Prospek Tenaga Ahli Farmasi Indonesia Tahun 2024

Bagaimana prospek tenaga ahli farmasi Indonesia di tahun 2024 ini, apa saja manfaat PAFI sebagai wadah para ahli kimia berkumpul?

Pandemi memang telah lewat setelah beberapa tahun sejak 2020 menerpa, hal tersebut membuka peluang bahwa berkarir di bidang kesehatan salah satunya ahli farmasi memiliki masa depan yang cerah, hingga memiliki komunitas seperti pafipalembangkota.org untuk area Sumatera Selatan. Bagaimanakah prospek tenaga ahli farmasi Indonesia tahun 2024 ini?

Prospek Tenaga Ahli Farmasi 2024

Kebutuhan dasar hidup manusia yang kita pelajari saat sekolah dahulu ada tiga yaitu sandang, pangan, dan papan. Akan tetapi, rasa-rasanya semenjak adanya pandemi COVID-19 pada tahun 2020 hingga 2022, kesehatan memegang peranan yang sangat penting di dalam hidup kita.

Masih teringat betul kami sekeluarga mengalami lockdown di area perumahan dengan jalan-jalan yang super lengang dan ketakutan menerpa setiap hari. Sampai-sampai kami pun punya daftar keinginan apa saja yang hendak kami lakukan ketika pandemi berakhir.

Terkait dengan hal tersebut, peluang karir di dunia kesehatan khususnya terkait farmasi sangatlah besar. Berikut peluang karir di bidang farmasi yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Apoteker: Bekerja di banyak lokasi, mulai di apotek, rumah sakit, puskesmas, industri farmasi, serta lembaga pemerintah dan swasta lainnya. Apoteker bertugas dalam
  2. Industri Farmasi: Industri farmasi di Indonesia terus berkembang, mencakup produksi obat, penelitian dan pengembangan, serta regulasi obat.
  3. Penelitian: Apoteker dapat terlibat dalam penelitian ilmiah di berbagai institusi, termasuk universitas, lembaga riset, dan perusahaan farmasi. Mereka dapat melakukan penelitian di bidang farmakologi, farmasi klinis, dan lain-lain.
  4. Pendidikan: Apoteker juga dapat bekerja sebagai pengajar atau dosen di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan farmasi lainnya. Mereka membantu mendidik generasi baru ahli farmasi dan berkontribusi pada pengembangan kurikulum dan program pendidikan Indonesia di masa depan.
  5. Konsultan Kesehatan: Sebagai ahli dalam obat-obatan, apoteker dapat bekerja sebagai konsultan kesehatan untuk lembaga kesehatan, perusahaan asuransi, atau organisasi non-pemerintah lainnya.
  6. Pengembangan Kebijakan Kesehatan: Apoteker juga dapat terlibat dalam pembuatan kebijakan kesehatan di tingkat pemerintah, organisasi internasional, atau lembaga penelitian sebagai staf ahli bidang farmasi. Mereka memberikan masukan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman mereka dalam bidang farmasi.

Bidang farmasi ini sendiri terdapat beberapa program studi, misalnya di Universitas Indonesia ada program S1, S2, hingga S3:

  • Program Studi Sarjana Farmasi
  • Program Studi Profesi Apoteker
  • Program Studi Magister Ilmu Kefarmasian
  • Program Studi Magister Ilmu Herbal
  • Program Studi Doktor Ilmu Farmasi

Mahasiswa farmasi semakin tahun semakin bertambah, sehingga ketika mereka semua sudah bekerja pada profesi farmasi masing-masing masih bisa lebih baik dalam bersosialisasi sesamanya dan lebih fokus dalam memperbaiki kesehatan Indonesia.

Salah satu wadah dalam menampung para ahli farmasi untuk pulau Sumatera, khususnya Sumatera Selatan adalah pafipalembangkota.org yang merupakan salah satu cabang PAFI disamping PAFI pusat dan banyak cabang yang lain.

Wadah profesi ini sangat banyak gunanya, antara lain:

  1. Dukungan Sosial: memberikan dukungan emosional, praktis, dan sosial kepada anggotanya. Ini dapat berupa dukungan dalam situasi sulit, saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, atau memberikan rasa kebersamaan dan solidaritas.
  2. Pendidikan dan Pembelajaran: dengan adanya platform untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan antara anggotanya. Ini dapat berupa belajar dari sesama anggota, pelatihan formal atau informal, atau diskusi dan pertukaran ide.
  3. Rekreasi dan Hiburan: Bonding antar anggota akan semakin kuat ketika ada kesempatan untuk rekreasi, hiburan, dan relaksasi bersama-sama rekan satu profesi bukan?
  4. Pengembangan Sumber Daya dan Kesejahteraan: Sesama anggota PAFI dapat membantu dalam pengembangan sumber daya ekonomi, fisik, dan sosial bagi anggotanya. Ini dapat berupa peluang kerja, maupun peluang-peluang luar biasa lainnya.
About arigetas 414 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*