Tips Kehamilan Sehat untuk Cegah Stunting Sejak Dini

tips kehamilan sehat calon ibu bebas generasi stunting dengan literasi dan edukasi

Salah satu tujuan sepasang pria dan wanita menikah, adalah untuk memiliki keturunan. Tentu saja, mereka mendambakan mendapatkan buah hati yang lucu, pintar, dan tentu saja sehat jasmani dan rohani bukan? Sebagai upaya untuk memperoleh titipan Allah SWT yang sehat, para calon ibu dan ayah harus paham tentang beberapa tips kehamilan sehat untuk calon ibu di bawah ini ya.

Tips Kehamilan Sehat Calon Ibu

Dari banyak tips kehamilan sehat yang pernah Anda baca, pasti hampir semuanya menyasar kepada para ibu bukan? Hal tersebut dikarenakan pada rahim ibu-lah si kecil akan tumbuh hingga akhirnya nanti bertemu di dunia ini.

Pada tanggal 1 Juli 2022, terdapat Sharing Session tentang tips saat hamil yang diselenggarakan oleh klinik Kehamilan Sehat, yang dibuka oleh CEO PT. Kehamilan Sehat Sejahtera yaitu Bapak Agus Jatmika Soegiarto yang mendatangkan 4 narasumber kesehatan yaitu dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, konselor laktasi, dan bidan yang juga merupakan instruktur senam hamil.

Dari pemaparan para narasumber di atas, untuk bisa mengusahakan agar janin bisa optimal pertumbuhan dan kesehatannya, berikut tips saat hamil yang bisa Anda terapkan:

1. Hamil Bukan Hanya Tentang Ibu

Tips kehamilan sehat yang pertama adalah pemahaman tentang kesehatan ibu hamil, tidak hanya melibatkan si calon ibu saja, tetapi juga suami maupun keluarga yang merupakan support system yang selalu ada bagi si ibu hamil.

2. Pahami Tentang Bahaya Stunting pada Anak

Secara ringkas, arti dari Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak dibawah 2 tahun yang disebabkan kekurangan gizi kronis (dalam waktu lama). Anak bisa terkena Stunting ketika dimulai dari rendahnya literasi dan edukasi yang dimiliki oleh calon ibu.

Ketika calon ibu sejak sebelum hamil alias saat program hamil tidak dibekali dengan edukasi kesehatan kehamilan, ilmu parenting, pengetahuan gizi serta faktor lingkungan, maka potensi untuk bisa terjadinya kondisi stunting pada anak akan menjadi besar. Karenanya, mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak dengan berpedoman pada KIA adalah hal yang benar.

Demikian pula ketika calon ibu hamil, maka tingkat pemahaman perihal kehamilan harus sudah lebih maju, yang juga diikuti dengan pemahaman gizi untuk ibu hamil hingga persiapan persalinan dan laktasi.

Setelah ibu melahirkan sang buah hati, maka faktor ibu berikut suami dan keluarga sangat penting dalam memantau tumbuh kembang anak, termasuk dalam pendampingan laktasi, misalnya dengan memberikan dukungan gizi yang memadai dan menjaga mood dari si ibu itu sendiri.

3. Pahami dan Penuhi Kebutuhan Ibu Selama masa Kehamilan

Dalam tips kehamilan sehat ini juga menekankan mengenai pemahaman kebutuhan gizi ibu hamil selama masa kehamilan pada saaat trimester 1, 2, hingga 3.

Untuk trimester 1 dan 2 alias usia kehamilan 1-27 minggum diperlukan USG bayi setiap 3-4 minggu sebagai upaya untuk evaluasi pertumbuhan bayi. Selain itu, diperlukan asupan suplemen dalam jumlah yang tepat, khususnya untuk pemenuhan zat besi, seng, tembaga, kalsium, vit D, C, B6, folat dan B12. Oh iya, pertambahan berat Ibu juga harus rutin dimonitor ya,

Adapun kebutuhan ibu hamil saat trimester 3 adalah sama dengan trimester 1-2, tetapi dengan penambahan senam hamil agar persalinan lebih lancar. Selain itu, perlu mencari konselor menyusui, sehingga ibu akan memberikan ASI secara optimal untuk si kecil.

4. Konsultasi Kehamilan di Klinik Kehamilan Sehat

Tips Kehamilan Sehat selanjutnya adalah dengan melakukan konsultasi pada tenaga kesehatan yang tepat. Misalnya bagi Anda yang berada di area Jabodetabek, dapat menuju Klinik Pusat Kehamilan Sehat yang terletak di Jl. Perumnas raya no 4 Duren Sawit Jakarta timur.

Klinik Kehamilan Sehat ini sudah ada sejak 2016 dan saat ini terdapat 15 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Klinik yang lebih memilih persalinan normal untuk pemulihan yang lebih cepat ini menawarkan beberapa keunggulan, yaitu:

  • Harga kompetitif, dengan kualitas pelayanan rumah sakit.
  • Pelayanan profesional dengan tenaga medis bersertifikasi dan berpengalaman.
  • Mengikuti standar perawatan setara rumah sakit.
  • Jujur dan transparan dalam memberi informasi kepada pasien.

Menarik dan bikin semangat dalam menambah edukasi dalam menyiapkan program hamil bukan? Yuk kita sama-sama berusaha untuk mencetak generasi sehat dan bebas stunting.

About arigetas 373 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*