyediakan bantuan dana untuk cek rutin gula darahnya. Kemudian, kami semua berusaha untuk bisa saling menanyakan kabar sehingga lebih menyemangati mbak Anna.

Dari kejadian nyata di keluarga saya ini, ternyata menjadi caregiver itu tidak selalu harus berada di samping penderita diabetes. Perhatian adalah intinya.

3. Gerakan Diabetasol Peduli Caregiver

Diabetasol menyadari betul akan arti pentingnya caregiver. Karenanya, pada peringatan hari diabetes sedunia tahun 2020 ini, Diabetasol memberikan apresiasi kepada para caregiver.

Diabetasol komitmen memberikan bantuan kepada caregiver pada saat pandemi ini dengan memberikan APD berikut dengan produk Diabetasol dengan menjalin kerja sama dengan institusi kesehatan. Untuk informasi Diabetasol terkini, dapat diakses pada:

  • Website : diabetasol.com
  • IG : @diabetasol_id

Apakah anda siap menjadi caregiver dan membantu penderita diabetes dalam melakukan manajemen diabetes dengan lebih baik?

About arigetas 397 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

86 Comments

  1. Salut euy sama komitmen Diabetasol. Ibu saya di rumah pun mengidap diabetes. Jadi susu diabetasol dan sweetenernya itu selalu tersedia. Sweetenernya sebagai pengganti gula, karena kan ibu saya masih suka ngopi dan ngeteh tuh.

  2. skrg bukan waktunya takut lagi sama diabet tapi nyiapin diri buat brani ngadepin ya mas,

    jaga pola hidup sehat dan pola makan sehat wajib bgt buat oenderita diabet dan keturunannya, termasuk akuu

  3. Menurut saya, dengan menjadi caregiver selain membantu saudara kita, kita juga bisa menjadi pengingat bahwa pola hidup sehat dan tidak banyak konsumsi gula adalah jalan terbaik buat mencegah diabet ya mas. Kan gak bisa diobati, jadi harus waspada sejak dini.

    Alhamdulillah keluarga gak ada yang kena diabet mas, jadi gak ada pengalaman hehe

  4. Wah kopi ternyata bisa menyebabkan diabetes ya, sepertinya harus beneran dikurangi deh. Kalau nasi, hiks…masih belum bisa tapi harus bisa untuk mengurangi resiko diabetes nih

  5. Ngeri ya penyakit gula ini. Pernah denger sih, meski di keluarga gak ada yang terkena sakit Diabetes, tapi kalo pola makan kita gak dijaga, ya rentan sekali …

  6. Almh. Ibuk sebenarnya tidak menderita diabetes. Tapi memang setelah diketahui kadar gula darahnya lebih tinggi dari normal, Ibuk jadi lebih berhati-hati terhadap makanan & minuman. Beliau disiplin sekali dengan pola makannya. Tapi kadang kalau lagi kepengen, beliau suka minta segigit. Ah. Rindu.

  7. InsyaAllah setelah mendapati keluarga ada yang terkena diabet, saya dan keluarga jadi lebih teratur dalam mengkomsumsi makanan, terutama saat ini porsi nasi mulai dikurangi dan lebih banyak kesayuran rebus. Untuk kakak saya sendiri selalu tersedia susu diabetasol untuk menemani pagi harinya sebelum beraktifitas, setau saya jangan turutkan mager, karena badan harus beraktifitas

  8. Kalau orang-orang bilang, Diabetes ini ibunya penyakit. Makanya harus beneran hati-hati. Nggak cuma harus konsumsi obat, tapi pola makan memang harus berubah total. Ya bagaimanapun makanan memang sangat mempengaruhi kesehatan kita ya.

  9. Kalau melihat papaku yang menahan diri luar biasa supaya tak harus konsumsi obat, ya memang pantangannya banyak banget sih, tapi karena berhasil menahan diri itu pula, sebagai penderita diabetes, papa termasuk punya kadar gula darah yang stabil.

    • iya sama kaya papaku nih mba monic, kesadaran dirinya alhamdulillah oke banget.. Jadi nggak perlu minum obat diabetes rutin juga, yang penting jaga pola makan yaaa

  10. Bagi penderita diabetes, harus disiplin jalanin hidup sehat dan menghindari pantangan ya… Peran Caregiver sangat penting, bagus diabetasol berinisiatif mengapresiasi.

