Manfaat Memiliki Kartu Kredit via Finpedia

ragam manfaat memiliki kartu kredit Finpedia di kehidupan sehari-hari

Perkembangan transaksi keuangan dan perbankan, semakin hari semakin maju dan canggih. Sudah sejak lama, kartu kredit dikenalkan oleh bank kepada masyarakat. Pun demikian, masih banyak masyarakat yang belum paham perihal manfaat memiliki kartu kredit di kehidupan sehari-hari. Karenanya, pihak perbankan ramai menawarkan promo kartu kredit yang menarik. Apa pula bedanya dengan kartu debit?

Apa Itu Kartu Kredit

Ringkasnya, kartu kredit adalah alat yang berupa kartu, yang dapat digunakan sebagai sarana pembayaran ketika kita melakukan transaksi baik saat di marketplace, hotel, hingga di supermarket. Prinsip cara kerja kartu kredit adalah pihak penerbit kartu kredit akan membayari terlebih dahulu atas transaksi yang dilakukan oleh pengguna kartu kredit.

Adapun pihak pengguna kartu kredit, memiliki kewajiban untuk membayar taghan kartu kredit dan biaya tahunan, yang syarat dan ketentuannya bisa jadi berbeda antara satu jenis layanan dan yang lain.

Ragam Manfaat Memiliki Kartu Kredit

Terdapat banyak manfaat memiliki kartu kredit, terutama bagi Anda yang memang sering melakukan transaksi baik online maupun offline, diantaranya adalah:

1. Ringkas dan Praktis

Poin pertama ini seringkali merupakan pertimbangan pertama dan utama ketika pebisnis memutuskan untuk bisa memiliki kartu kredit. Tanpa perlu membawa uang tunas (cash) secara berlebihan, Anda bisa pergi liburan ke luar negeri dengan nyaman, hanya dengan menggesek kartu kredit saja ketika transaksi.

Tentu saja, dalam penggunaan kartu kredit yang super praktis ini perlu kedewasaan dan kebijakan, sebagaimana fasilitas kemudahan yang lain di dalam hidup modern ini bukan? Menggunakan kartu kredit sangat disarankan hanya untuk sejumlah biaya yang bisa Anda penuhi saat akhir bulan saja ya.

2. Cocok Untuk Pemburu Cicilan 0%

Ini salah satu contoh yang berlaku di pengalaman saya pribadi. Pada saat saya perlu membeli laptop baru, saat laptop saya sebelumnya sudah tidak bisa direcover lagi, kebetulan saya sedang agak mepet keuangannya.

Setelah browsing, akhirnya saya menemukan tipe laptop idaman saya, seharga 7 juta rupiah. Apabila membayar tunai (cash) 7 juta rupiah, terlalu beresiko bagi saya saat itu, dikarenakan ada kebutuhan lain yang juga memerlukan dana besar.

Pada akhirnya, daripada saya menurunkan spesifikasi laptop ke bawah, yang akhirnya nanti dapat menyulitkan saya bekerja baik saat di kantor formal maupun saat kerja sebagai blogger, saya memilih untuk kredit laptop selama 3 bulan (3x bayar) dengan bunga 0%.

Caranya? Ya dengan pembayaran transaksi pakai kartu kredit. Karenanya, ketika memiliki kartu kredit dan menghadapi kondisi yang demikian, menggunakan kartu kredit merupakan solusi yang ideal, bahkan lebih ideal dibandingkan ketika Anda meminjam uang kepada teman atau saudara.

Meminjam uang kepada saudara atau teman, salah satu kerugiannya adalah dapat merusak hubungan baik yang sudah ada, ketika terdapat pembayaran cicilan hutang yang tidak lancar.

3. Untuk Bayar Tagihan Ketika Belum Ada Uang Cash

Salah satu keunggulan memiliki dan bertransaksi dengan kartu kredit adalah Anda bisa membayar tagihan, bahkan ketika Anda belum memegang uang. Hanya saja, Anda perlu ingat bahwa hal ini lebih ke semacam penundaan pembayaran tagihan, sehingga Anda tetap wajib untuk membayar tagihan kartu kredit nanti di akhir bulan.

