Tips Kelola Katering Makanan Sehat, Peluang di Bulan Puasa!

Pinjaman dengan Bunga Rendah

Bulan puasa, enaknya buka usaha apa ya? Alih-alih membuka bisnis jualan kue atau menu takjil, kamu bisa coba ide usaha lainnya. Misal, usaha katering makanan sehat yang modalnya bisa kamu dapatkan melalui pinjaman KTA

Sekarang ini, tren hidup sehat sedang berkembang sehingga bisnis katering menyehatkan potensial mendatangkan cuan. Mengutip dari CNBC Indonesia, pebisnis yang pernah mencoba bisnis ini pun mengaku pernah mencapai keuntungan yang fantastis hingga 500%. 

Tips Sukses Mengelola Bisnis Katering Makanan Sehat

Tertarik memulai usaha katering sehat? Temukan kunci rahasia suksesnya bisnis tersebut dengan menerapkan sejumlah tips berikut. 

  1. Tentukan Target Market

Pola gaya hidup sehat belakangan ini jadi tren di kalangan anak muda, kelompok yang bisa kamu jadikan target pasar bisnis katering sehat. Dengan menetapkan target market, kamu bisa meracik strategi bisnis yang lebih matang terutama dari segi menu dan marketing

  1. Merancang Nama Brand Katering Sehat

Ciptakanlah nama brand yang bukan sekadar unik atau menarik, tapi juga menggambarkan persona dari katering sehat tersebut. Maksudnya, ciri khas yang ingin ditonjolkan dari bisnis ini sehingga mudah dikenali konsumen. 

  1. Riset Menu Katering

Menu makanan yang sehat tidak berputar pada masakan yang bersayur, minim penggunaan minyak, atau tidak mengandung MSG. Buat kamu yang tidak begitu familiar dengan berbagai menu makanan sehat, sangat disarankan untuk riset terlebih dahulu. 

Soalnya, makanan sehat tidak hanya ditentukan dari jenis masakan atau bahan yang digunakan. Namun, teknik memasaknya juga turut diperhitungkan karena berhubungan dengan nutrisi yang terkandung dalam makanan.

  1. Dapatkan Supplier Bahan Baku yang Tepat

Lakukan riset terlebih dahulu dan pilihlah supplier yang bisa kamu percaya dari segi kualitas serta harganya lebih terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa menjual menu katering sehat dengan harga yang relatif murah tapi kualitasnya juga oke. 

Sebaiknya, dapatkan supplier lebih dari satu untuk berjaga-jaga semisal ada bahan baku yang ternyata tidak tersedia di penjual tersebut. 

  1. Buat Rincian Kebutuhan Bisnis

Bicara soal katering, pastinya tidak lepas dari kebutuhan bahan baku, peralatan memasak, dapur, kemasan produk, gaji karyawan, dan sebagainya. Susunlah semua kebutuhan bisnis tersebut secara detail untuk memudahkan kamu dalam memperhitungkan biaya keseluruhan. 

  1. Persiapkan Modal

Lagi-lagi, modal akan selalu jadi hal utama dalam bisnis. Jika ingin segera memulai usaha ini, kamu dapat memanfaatkan pinjaman KTA. Tak tanggung-tanggung, modal yang ditawarkan dari pinjaman tersebut bisa mencapai Rp200 juta. Jumlah yang sangat mencukupi untuk buka usaha katering sehat. 

  1. Perhatikan Rasa, Kebersihan, dan Kualitas Makanan

Mau usaha katering sehat kamu sukses? Pastikan cita rasanya enak, kualitas makanannya terjamin, dan kebersihannya terjaga. Soal rasa adalah hal paling utama yang harus diperhatikan karena itulah yang akan pertama kali memikat konsumen. 

  1. Promosi Bisnis di Berbagai Channel

Manfaatkan saja media sosial untuk mempromosikan bisnis katering sehat tersebut. Caranya, buatlah konten-konten yang menarik dan persuasif sehingga menarik atensi audiens untuk mencoba katering sehat tersebut. 

