Jalan Rezeki Blogger itu Banyak dan Bagaimana Menemukannya

Aku menulis di platform digital (web log alias blog) sejak tahun 2008-an. Ada naik turun motivasinya, juga belajar menulis dari hal-hal alay hingga akhirnya saat ini (dan seterusnya) terus berkembang. Selama ngeblog, aku menemukan fakta bahwa jalan rezeki blogger itu ada banyak, tidak melulu tentang uang dan ketenaran. Lebih lanjut, blogger-blogger yang saat ini kalian kenal rejekinya lancar jaya itu tidak mendapatkannya secara instan, lho.

A. Menulis adalah Jalan Rezeki Blogger yang Utama

Berdasarkan apa yang aku amati, awal mula jalan rezeki blogger itu ya dari tulisan. Menulis itu sepertinya gampang, tetapi tidak selalu semudah apa yang terlihat. Agar tulisan kamu “berisi”, maka kamu bisa lakukan tips di bawah ini.

  1. Segera tulis ide yang muncul di kepalamu.
    Ada banyak cara yang bisa kamu terapkan dalam menulis ide-ide yang bermunculan di kepala. Kamu bisa menulis di buku kecil, laptop (notepad) atau smartphone. Aku sih lebih memilih mencatat ide-ideku di grup WhatsApp pribadiku, karena smartphone adalah barang kedua yang selalu bersamaku setelah kacamata.
  2. Bunuh writer’s block kamu!
    Terkadang, blogger mengalami writer’s block sehingga semua ide di kepala terasa mentah. Mengalami buntu ide ini wajar, bahkan draft tulisan yang sudah ada poin-poinnya saja kadang tiba-tiba terasa seperti sampah. Iya kan? Salah satu solusinya adalah kamu harus …
  3. Jalan-jalan di media sosial.
    Bisa melakukan blogwalking yang benar-benar membaca dan memahami tulisan orang lain itu suatu pelajaran berharga. Untuk lebih klik, kamu bisa blogwalking ke blog yang sesuai dengan minat alias niche kamu. Selain itu, dengan membaca tulisan orang lain, maka kamu bisa sekaligus belajar bagaimana cara menulis dan menyajikan tulisan dengan ringkas tetapi bernas.
  4. Penuhi target menulismu.
    Ide sudah ada, poin-poin tulisan sudah ada, kemudian terasa buntu membahasnya? Oh bisa jadi itu bukan writer’s block seperti yang aku tulis pada poin nomor 2 di atas, tetapi hanya malas. Sebagai contoh, sejak akhir 2019 aku pribadi mentargetkan ada 8 tulisan organik per bulan (2 tulisan per minggu). Alhamdulillah, hingga bulan Maret 2020 ini aku bisa memenuhinya. Lantas, apakah aku akan mentargetkan menjadi 15 tulisan per bulan? Eits nanti dulu. Bagi aku, daripada mengejar kuantitas postingan maka lebih baik aku …
  5. Perdalam dan pertajam analisis setiap tulisan.
    Poin ini berdasar dari apa yang aku amati di banyak teman blogger yang sering menang lomba hingga yang pageviews-nya banyak. Mereka menulis setiap artikel layaknya menulis makalah, tetapi dengan bahasa yang lebih santai.
  6. Perkaya tulisan dengan infografis.
    Poin ini merupakan kelanjutan dari poin nomor 5. Infografis merupakan poin penting di dalam menyajikan tulisan yang berbobot dan “niat” yang sungguh-sungguh. Fungsi infografis menurut aku, adalah rangkuman mengenai suatu bab atau sub bab tulisan, juga untuk memudahkan untuk dipahami pembaca karena berbentuk gambar dan poin-poin.

Catatan: Terkadang writer’s block itu rancu dengan rasa malas. Hati-hati ya!

cara supaya tulisan blog berisi, bernas dan menarik adalah dengan memberi infografis

B. Job untuk Blogger itu Apa Saja?

Blogger, biasanya memulai ngeblog di platform gratisan kemudian upgrade ke domain TLD. Setelah kamu bisa konsisten menulis dan mempebaiki tulisan tahap dasar (menulis efektif artikel tema hits dan minim typo), maka kamu bisa mulai untuk menghasilkan uang dari blog kamu. Umumnya, blog domain TLD yang mempunyai skor domain authority 10 dan berusia lebih dari 3 bulan sudah memenuhi syarat paling dasar untuk ngejob.

