Mengenal Keuntungan dan Risiko Reksadana Pasar Uang

Keuntungan dan Risiko Reksadana Pasar Uang dibanding dengan deposito

Reksadana adalah sebuah wadah untuk menampung semua dana atau modal investasi masyarakat yang ingin menjadi investor. Salah satunya yaitu reksadana pasar uang yang mengalokasikan dananya ke berbagai aset oleh manajer investasi.

Proses pengalokasian hingga menjalankan investasi reksadana sepenuhnya akan dilakukan oleh manajer investasi. Itu artinya, kamu hanya tinggal duduk santai saja menunggu hasilnya.

Menelisik Cara Kerja Reksadana Pasar Uang

Sebelum kami menjelaskan tentang risiko dan keuntungannya, alangkah baiknya kami jelaskan cara kerja reksadana pasar uang terlebih dahulu. Tujuannya agar kamu tahu cara kerjanya dan mantap saat berinvestasi.

Reksadana pasar uang adalah investasi yang dananya akan dikelola seluruhnya pada instrumen pasar uang. Adapun jenis-jenis instrumennya di antaranya seperti obligasi atau deposito berjangka dengan jangka waktu maksimal 1 tahun. Sedangkan untuk obligasi jangkanya biasanya di bawah 1 tahun.

Jangka 1 tahun dan di bawahnya dirasa ideal untuk investasi ini. Cara kerja reksadana pasar uang tersebut membuat produk penanaman modal ini memiliki risiko yang relatif kecil. Meskipun risikonya kecil, imbal hasilnya tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan produk yang lain.

Keuntungan Deposito vs Reksadana Pasar Uang

Setelah membaca pembahasan di atas, sebagian dari kalian pasti bingung kenapa reksadana jenis pasar uang lebih menguntungkan dibanding deposito? Padahal sebagian dana reksadana tersebut juga dialokasikan ke dalam deposito.

Nah, di sini kami akan coba jelaskan alasan kenapa reksadana yang satu ini lebih menguntungkan dibandingkan deposito.

Kasus pertama, jika kamu menabung atau membuka deposito di suatu bank, biasanya kamu harus memiliki saldo minimum yang menjadi syarat dari bank terkait.

Contohnya, saldo kamu sekitar Rp150.000.000 dengan imbal hasil 5% per tahunnya. Maka, jika saldo atau modal kamu lebih rendah, katakanlah Rp50.000.000, keuntungan yang didapatkan akan berbeda. Pasalnya, keuntungannya disesuaikan dengan dana yang kamu investasikan.

Berbeda dengan pasar uang pada reksadana yang menghimpun dana-dana dari para investor. Dengan begitu, jumlah modalnya pun akan jauh lebih besar dibandingkan dengan deposito yang kamu lakukan secara individu. Dana yang terkumpul bisa mencapai milyaran rupiah.

Kelebihan Reksadana Pasar Uang

Ada banyak kelebihan investasi reksadana pasar uang dibandingkan beberapa investasi yang lain. Berikut beberapa kelebihannya.

  • Investasi dengan modal yang terjangkau.
  • Menawarkan potensi keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan investasi deposito maupun tabungan biasa.
  • Dana atau modal akan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman dan kredibel.
  • Tidak perlu melakukan analisis investasi dan administrasi sehingga bisa mengefisiensi waktu saat menjalankannya.
  • Diinvestasikan ke berbagai jenis instrumen atau diversifikasi.
  • Tidak dikenakan pajak karena pengembalian investasi reksadana tidak termasuk objek pajak.
  • Mudah dicairkan sewaktu-waktu sesuai dengan jangka investasi yang kamu pilih karena bersifat likuid.
  • Proses investasi dilakukan secara transparan.

Risiko Reksadana Pasar Uang

Pada dasarnya, investasi yang satu ini memiliki tingkat risiko yang tergolong rendah. Namun, menurut sebagian ahli, investasi ini tetap memiliki risiko meskipun kecil. Adapun risiko-risikonya yaitu seperti:

  • Menurunya nilai aktiva bersih (NAB). Contohnya seperti harga efek portofolio yang turun, adanya perubahan suku bunga, dan lainnya.
  • Risiko yang diakibatkan oleh perubahan ‘iklim’ ekonomi dan politik.
  • Risiko yang diakibatkan oleh likuiditas.
  • Adanya perubahan aturan yang mempengaruhi investasi reksadana pasar uang.
  • Risiko akibat pembubaran dan likuidasi.

Siapa yang Cocok Memilih Reksadana Pasar Uang?

Pasar uang adalah jenis reksadana yang cocok untuk berbagai kalangan. Berikut siapa saja yang cocok memilih investasi yang satu ini:

  • Cocok untuk yang baru belajar berinvestasi maupun yang sudah berpengalaman.
  • Pilihan investasi yang ideal untuk yang mempunyai tujuan investasi jangka pendek.
  • Cocok untuk diversifikasi investasi bagi investor dengan profil risiko yang lebih tinggi. Contohnya seperti investor saham dan obligasi jangka panjang yang bersifat fluktuatif.
  • Sebagai pilihan investasi bagi yang belum memiliki modal besar untuk memulainya.

Rekomendasi Reksadana Pasar Uang Terbaik

Sedang mencari perusahaan investasi yang menawarkan reksadana jenis pasar uang? Kini kamu bisa berinvestasi melalui Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa menjalankan investasi kapan saja dan dimana saja.

Aplikasi digibank by DBS adalah layanan digital banking yang kredibel. Aplikasi tersebut juga sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, dana investasi kamu juga akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan juga kredibel.

Semua aktivitas reksadana kamu bisa dikelola secara online kapan saja dan dimana saja . Selain itu, aplikasi tersebut juga sudah didukung dengan fitur canggih yang dapat memberi kemudahan bagi para investor.

Kelebihan Berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi dari digibank by DBS ini tidak hanya sekedar menawarkan kemudahan saja. Ada banyak keunggulan lain yang ditawarkannya sehingga berinvestasi menjadi lebih menguntungkan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Aplikasi digibank by DBS untuk kamu yang berencana berinvestasi:

  • DBS menyediakan 3 pilihan kategori reksadana mulai dari reksadana dengan kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik untuk memudahkan investor saat memilihnya.
  • Menawarkan sistem pembelian berkala yang fleksibel.
  • Ada lebih dari 50 produk reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.
  • Modal minimum yang diperlukan mulai dari Rp100.000 saja.
  • Semua proses investasi reksadana mulai dari daftar SID, jual, beli hingga switch investasi bisa kamu lakukan melalui Aplikasi digibank by DBS.

Demikian informasi seputar risiko dan keuntungan reksadana pasar uang. Bagaimana, tertarik untuk berinvestasi? Yuk, pasang Aplikasi digibank by DBS dan daftar langsung sekarang juga!

About arigetas 379 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*