    Kalo udah sakit baru kerasa betapa mahalnya sehat itu…

    • Kudu diperhatikan banget memang ya pola makan penderita diabetes, supaya gak kecolongan mengonsumsi pantangan. Bagus Diabetasol ngadain edukasi seputar diabetes ini.

  11. Ketika salah satu atau kedua orangtua memiliki riwayat diabetes, pastilah salah satu anaknya juga berpotensi memiliki jenis penyakit yang sama.

    Meski bapak dan ibu udah gak ada, semoga mas ari dan saudara lainnya gak lupa ingetin mbak anna untuk rajin minum obat ya.

    Kalau bukan keluarga, harus lari kemana kita?

  12. Diabetes ini silent killer beneran deh. Almarhum bapak mertua meninggal karena diabetes juga ( komplikasi yang awalnya dari diabetes juga) kalau ingat diabetes gini rasanya serem banget..

    • SUamiku ada indikasi juga ini. Soalnya tuhuhnya makin subur alias kurang bisa jaga pola makan Ngeri sebenarnya karena da penyakit penyerta lainnya. Apa aku belikan aja diabetasol ini ya

  13. Pola hidup dan makan bagi penderita diabetes itu benar-benar harus diatur total, ya. Dan kita yang gak terkena juga jangan sampai kebablasan makan ini dan itu. Apalagi dari faktor keturunan ada yang kena diabetes juga. Perlu hati-hati banget. Mari jaga kesehatan.

  14. Pola hidup dan makan bagi penderita diabetes itu benar-benar harus diatur total, ya. Dan kita yang gak terkena juga jangan sampai kebablasan makan ini dan itu. Apalagi dari faktor keturunan ada yang kena diabetes juga. Perlu hati-hati banget.

  15. Ingin sekali berhenti makan manis demi gaya hidup yang lebih sehat.
    Akutu penggemar makanan manis banget.
    Heuheu~
    Beralih ke Diabetasol…dan perlahan berlatih untuk gaya hidup yang lebih sehat.

  16. nenek saya dulu diabetes dan saya pernah lihat di kantor ada senior yang diabetes juga..sungguh ini penyakit yang menurut saya rumit dan bikin was-was. Treatmentnya bener-bener harus spesifik

  17. Penderita diabetes selain dirinya yang harus menjaga pola hidup sehat dan pantangan, keluarganya pun harus mendukung ya supaya sama-sama hisup sehat. Produk Diabetasol udah lama dipercaya & dipakai mereka yang sakit diabetes supaya mereka bisa menikmati manis tapi tidak berbahaya

  18. sebenarnya untuk mencegah segala penyakit itu kuncinya ya pola hidup sehat ya mas…
    termasuk untuk diabetes ini, aku juga uda mulai menerapkan pola hidup sehat, salah satunya ganti gula biasa dgn gula diabetasol

  19. Suamiku terkena Diabeter Tipe 2 beberapa tahun yll, Mas Ari.
    Sama seperti Mas Ari, dia juga punya riwayat turunan keluarga.
    Dulunya kami sering berolahraga bareng, malah dia yang sering ngajakin saya sepedahan. Sekarang ini karena Covid dan mesti WFH, malah lemburnya makin banyak dan kurang gerak.

    Membaca ini jadi peringatan buat saya, buat menjalankan fungsi saya sebagai caregiver. Oia kami juga sempat mendapatkan training pelatihan Diabetes dari Rumah Sakit. Jadi di Jerman, yang baru terdiagnosa langsung diberikan edukasi. Semoga Indonesia juga bisa mencontoh.

  20. Ibu mertua ku nih yang diabetes, aku jadi lebih cerewet ke suami agar menjaga pola makan dan ngajak doi sebisa mungkin olahraga. Aku sekalian mau rekomen diabetasol ini aja biar lebih baik untuk kesehatannya.

  21. sekarang aman ya ada diabetasol buat penderita diabetes. tapi tetap harus jaga pola makan dan hidup sehat. apalagi buat si dia.harus diberikan yang terbaik. yeee kan.

  22. Serem amat pakde, saya dirusuh nengokin ke ruang tunggu spesialis penyakit dalam.

    Zaman now memang banyak penyakit besar justru dialami dari usia muda. Beda sama orang dulu udah usia tua masih pada sehat-sehat. Ini karena pola makan yang asal-asalan.