1. Sponsored Post

Sponsored post artinya kamu menulis misalnya tentang produk A atau yang terkait dengan produk A tersebut, kemudian kamu menyertakan tautan atau link menuju halaman website produk A. Ada banyak marketplace yang menawarkan job ini, tergantung kesepakatannya dengan si blogger ini sendiri. Dengan kamu menulis artikel dengan kaidah yang sudah disepakati, maka kamu bisa mendapatkan rezeki (biasanya) uang atau voucher yang bisa kamu gunakan. Lamanya waktu pengerjaan bervariasi. Aku sendiri memerlukan antara 2 hingga 3 jam untuk artikel 500 hingga 1.000 kata.

Oh iya, semakin kamu familiar dengan topik yang menjadi bahan pekerjaan kamu, maka kamu akan semakin cepat menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, tulisan kamu akan semakin kaya dan dalam pembahasannya.

Lantas, apabila kita menulis tentang hal yang kita blank sama sekali artinya sebuah kerugian? TIDAK!

Menulis topik baru, artinya kita dipaksa belajar cepat, sekaligus memperluas zona nyaman ngeblog kita.

2. Content Placement

Hampir mirip dengan sponsored post, content placement ini berarti artikel tentang produk A tadi sudah disediakan dan tugas kamu hanya mempostingnya di blog kamu. Biasanya, bayaran atau fee dari pekerjaan content placement ini tidak sebesar sponsored post. Ya wajar sih, kan di job ini kamu hanya perlu waktu sekitar 10 menitan.

3. Influencer di Instagram, Facebook dan Twitter

Ketika tanpa sengaja aku gabung ke salah satu grup WhatsApp blogger pada akhir November 2019, ternyata membuka mataku bahwa job blogger itu bisa beranak pinak ke banyak hal. Menjadi influencer di setiap tulisan blog adalah hal utama. Selain itu, ternyata ada banyak job influencer (meski level nano, mikro atau apalah itu) di Instagram, Facebook dan Twitter.

Persyaratan utama yang biasanya jadi penghalang saat melamar kerjaan influencer di Instagram, Facebook dan Twitter adalah jumlah teman/follower. Makin hari makin tinggi syaratnya. Hal ini menandakan bahwa blogger tidak boleh hanya bergantung di satu platform media sosial saja dan harus terus meningkatkan jejaring pertemanan (network building).

4. Blogger menjadi sekaligus vlogger? Kenapa Tidak!

Seperti poin nomor 3 di atas, menjadi blogger saat ini tidak bisa berdiri sendiri. Untuk bisa memperkaya konten tulisan, bisa saja kita membuat ulasan suatu produk dalam format video dan diunggah ke YouTube dan di-embed ke tulisan blog. Membuat konten video YouTube saat ini tidaklah sulit. Cukup dengan bermodal smartphone kelas menengah, apps gratis dan koneksi internet pun sudah memadai untuk membuat vlog.

Kombinasi tulisan yang bernas + infografis cerdas + video yang menarik, akan membuat tulisan kaya dan membuat pembaca berlama-lama di blog anda. Semakin lama pembaca berada di halaman blog anda, maka angka bounce rate semakin rendah dan Google sangat menyukainya!

5. Jalan rezeki blogger level atas: Ikut Lomba Blog

Salah satu level atas dalam ngeblog adalah berani ikut lomba blog. Menang lomba blog adalah suatu hal, tetapi berani ikut lomba blog adalah yang utama. Menyusun tulisan blog yang akan diikutkan lomba tentu berbeda dengan tulisan-tulisan di poin ngejob yang sudah saya tulis di atas. Riset dan usaha dalam mengulas, tentu perlu lebih dalam dan data yang digunakan harus kuat.

Urusan lomba blog, aku berkaca pada mas Fadli ajopiaman.com yang sering ikut lomba blog. Hingga Maret 2020 ini, mas Fadli sudah 18 kali memenangkannya, lho! Fokus dan niat, adalah dua hal yang aku lihat dari tulisan-tulisan beliau.