4. Mendapatkan Aneka Reward

Tahukah Anda, bahwa selain promo, bagi pengguna kartu kredit sering kali menjadi lebih bersemangat dalam menggunakan kartunya, dikarenakan adanya hadiah (reward) dari penerbit kartu tersebut. Adapun reward ini bentuknya bisa bermacam jenisnya, tetapi yang paling sering adalah berupa voucher yang dapat ditukarkan.

Oh iya, terkadang terdapat reward yang memang berupa hadiah fisik yang nilainya semakin tinggi ketika Anda juga semakin tinggi dalam bertransaksi dengan kartu kredit. Hal ini merupakan sebuah bentuk win-win solution antara penyedia layanan dan pengguna kartu kredit.

5. Manfaat Memiliki Kartu Kredit Adalah Aman, Bisa Atur Limit Pengeluaran

Berbeda dengan kartu debit, kartu kredit memiliki limit penggunaan yang disepakati antara pihak penerbit kartu. Tentu saja, akan disesuaikan dengan kemampuan bayar si pemilik kartu. Oleh karena itu, sering kali Anda pernah membaca bahwa penggunaan kartu kredit lebih aman daripada kartu debit, bukan?

Fitur keamanan dalam kartu kredit yang menjaga kita supaya tidak terjebak pada tagihan yang tidak bisa kita bayar, alias jebol tagihan, merupakan salah satu pertimbangan kenapa setiap pengajuan kartu kredit diperlukan proses check and recheck yang ketat.

Membuat Kartu Kredit di Finpedia

Sebelum mengajukan kartu kredit secara online di Finpedia, ada banyak pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Dari halaman utama kartu kredit di Finpedia, Anda bisa memilih jenis manfaat apa yang akan Anda cari dari sebuah kartu kedit nantinya.

Cara Pengajuan Kartu Kredit Online di Finpedia

Dari banyak pilihan kartu kredit, Anda bisa memilih mana yang memang lebih menguntungkan saat digunakan belanja (shopping), yang menawarkan cashback menarik, yang bersifat syariah, yang memiliki promo pembelian BBM, yang pas untuk jalan-jalan (travel), hingga mana layanan kartu kredit yang pas menunjang kebutuhan lifestyle Anda.

Pilihan bagi Anda yang ingin mencari kartu kredit yang tepat di Finpedia

Di Finpedia, setelah Anda memilih manfaat utama yang ingin Anda dapatkan dari sebuah kartu kredit, juga terdapat fitur yang dapat mengurutkan penerbit kartu kredit mana yang menawarkan biaya tahunan, urut dari yang terendah. Menarik bukan?

Biaya dan Syarat Pengajuan Kartu Kredit online di Finpedia

Setelah Anda mendapatkan pilihan kartu kredit yang cocok dengan kebutuhan, silakan klik pada gambar kartu tersebut, dan akan terbuka halaman yang menjelaskan tentang biaya dan syarat pengajuan kartu kredit tersebut.

Untuk komponen biaya, terdapat keterangan:

  1. Biaya tahunan kartu utama
  2. Biaya tahunan kartu tambahan (bila ada)
  3. Angka minimum pembayaran setiap bulan, misalnya Rp50.000 atau minimal 10% dari total tagihan.
  4. Biaya keterlambatan pembayaran, misalnya 3% dari total tagihan.

Adapun syarat pengajuan kartu kredit di Finpedia adalah:

  1. Minimum pendapat bulanan Anda, misalnya 3 juta rupiah
  2. Usia minimum untuk pemegang kartu utama yaitu 21 tahun
  3. Usia maksimum untuk pemegang kartu utama yaitu 65 tahun
  4. Usia minimum untuk pemegang kartu tambahan yaitu 17 tahun
  5. Terbuka untuk WNI dan WNA.

Sebagai catatan, komponen biaya dan syarat pengajuan kartu kredit di Finpedia di atas adalah dinamis, tergantung dari layanan kartu kredit apa yang Anda pilih. Sehingga, kunci utama dalam memilih layanan kartu kredit, adalah dengan membaca dan mempelajari dengan seksama tawaran dari setiap penyedia.

Bagaimana? Ternyata banyak ya kemudahan yang bisa kita dapatkan dari kartu kredit. Bagi Anda yang ingin mendapat manfaat lebih optimal. silakan kunjungi https://www.finpedia.id/kartu-kredit untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Selain itu, adakah manfaat memiliki kartu kredit lain yang belum saya tuliskan? Silakan tuliskan di kolom komentar ya!

About arigetas 379 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*