    Saya punya kawan yang meninggal di usia kurang dari 30 tahun karena terkena penyakit gula. Penyebanya karena gak menjaga pola makan saat sedang sakit, terutama yang mengandung gula, eh akhirnya malah meninggal. Sudah takdirnya…

    Saya jadi ngeri mengonsumsi gula banyak-banyak. Makanya saya gak pernah bikin teh manis lagi tiap pagi. Makan nasi juga cuma siang aja, yah namanya ikhtiar boleh dong pakde, masa gak boleh sih

  23. Almarhum Ayahku juga penderita diabetes dan meninggal di usia yang masih tergolong muda. Ayahku sempat berpesan untuk jaga pola makan, hindari banyak mengkonsumsi gula. Jangan sampai anak cucunya terkena diabetes juga. Buat caregiver out there, you’re rock!

  24. Saya juga punya turunan diabetes. Untungnya saya gak begitu suka manis. Sekarang saya juga sudah jarang banget makan nasi. Selain itu juga saya mulai rutin olahraga, walau cuma jalan aja tiap pagi.
    Kenapa saya menghindari manis? Ternyata berpengaruh ke tekanan darah saya. Kalau pas lagi gak kontrol dan makan manis-manis yang banyak, tekanan darah saya langsung naik banget.

  25. Sejak pandemi rasanya saya sulit berpantang soal makanan padahal sebelumnya sudah berhasil tidak makan nasi putih. Walaupun dalam keluarga besar saya belum ada yang terkena penyakit diabetes, semoga tidak ada. Namun, toh kita harus tetap jaga pola hidup sehat.

  26. Diabetes butuh ketelatenan dan kemampuan menahan diri untuk makan sesuai kebutuhan dan menghindari pantangan. Butuh ajuga Caregiver yang andal, ya.
    diabetasol tahu banget tentang ini

  27. Mengingat diabetes yg ga bisa disembuhkan, buat yg belum kena memang harus tetap waspada dg menjalani pola hidup baik ya. Apalagi godaan makanan jaman sekarang udah buanyaak bgt.

  28. Sebenarnya makanan pemicu diabetes itu enak-enak. Manis di mulut, segar diminum pas lagi panas-panasnya atau untuk buka puasa.

    Hanya, itu mendatangkan penyakit. Meski masih muda, banyak yang masih tidak peduli. Hem…

  29. Kalau diabetes itu menurun ke anak perempuannya ya jika, ayahnya yang menderita diabetes begitupun sebaliknya. Ternyata tidak ya ayahku menderita diabetes, tapi yang kena dampak keturunannya ke anak laki-lakinya , kakakku menderita diabetes kak, udah suntik insulin, makanannya juga harus dipantang, memang kalau ga ada yang ingetin asupan makanan, selalu maunya dilanggar.

  30. Kakekku dulu diabet. Seingatku kalau beliau berkunjung ke rumah, tiap pagi jalan kaki 2 Km dan pola makannya dijaga banget. Alhamdulillah sekarang ada Diabetasol ya, dan kepedulian masyarakat terhadap penyakit ini juga meningkat. Eh…tapi, perlu disiplin diri juga siiii…kayak Eyang Kakungku itu…

  31. Apapun asupan yang masuk ke tubuh,kita lah yang mengendalikan bukan orang lain.
    Terlebih lagi jika memiliki riwayat penyakit diabetes atau mempunyai keluarga penderita penyakit diabetes.

    Apalagi sekarang tuh,makanan maupun minuman siap saji sangat menggoda untuk dinikmati, tapi harus kita rem supaya badan selalu sehat.

  32. baca tulisan ini saya jadi tahu nih kalo hari diabetes diperingati setiap tanggal 14 november. penyakit diabetes ini memang silent killer banget yah. beberapa kerabat saya juga ada yang terkena diabet . semoga masyarakat kita semakin aware dengan bahaya penyakit diabet ini dan semakin peduli untuk melakukan pola hidup sehat

  33. Saya justru baru tahu ada istilah caregiver untuk orang-orang yang menjadi pemberi perhatian pada penderita diabetes. Memang menjaga waktu makan dan pola hidup itu gak bisa sendiri. Harus ada orang yang mengingatkan

  34. Ngomongin soal diabetes saya jadi inget sama suami. Blio ada kecenderungan punya diabetes karena alm. Ayahnya juga punya diabet. Sementara makanannya doyan yg manis2. Duh saya harus belajar banyak buat jadi caregiver yg siaga.