Sampai dengan tulisan ini aku buat, aku baru satu kali mengikuti lomba blog dan alhamdulillah mendapat rezeki menjadi juara 2. Itupun, aku tergerak untuk ikutan mencoba karena melihat teman-teman blogger di group WhatsApp ada saja yang menang setiap kali kompetisi.

Jalan rezeki blogger aku salah satunya adalah menang lomba blog neo study
Alhamdulillah, runner up πŸ™‚

Lantas, kapan lagi aku akan ikut lomba blog? Entahlah. Aku tipe pemain aman sih, yang hanya akan melakukan sesuatu kalau aku yakin bisa melakukannya dengan baik.

Aku sungguh beruntung bisa berada di beberapa group WhatsApp teman-teman blogger. Aku melihat semangat saling berbagi dan membantu yang sangat kuat diantara mereka. Bersama mereka, merupakan salah satu rezeki yang nggak bisa dinilai uang dan sangat aku syukuri.

Lantas bagaimana dengan lomba blog SEO alias Search Engine Optimization? Ini adalah lomba blog level teknis yang biasanya tidak melulu soal tampilan dan isi artikel. Link blog yang mampu tampil paling atas di halaman pertama dari hasil google search, akan menjadi pemenang. Soal lomba blog SEO, aku tidak bisa cerita banyak karena aku bukanlah salah satu pelakunya.

C. Jalan Rezeki Blogger Juga ada di Event Offline !

Pernahkah kamu melihat teman bloggermu, memposting status sedang berada di suatu event launching produk? kemudian, selang beberapa hari berikutnya, temen blogger kamu tadi menulis artikel blog yang juga membahas detil tentang acara launching produk tadi?

Apa yang sedang teman blogger kamu lakukan itu sebenarnya adalah ngejob event offline, yang mana tugasnya adalah mengikuti acara, memposting status di media sosial (Twitter, Instagram dan atau Facebook), serta menuliskan artikel sesuai dengan yang sudah disepakati.

Pekerjaan mengikuti event seperti ini, hampir hanya bisa dilakukan oleh blogger penuh waktu (full time blogger). Bagi blogger paruh waktu (part time blogger) seperti aku yang kerja kantoran Senin hingga Jumat, sangat kecil kemungkinannya bisa ikutan. Saat ada event offline pada hari Sabtu atau Minggu pun, kecil kemungkinan aku bisa ikut. Kenapa? Karena aku ada di Salatiga yang agak pelosok, sehingga relatif jauh ke lokasi event.

D. Segitiga Pilihan Jalan Rezeki Blogger

Aku sudah sampai bagian akhir dari tulisan ini. Terima kasih ya, kalian masih mau membaca. Pada bagian ini, aku akan sampaikan tentang Segitiga Pilihan Jalan Rejeki Blogger. Coba kalian perhatikan teman-teman blogger hits yang sering menang lomba atau yang populer. Biasanya, mereka adalah blogger penuh waktu yang memang pekerjaannya total ngeblog.

Menjadi food blogger hingga travel blogger misalnya, tentu sulit dilakukan oleh seorang pekerja kantoran bukan? Semakin sibuk seseorang di kantornya, maka blognya akan semakin minim sentuhan.

Tentu ada di antara kalian yang akan menyangkal. Ah, si X itu lho pekerja kantoran tapi sering menang lomba dan artikelnya ngalir terus update. Oke, kamu benar. Saat seorang blogger bisa memiliki performa ngeblog yang gacor (red – istilah tukang ojek online yang selalu dapat job), maka ada kompensasinya, yaitu waktu istirahat serta waktu untuk keluarganya akan minim.

segitiga jalan rezeki blogger yang harus memilih antara keluarga, ngeblog dan kerja kantoran

Kesemua pilihan jalan rezeki yang sudah aku tulis ini mana sih yang paling baik? Oh semuanya baik kok. Ngeblog itu kan enak, menyenangkan. Ngeblog jangan dijadikan beban ya. Kalau kamu ngeblog tapi tersiksa, bisa jadi ngeblog itu bukanlah passion kamu.

Kalau kalian, suka ngejob apa nih? Punya suka duka selama ngejob kah? Share di kolom komentar ya … Thanks!