Bisa juga menggunakan pinjaman KTA yang kamu miliki untuk bekerja sama dengan influencer atau melakukan promosi secara langsung. Misalnya, memasang banner, baliho, atau menyebarkan brosur di kost-kostan, area perkantoran, sekolah, dan lainnya.

  1. Jaga Konsistensi Pelayanan dengan Baik

Mau bisnis kamu tetap sustain kedepannya? Tipsnya, berikan pelayanan terbaik agar konsumen puas dan mau datang lagi. 

Analisa Biaya Buka Usaha Katering Menggunakan Pinjaman KTA

tips kelola katering makanan sehat saat puasa salah satunya adalah modal tepat melalui pinjaman KTA

Kira-kira, berapa total biaya yang diperlukan untuk pengembangan usaha katering sehat ini? Apakah dengan menggunakan KTA, pinjaman dengan bunga rendah tersebut mencukupi? Temukan jawabannya berikut ini. 

  1. Estimasi Biaya Peralatan

Secara garis besar, peralatan yang dibutuhkan untuk buka usaha katering sehat diantaranya dapur, peralatan memasak, kompor gas beserta tabungnya, wadah untuk masakan, dan lainnya. 

Mengutip dari berbagai sumber, apabila dirinci nominalnya bisa mencapai Rp9 juta – Rp20 juta. Hal ini tergantung dari kualitas dari peralatan yang digunakan. 

  1. Estimasi Biaya Bahan Baku

Untuk bahan bakunya sendiri terdiri dari beras, berbagai jenis lauk pauk, bumbu-bumbu, sayur-sayuran, kemasan makanan, dan sebagainya. Dalam perhitungannya, diestimasikan akan menghabiskan biaya sekitar Rp30 juta – Rp40 juta jika dikalkulasi selama satu bulan. 

  1. Estimasi Biaya Sewa Tempat, Listrik, Gaji Karyawan, dan Lainnya

Jika dapur di rumah kamu cukup untuk memasak dalam porsi besar, maka kamu tak perlu repot menghabiskan modal dari pinjaman dengan bunga rendah untuk sewa tempat. Selain itu, kamu juga perlu memperhitungkan biaya lain seperti listrik, gaji karyawan, dan keperluan lainnya. 

Diperkirakan keseluruhan biaya tersebut membutuhkan dana sekitar Rp35 juta – Rp50 juta. Hitungannya bisa dipengaruhi dari jumlah karyawan, besarnya penggunaan listrik, transportasi untuk pengantaran catering, dan lain-lain. 

Berdasarkan estimasi tersebut, maka modal yang dibutuhkan untuk kembangkan usaha katering sehat ini perkiraan mencapai Rp100 juta – Rp120 juta. Modal tersebut sebenarnya bukanlah nilai yang begitu besar, karena pinjaman KTA sendiri menyediakan dana hingga Rp200 juta. 

Ingin Kembangkan Usaha Katering Sehat? Gunakan digibank KTA

Ada banyak kemudahan dan manfaat yang bisa kamu nikmati jika mengajukan pinjaman dengan bunga rendah melalui digibank KTA. Berikut keuntungan yang bisa nasabah peroleh.

  • Selama 24 Jam Pelayanan Terbuka
  • Cukup 60 Detik Approval
  • Semua Berkas Dokumen Berupa Digital
  • Bebas Mengatur Jumlah Pinjaman
  • Pencairan Dana Sampai Rp200 Juta
  • Cicilan Pinjaman Maksimal Hingga 36 Bulan
  • Persyaratan Mudah (domisili Jabodetabek, Semarang, Bandung, atau Surabaya, punya e-KTP dan NPWP, serta gaji minimum Rp5 juta)

Dengan banyaknya keuntungan yang ditawarkan, tidak mengherankan jika digibank KTA adalah pilihan tepat untuk mengajukan pinjaman. Semua proses pengajuan juga bisa kamu akses secara praktis melalui Aplikasi digibank by DBS. Segera ambil peluang untuk memulai usaha dengan menggunakan pinjaman KTA. Jika berminat, langsung saja akses informasi selengkapnya di sini.

About arigetas 414 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*