Yuk Kenalan Sama Cabai Hiyung, Bintang Pedasnya Favorit Keluarga Indonesia

beda cabai hiyung dengan cabai biasa

Penyuka pedasnya sambal pasti tidak bisa lepas dari namanya cabai. Dari sekian banyak jenis cabai yang beredar di masyarakat, tahukah kamu ada berapa jenis cabai yang biasa di ulek dijadikan sambal? Kali ini kita akan bahas tentang Cabai Hiyung yang secara nggak sadar pasti sudah pernah kamu konsumsi.

Asal Mula Cabai Hiyung

Tak kenal maka tak huhah, kalau bicara tentang cabai khususnya jenis cabai rawit. Sebut saja ada rawit setan misalnya, yang pedasnya nyos tetapi tahukah kamu bahwa di sambal terbaik botol pun tidak sembarangan menggunakan jenis cabai, tetapi hanya menggunakan cabai berkualitas.

Masyarakat Indonesia tentu sangat familiar dengan budidaya tanaman cabai, mulai dari yang ditanam di pot, polibag, teras rumah, hingga ke petani yang menanam di ladangnya. Tak heran, karenanya Indonesia merupakan negara penghasil cabai terbesar keempat di dunia lho.

Tanaman cabai secara umum memiliki cita rasa pedas yang unik, yang dihasilkan dari senyawa capsaicin yang mampu menghadirkan sensasi panas, terbakar, atau pedas ketika bersentuhan dengan jaringan tubuh kita.

Tapi tahukah kamu, kalau sebenarnya rasa pedas di dalam biji cabai ini awalnya bertujuan sebagai pertahanan diri si tanaman cabai, yang berguna untuk menghalau pengganggu dari luar?

Uniknya, rasa pedas dari cabai ini justru menjadikan rasa makanan menjadi lebih berselera bagi kita, ketika cabai dijadikan saus dan dicocol ke makanan.

Apa Beda Cabai Hiyung dengan Cabai Biasa?

Secara botani, Cabai Hiyung yang memiliki nama latin Capsicum frutescens ini ditanam secara lokal saja di desa Linuh, yang kemudian ditanam, dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan tepatnya di Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan.

Budidaya Cabai Hiyung di Kalimantan Selatan ini sudah termasuk selangkah lebih maju, dengan menggunakan mulsa berupa rumput rawa pada bedengan. Mulsa ini mampu menekan pertumbuhan gulma dengan lebih baik, serta menjaga kelembaban tanah yang ideal bagi pertumbuhan dan perkembangan Cabai Hiyung.

Cabai Hiyung; Salah Satu Resep Rahasia Pedas dan Lezatnya Sambal ABC

Apa yang menjadikan Sambal ABC yang terasa bukan sambal biasa seperti yang lain, karena rasa pedas otentiknya yang salah satu resep rahasianya berasal dari Cabai Hiyung. 

Nah, apakah kamu sekarang sudah tahu nih salah satu rahasia dari Sambal ABC, kenapa sambal botolnya terasa unik, enak dan menjadi pilihan keluarga Indonesia?

My Spice My Way!

Ada 5 Varian Sambal ABC, Mana Favoritmu?

Sambal ABC merupakan sambal botol yang praktis dan cocok dengan makanan apapun yang dicocolkan. Buat kamu penyuka cemilan tahu goreng, tempe goreng, hingga ke pisang pun bisa banget dicocol ke Sambal ABC.

Kalau saya, paling suka makan ayam goreng dengan nasi hangat, kalau dicocolnya kalau nggak yang varian sambal ayam goreng, ya yang varian extra pedas. Kalau untuk cocolan ke gorengan, anak saya nih paling suka pakai yang manis pedas yang bikin susah berhenti ngemil. Ahahahaha.Produk Sambal ABC saat ini ada 5 varian yaitu Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Manis Pedas, Sambal Bawang Pedas, dan Sambal Ayam Goreng yang ada di berbagai toko terdekat maupun di official store  e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan Blibli. Klik link berikut ini untuk tau info menarik lainnya!

About arigetas 414 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

  1. Kalau makan nggak ada cabai rasanya gak lengkap, kalau susah cari sambal tinggal beli sambal ABC botol, kalau yang favorit malah ABC sambal terasi

  2. Banyak banget varian cabe tapi saya susah membedakan jenis-jenisnya. Saya tahunya hanya cabe rawit, cabe merah, dan cabe hijau. Turunan-turunan varian di bawahnya enggak begitu paham.

    Andalan pisan sih Sambal ABC Extra Pedas buat stock di rumah karena hampir setiap pagi Ibuk beli sarapannya yaitu gorengan. Padanan yang pas pokoknya, gorengan dan sambal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*