About arigetas 251 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

141 Comments

  1. Mas Ari, aku izin ss segitiga bloggernya ya. Seneng aku. Lha emang bener… Gak mungkin the best di semua bidang. Saat ini prioritasku mendampingi school from home anakΒ² n targetΒ² kerjaan ktr. Meskipun diusahakan update postingan blog terus tp ya gak ngoyo banget, hehe… Nice share, Mas Ari. Matur tengkyuuw…

  2. Menjalani aktivitas ngeblog memang luar biasa. Aku juga memulainya udah lama banget sejak jaman kuliah, saat itu cuma buat ajang curhat dan nulis2 kebanyakan puisi. Gak nyangka blog skrg bisa jadi jalan rejeki. Alhamdulillah.
    Tapi ya emang blm fokus bgt di teknisnya blog sih, balik lagi ke soal bagi waktu buat keluarga. Blm jadi full time blogger juga.

  3. Wah ternyata mas Ari lebih duluan ngeblog yak. Aku mulai ngeblog itu tahun 2012 btw, itupun dengan tamplate alay dan blognya udah aku apus karena isinya aib. Lalu mulai serius lagi tahun 2015 dan mulai metik hasilnya tahun 2017 😊

  4. mas, saya adalah blogger dari tahun 2007 yang aktif sampai sekitar 2013. Namun, selama 7 tahun saya vakum dan tahun ini akhirnya kembali membuat blog dengan domain yang lebih mature. rasanya senang sekali kembali ke hobi lama walaupun dilakukan di malam hari setelah anak tidur dan Pekerjaan kantor selesai.

    Terima kasih untuk menginspirasi untuk tidak berhenti menulis ya mas πŸ™‚

  5. Awalnya ngeblog karena kebanyakan menggalau dan nulis daily tumbuh kembang anak.

    LamaΒ² diajak event, review, content placement dll…..

    Dan writer’s block itu bener banget. Mengganggu. Kalau kaya gitu, pisahan dulu sama blog sampai rindu

  6. Bisa dibilang ngeblog ini adalah hobi yang menghasilkan. Tapi ya tetep aja kitanya kudu usaha. Ngeblog juga gak serta merta langsung dapet uang, harus konsisten dan semangat. πŸ™‚

  7. Bener banget mbak, semua berawal dari blog. Sampe jd influencer ig dan twitter malah sampe ke facebook. Ternyata kita punya sosial media bisa ngehasilin uang. Alhmdllah

  8. Terkadang writer’s block itu rancu dengan rasa malas. — ini jleb banget!
    Bener sih writer’s block itu biasanya muncul karena lagi malas… lagi malas baca, malas nyari ide, malas buka laptop.

    Berasa terjewer nih. Suka malas nggak segera menumpahkan ide, suka nanti-nanti. Eh pas buka laptop yang mo ditulis udah lenyap wkwk.

  9. Rezeki nggak akan lari ke mana, asalkan berusaha dan punya keyakinan, rezeki itu akan datang termasuk dari dunia blogging. Mari berbenah dan menjadi yang terbaik.

  10. Saya banyak keteteran untuk memenuhi target menulis ini karena kurangnya disiplin. Semoga saja nggak lama-lama. Target 10 tulisan bulan Maret lalu saja tidak terpenuhi. Semoga bisa menggantinya di bulan ini.

  11. Alhamdulillah ya banyak jalan rezeki jadi blogger, saya pun walaupun cuma ibu rumah tangga yang diam di rumah, masih bisa dapat rezeki dari blogger, bisa ngerjain job sambil ngurus anak dan rumaj

  12. Sejatinya kalau sudah rejeki emang gak bakalan tertukar, tapi butuh yang namanya jalan untuk masuk rejeki itu. Aku juga senang dengan ngeblog selain sudah hobi tapi juga menghasilkan.

  13. Rezeki dari blogging ini cukup unik. Aku ngerasain sendiri beda jalan rezeki dari lomba atau kerjaan. Di tahun 2018 aku lbh banyak dapat dari lomba. Ada sepertinya 10 lomba pada tahun itu yang berhsil kumenangkan. Di tahun 2019 justru dari job semua. Emang karena cuma ikut 5 lomba kalau gak salah, menang 2 ya alhamdulillah. Pokoknya menarik blogging ini.