  35. Kalau udah kena diabetes,hidup sudah tidak bisa ‘bebas’ lagi ya mas. Maka sangat penting jaga kesehatan nih. Sebelum semuanya terlambat. Diabetasol bisa jadi solusi yang kena diabetes. Manjur mas…mantap jujur

  36. Sejak masa pandemi, saya mulai ngurangi nasi dan kopi. Karena saya di rumah aja, sblmnya ngopi sehari bisa 3 kali, blm lagi makan nasi tambah2, karena sehari harinya lasak hehe…
    Tq info diabetasolnya ๐Ÿ˜€๐Ÿ™

  37. Diabetes ini silent killer beneran deh. Almarhum bapak meninggal karena diabetes juga ( komplikasi yang awalnya dari diabetes juga) kalau ingat diabetes gini rasanya serem banget..

  38. Para caregiver ini memang luput disorot ya dalam penanganan diabetes. Padahal perannya sangat vital buat peningkatan kualitas hidup penderita. Terima kasih buat Diabetasol atas kepeduliannya.

  39. Emang sih Diabetes itu penyakit yang “diam2 memnghanyutkan” ayah saya meninggal juga karena diabetes. Diabetasol itu dulu juga dikonsumsi ayah saya..sepertinya emang harus terapkan hidup sehat ya supaya terhindar dari penyakit ini.

  40. Masih banyak diantara kita yang gak pantangin makanan atau minuman yang gak dibolehin untuk penderita diabetes padahal itu merupakan kebaikan untuk diri sendiri ya.
    Apalagi sampai konsumsi gula berlebih yang mengakibatkan kondisi tubuh semakin memburuk. Sebelum terlambat ada baiknya menghindari makanan atau minuman yang bergula serta mulai melakukan pola hidup sehat.

  41. Dulu cita-citaku ingin segera lulus dari Fakultas Kedokteran adalah supaya bisa jadi caregiver bagi nenekku yang diabetes.
    Nenekku kemudian meninggal. Aku belum sempat menjadi caregiver baginya karena carut-marut manajemen keluarga besar untuk caregiving nenekku.

  42. Diabetasol memang produk yang sering dipake eyang saya yang terkena diabetes. Wah kalo eyang udah kena luka goresan di kaki memang sulit sembuh ya walau dah dikasih antibotik atau obat koreng.

    Denger2 juga kalo orang diabetes kencingnya banyak dirubungin semut ya? so, setiap individu harus berhati2 untuk menjaga pola makan dan gaya hidup. Thanks mas ari informasinya berguna banget.

      • Makainya itu mas saya dan keluarga selalu mengurangi konsumsi minuman dan makanan yang manis2 (junk food). Minuman pake pemanis buatan juga gak bagus untuk kesehatan. Dan pemanis buatan ini yg sering menyebabkan diabetes

  43. Aku tahu betul bagaimana rasanya mendampingi penderita diabetes. Ibu saya penderita diabetes sudah bertahun-tahun. Untuk itu saya sering membantunya untuk mengatur pola makan. Kadang kalau lagi pengen makan manis manis yaa saya sarankan pakai gula diabetasol.

  44. Thx update infonya ya Oom @arigetas โค๏ธ
    Aq izin share dan coppas ke lingkungan keluarga ku yang lain ya…
    Memang kita tuh ya,manisยฒ kabeh ๐Ÿคญ
    Luv u all

  45. Sedih dan takut kalau dengar ada yang punya gula darah tinggi. Kakakku kemarin cek gula darah eh tinggi banget. Pantas kalau kulitnya luka susah sembuhnya. Berarti benar ya harus olahraga tapi ga boleh berat. Pola hidup harus beneran ditata ulang

  46. duh jadi berasa diingetin nih
    mana tiap hari suka minum minuman kekinian
    harus lebih ketat untuk mengontrol asupan makanan dan minuman
    karena makin tua, badan jadi kurang bisa berkompromi
    apalagi tidak disertai olah raga (baca banyak malesnya hehehe)

    terima kasih sharingnya kak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*