  14. Namanya rezeki emang kadang ga diduga, walau belum lama seneng jadi blogger, ketemu teman teman baik & ilmu baru eh ko jadi curhat ^_^
    btw jadi blogger itu nyenengin, dan tulisan mas ari itu nampar saya banget, ngaku blogger tapi nulis males huhu mental blocknya harus dibuang jauh jauh nih

  15. Nomor dua titik titiknya harus apa tuh kak hihi. Kalau writers block ini bisa jadi karena jenuh ya jadi stuck, perlu manajemen waktu biar rileks dulu. Dan yak, jalan rezeki untuk bloger sekarang banyak sekali mediumnya, tinggal rajinin fokusnya πŸ˜€

  16. selalu dapet dan ngena gitu kalo mas Ari ngeup tulisan kayak gini, tengkyu mas buat sharingnya dan menjadi catatan sendiri kadang masih berlindung dibalik writers block padahal magerrr

  17. Tulisannya lengkap sekali, Mas. Saya sedang berusaha agar bisa membuat tulisan yang lengkap seperti ini.

    Bagi saya sendiri ngeblog memang menghasilkan rezeki dengan banyak jalan/cara. Alhamdulillah bisa memiliki penghasilan sendiri

  18. aku banyak sukanya, dukanya waktu taun 2017an 2018 sempet hiatus lama, sempet ga keurus blognya, sempetnya cuman BW aja.
    yang termasuk duka mungkin kayak kemarin ini, bid di website vira, ternyata kata kuncinya dialihkan ke hal lain, alhasil jadi mikir “keras” dan baca-baca, riset juga

  19. Huehehe kenapa ini relate banget sama aku sih “bahkan draft tulisan yang sudah ada poin-poinnya saja kadang tiba-tiba terasa seperti sampah.” Wiiih selamat atas kemenangannya mas Ari. Aku nyerah deh soal infograpis dan juga ngikut lomba blog, ciut duluan ehehe. Dan itu, iya sih bikin video buat youtube sekarang dipermudah dengan adanya smartphone, cuma untuk membuat konten video yang menarik dan berisinya itu aku kepayahan heee

  20. Kenal dunia blog udah lama, tapi jujur baru mulai buka mata ke job blogger tahun 2016, dan nggak nyesal sama sekali. Selain menulis untuk meringankan beban kepala, sekaligus dapat duit pula.

  21. Sama sih kak. Pentingikhlas. Kalo dikasih job juga dikerjain sungguh2. Kenal dunia perbloggeran juga makin kebuka wawasan. Ketemu orang baru dan semakin sdar juga kalau semakin keaini zaman makin maju.

  22. MasyaAllah, memang dari ngeblog banyaaaak sekali jalanrejekinya ya mbak. Tinggal gimana Kita aja carinya. Dan menurut ki yg paling penting itu bisa bikin target plus MEMENUHINYA. Jadi jangan jadi penunda pekerjaan

  23. Klo aku tipikal yg harus fokus mengerjakan satu hal dlu, Mas. Misal lagi fokus nulis artikel pesanan di luar blog, atau lagi nulis buku, blognya aku tinggalin dlu. Kayak bulan Maret kemarin karena ada job editing buku jadinya ngeblognya off dlu. Sekarang baru nulis lagi di sela-sela waktu.
    Untuk event offline aku memang menghindari (gak mau terlalu sering ke luar rumah) karena lebih suka kerja online aja.
    Jadi ya memang bener semua itu pilihan ya, Mas. Gak ada yg salah. Mau full boleh, paruh waktu pun oke.

  24. kalau aku rasa malas yg luar biasa hebat, target selalu dibuat untuk buat artikel per minggu tapi ada aja alasannya ga terpenuhi. emang ga ada obat lagi penyakitnya ini πŸ˜€

  25. Benar. Writer’s block beda tipis dengan malas. Ada 1000 alasan untuk berhenti saat tubuh ingin santai atau sedang tak ingin ngapa-ngapain.

    Kadang saya terjebak pada rasa malas menulis juga.

    • Aku kadang mengakali writer’s blocknya dengan pindah ke pekerjaan ngeblog yang lain. Misal tiba-tiba edit gambar buat infografis atau murni lihat video tutorial apapun.

  26. Aku ngeblog karena suka nulis ‘ga jelas’ alias orat-oret di buku.
    Blog sebagai pengganti media buku tulis.
    Belum pernah daftar job offline, karena sadar dengan kondisi diri πŸ˜€ .
    Nulis di blog juga masih typo, hiks.
    Dulu sempat rajin ngisi blog karena ingin ‘menaklukkan’ WordAds dari WordPress.
    Makasih tips nge-blognya, kakak Ari.

  27. Kadang susah bedain mana writer’s block mana yang beneran malas. Ini nih yang sering bikin aku ga gerak-gerak dalam nulis.
    Tapi kalau dijadikan kebiasaan dna dibikin target, lama-lama bakal terbiasa (harus terbiasa).
    Terima kasih kak, postingannya bermanfaat banget.

  28. Kalau mau jujur meski aku masih newbie dan punya pengetahuan dalam level paling bawah dalam dunia perbloggeran tapi dikit-dikit sudah bisalah menikmati hasilnya minimal gak minta beli baju lagi dari pakai. Hihihi

  29. Selama setahun aku ngeblog meski gak konsisten postingannya dan belum TLD, Alhamdulillah juga sudah menghasilkan lho mas. Oiya, Infografisnya bagus mas, bikinnya pakai apa? Bisa nih kayaknya diulas di postingan baru

    • Nulis aja mba.. mau di platform gratisan atau TLD. Tentunya sekalian nabung sedikit-sedikit dan kemudian beli domain … biar bisa buat ngejob lebih luas mba.

      Infografis dibuat pakai Adobe Illustrator mba. Tetapi pakai Corel, Canva atau InkScape juga bisa mba. Powerpoint atau sejenisnya juga bisa dipakai mba buat infografis.

  30. Awal aku ngeblog tahun 2007 waktu itu pas suamiku kerjanya remote dari rumah. Untuk mengisi waktu tapi malah dikenalkan dengan menulis artikel berbayar dari luar negeri. Eh sampai sekarang keterusan. Dari ngeblog malah bisa bekerja waktu itu fulltime jadi content writer padahal ya tulisan blog aku begitu aja hehehe

  31. Salut sama pekerja kantoran yang masih sanggup ngeblog. Aku kenal beberapa bloger yang langganan menang lomba padahal di kantor ya sibuk bekerja. Serius juga garap tulisannya walaupun blognya jadi kayak etalase isinya lomba semua, nyaris ga ada sentuhan kisah keseharian. Kalau sukanya jadi bloger ya enak bisa dikerjakan di mana saja, Mas. Bagian ga enaknya ya tentu saja soal keterlambatan pembayaran padahal bukan pegawai kantoran. Pernah juga diemail buat nulis blogpost tapi ga dibayar dengan berbagai alasan. Ya sudah, risiko karena enggak bisa ketemuan. Tapi tetap semangat, salah satunya ngelomba! πŸ™‚

  32. Aku happy jadi blogger, meskipun baru sejak 2017 tetapi aku merasakan kesenangan. poin 2 tentang writer block ini sering banget aku alami, dan poin 6 tentang info grafis aku akan berusaha membuat lebih mudah di pahami, senang bisa kenal blogger senior, salam dari Bali

    • kak, usia ngeblog nggak jaminan kualitas OK kak… Karena aku nggak ngulik apa-apa..
      btw.. Semoga sedikit tulisan ini bisa berguna buat pembaca ya .. πŸ™‚

  33. Bangga sebagai blogger yang meski masih banyak kurang tapi selalu ada progress..

    Aku masih inget bgt mas Ari. 2 tahun lalu blog ku ga ada yg dibanggakan.. Nulis kacau, artikel ga enak, ga ngerti masalah teknis, ga tau klo blog bisa ngasilin duit.

    Semua karena pertemanan yang baik sejak di fb grup dlu. Smpe skrg percaya klo byk temen byk rejeki.. Aku bisa tau klo blog bisa sepotensial ini krna temen2..

    Masih ada PR mau blajar trik tips adsense dll.. Bismillah.. Yuk terus berproses..

  34. hihihi… sebenarnya malas nulis, tapi cari pembenaran dengan bilang lagi kena writer’s blog.

    Iya nih, klien makin nuntut follower instagram dalam jumlah besar.
    Dulu follower belum 1000, pemberi job kasih persyaratan minimal follower 1000.
    Yes, follower udah 1000 lebih, eh pemberi job mempersyaratkan minimal follower 2000
    Alhamdulillah kini follower udah 2000 lebih, eh pemberi job mempersyaratkan minimal follower 5000

  35. Saya masih nulis sesuka hati, hii kibas jilbab.
    Belum bisa atur waktu antara urus urusan domestik, mengajar, dan nulis apalagi bikin infografis, duuh ini nih kerjaan yang paling sulit buat saya. Eh kok curcol hi-hi-hi

  36. Wow… Mas Ari sudah ngeblog sejak 2008. *sungkem sama senior, hehehe…
    Aku baru ngeblog dari tahun 2015, tapi masih angot-angotan juga sampe sekarang, soalnya belum full time ngeblog. Tapi dulu pertama kali dapat sponsored post dan menang lomba blog rasanya seneeeng banget.

  37. Alhamdulillah sudah dapat rezeki dari semua jalan di atas,kecuali yang vlogger..kwkwkw, aku belom pede di depan kamera Mas
    Dan setuju yang full time biasanya punya kesempatan lebih banyak untuk fokus optimasi blognya. Apalagi untuk job offline…Kalau di Jakarta (dia luar musim pandemi ini) hampir tiap waktu ada event. Jadi bisa ikutan, mau di hari kerja atau akhir pekan.
    Semoga makin sukses ngeblognya ya, Mas

  38. benar sekali mbak, jalan rejeki seorang bloger itu banyak, BeHangat.Com sendiri juga paham tentang itu namun untuk saat ini masih menggunakan Google Adsense aja dulu. dan baru belajar agar tahun depan bisa percaya diri untuk lomba blog. doakan saja semoga behangat.com bisa menang

  39. aq serius ngeblog baru setahun ini kak, dan dalam setahun emang banyak banget yang aq rasain dan aq dapetin. pertemanan sesama blogger, event bareng, jadi influencer, buzzer dll. bonusnya dapet materi buat jajan kaepci. hehe..

  40. Bener banget nih,bang untuk informasi tentang jalan rezeki blogger. Tapi saat sekarang masih banyak juga yang suka berebut lahan dan saling menjatuhkan. Padahal yah rezeki sudah masing-masing dan tergantung kualitas dan koneksi kalo oke pasti lancar jaya tuh jobnya.

    • Koneksi, aku percaya bahwa itu bisa dibangun kok mba. Aku pun masih anak kemarin sore di urusan ngejob, tapi minimal udah mulai sedikit-sedikit tahu gimana ngejob online… πŸ™‚

  41. Segitiga blogger ini meingatkanku waktu kuliah dulu. Memang mesti memilih sih, kalau mau bisa bagus di semua bidang, istirahat pasti akan dikorbankan. Time manajement itu penting banget disini.

    Kalau aku suka job yang offline sebenarnya mas, bisa datang ke event-event gitu seru aja rasanya, kenalan sama blogger lain. Sayangnya udah gak tinggal di ibukota lagi jadi jarang dapat job event

  42. Bener nih, banyak banget peluangnya, tinggal bagaimana kita bisa maksimalin atau tidak. Kalau ditekuni dunia blogger ini cukup menjanjikan juga penghasilannya.

  43. Alhamdulillah Dewi percaya banget jalan rejeki itu ada. Awalnya Dewi buat blog banyak tulidan organik yang buat DA lgsg naik dan saling tuker backlink, blm sempat promosi alhamdulillah dihubungi klien. Saat ini belum bisa fokus ikut lomba karena masih ngurusin dunia nyata yang begitu menyita waktu. Alhamdulillah jg bisa ketemu teman2 blogger jadi masih sempat kobarkan semangat untuk terus menulis, termasuk membaca blog teman-teman dengan seksama:)

  44. Masyaallah, Alhamdulillah. emang rezeki tuh bisa banget di cari dari jalur mana aja ya mas. Kadang blog hanya iseng berbagi eh ikut lomba malah jadi menang. masyaallah. berkah selalu rezekinya mas. Aamiin.

  45. Benar banget. Saat saya dikejar-kejar deadline harus setor artikel bertarget rasanya kerjaan lain tidak rampung,tidur kurang. Sepertinya saya harus cari strategi yang tepat.

    • Skala prioritas, sepertinya memang jadi solusi satu-satunya. Kemudian, bagi part time blogger macam aku nih, nggak boleh ngambil porsi ngeblog yang banyak-banyak… kalau tidak, waktu istirahat yang bakalan kurang banget …

  46. Wuah tjakep no infografis nya mas.. aku masih berjuang untuk ngutak atik infografis sebagus ini hahahaha. Btw, selamat sekali lagi ya utk kemenangan kemarin. Semoga ke depan bakalan lebih banyak lagi menangin lomba. Amin amin

  47. Memang kak, jalan rezeki udah diatur yang punya kuasa termasuk ngeblog. Aku yang baru terjun ngeblog 6 bln dan blank tulis menulis kecemplung juga. Terus coba nulis yg bersifat event, terus sok ikutan lomba, eh masuk group yang dapat banyak ilmu. Kebuka jalan rezeki. Semoga sie tetep konsisten nulis dan memperbagus tulisan yang manfaat, dan semoga bisa menang blog kategori tulisan terbaik wkwkwk.

  48. Wawah…mulai mempercantik infografis nih. Aku masih lama ini bikin-bikin infografis. Akhirnya pexel lagi pexel lagi…Bener sih, aku ya segitiga itu sih sekarang. Tambah nulis buku sih. Tapi belum nulis lagi iniii…

  49. Aku sukanya ngeblog karena bener-bener bisa ngatus sendiri, kreasi sendiri sama kerjaan. Plus ada cuan tambahan tanpa perlu ninggalin anak di rumah. Masih bisa sambil ngerjain yang lain. Suka deh. Dukanya yaitu bener waktu tidur berkurang hiks. Tapi kalau udah capek banget yaudah aku tidur dulu daripada sakit rumah nanti jadi kapal pecah wkwkw

  50. Writers Block adalah MITOS!!

    Sya percaya Writers Block adalah mitoz. Tapi kok ya pernah ngalamin in8 berkali-kali yaa… Akhirnya yg harus dikelola lingkungan sekitar supaya bisa membunuh Writers Block, dan menumbuhkan mood menulis..

    Sya ngeblog sudah lama, tapi saya kurang berproses.. jadi kayaknya jalan blogger ku masih panjang nich mas… saat ini masih berusaha memaksimalkan blog yang ak punya… SemangART πŸ™‚

  51. Writer block ini yang sering saya alami. Sudah duduk manis di depan laptop tapi satu kalimat tidak berhasil ditulis😁😁

    Wah ternyata penghasilan dari blog itu banyak ya….
    Harus semangat ngeblog nih, semoga jalan rejeki dari blog semakin terbuka lebar..

  52. Wah sama kita Mas Ari kita ngeog dr tahun 2008, eh bahkan 2006. Dari tulisan alay ga jelas EYDnya apa. Tapi bedanya Mas Ari telaten, aku menulis cm iseng aja. Nah karena skrg jadi IRT pengen semangat nulis kebaikan di blog.

    Wah ternyata gabung dk WAG blogwalking menambah banyak khazanah, bisa monetasi segala macem yang harus di googling lg. Baca tulisan Mas jadi lebih dalem ngertinya, semoga bisa nulis kaya Mas Ari jg bisa ada daftar isinya haha. Harus hijrah dlu ke wp

  53. Wah, benar sekali nih bahwa disetiap blogger ada jalannya sendiri-sendiri untuk mendapatkan penghasilan dari ngeblog tersebut.

  54. Dulu aku bikin blog murni pengen berbagi dan curhat aja sih. Terus seiring waktu dtg tawaran CP, SP, dan lainnya.. Alhamdulillah bener tyt blogger itu bisa menghasilkan pundi2 juga ya.

  55. Saya harus ingat betul tulisan ini untuk menyemangati diri. Hal yang sampai sekarang belum maksimal saya lakukan adalah menghindari rasa malas dan belajar untuk menghias foto atau apalah itu istilah kerennya hihi makasih ya artikelnya bermanfaat banget

  56. Nah ini yang masih harus diperjuangkan melawan writer’s block, yang masih jahat mengganggu mood menulis.

    Next bikinin artikel tentang bagaimana menghadapi dan melawan writer’s block

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 5 Skill Terpendam #DiRumahAja yang Akhirnya Muncul dan Kamu Kuasai
  2. Cara Membuat Blog WordPress yang Mudah Dan Praktis untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*