6 Jurusan Kuliah yang Pas untuk Anak IPA

Jurusan kuliah untuk anak IPA beragam dan akan menentukan karir di masa depan
Sumber: suaramuslim.net

Untuk kamu yang baru lulus SMA biasanya ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Tentu pemilihan jurusan saat kuliah itu penting, terutama untuk anak IPA. Cukup banyak Jurusan kuliah untuk anak IPA yang menjadi favorit dan memiliki prospek kerja yang bagus.

Memilih jurusan kuliah tentu harus sesuai dengan minat dan bakat agar nanti saat kuliah, kamu tidak merasa salah jurusan.

Jurusan Kuliah Paling Favorit Untuk Anak IPA

Ada beberapa jurusan yang menjadi favorit anak SMA jurusan IPA yang nantinya akan melanjutkan. Simak berikut ini siapa tahu bisa menjadi rekomendasi untuk kamu.

1. Ilmu Gizi

Jurusan IPA tentu erat kaitannya dengan kesehatan, kamu bisa memilih jurusan lmu Gizi jika memiliki minat di bidang tersebut. Ilmu ini juga mempelajari tentang pertumbuhan manusia dan produktivitasnya, juga kualitas manusia.

Selain itu jurusan ini juga belajar tentang ekonomi, pertanian hingga sosial budaya.

Prospek kerja jurusan ini juga bagus yaitu kalau bisa menjadi Ahli Nutrisi hingga Praktisi Keluarga dan Umum.

2. Farmasi

Untuk kamu yang tertarik dengan dunia obat-obatan bisa memilih jurusan farmasi. Di jurusan ini kamu belajar tentang struktur senyawa obat dan juga cara sintesisnya. Selain itu kamu juga dituntut untuk bisa mengolah obat yang layak dikonsumsi manusia.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran kimia. Adapun prospek kerjanya kamu bisa menjadi Apoteker, Spesialis Kimia hingga Dokter.

3. Teknologi Pangan

Di Teknologi Pangan nantinya diajarkan mengenai produksi makanan hingga keamanannya saat dikonsumsi bagi. Apakah makanan memenuhi kebutuhan gizi, anak jurusan Teknologi Pangan juga harus paham soal ini.

Selain itu, ilmu ini juga mengarah kamu untuk mengenal efek sosial dari makanan yang dikonsumsi manusia.

Untuk prospek kerja dari jurusan ini adalah Peneliti dan Ahli Teknologi Pangan hingga Quality Control.

4. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri ini banyak dipilih oleh anak IPA. Nanti di jurusan ini, yang kamu pelajari adalah tentang cara menganalisa permasalahan industri hingga mencari solusinya. Kamu juga akan mempelajari teknik dari industri serta manajemen perusahaan industri.

Untuk prospek kerjanya juga cukup bagus. Kamu bisa menjadi spesialis industri, bagian pengendalian mutu hingga HSE.

5. Ilmu Kehutanan

Di jurusan ilmu kehutanan kamu akan mempelajari tentang seluk beluk dunia kehutanan. Mulai dari ekosistem hutan, satwa, tumbuhan, tanah hingga perlindungan hutan. Jurusan ilmu kehutanan tentu juga mempelajari tentang manajemen hutan.

Untuk peluang kerja kedepannya kamu bisa memiliki karir di lembaga riset, kementerian, dan sektor pariwisata.

6. Ilmu Keperawatan

Ini juga salah satu jurusan yang menjadi favorit orang-orang terutama perempuan. Ilmu ini lebih mengarah ke bagaimana cara melayani pasien yang baik. Selain itu Ilmu Keperawatan juga belajar tentang teori keperawatan, yang lebih memprioritaskan kepedulian sosial.

Untuk peluang kerjanya cukup banyak, mulai dari perawat di rumah sakit hingga membuka praktek sendiri.

Demikian beberapa jurusan kuliah untuk kamu anak jurusan IPA yang mungkin cukup bingung ingin memilih jurusan yang mana. Ke-6 jurusan di atas selain menjadi favorit prospek kedepannya juga cukup bagus untuk karir kamu.

Untuk kamu yang berkeinginan untuk masuk ke Universitas Swasta yang bagus, sudah ada President University, sekarang tepat sekali waktunya. Karena pendaftaran President University sudah dibuka.

Uniknya pendaftaran kuliah 2020 bisa kamu lakukan secara online melalui goKampus. Jadi sekarang pendaftaran kuliah sudah tidak susah lagi karena ada aplikasi ini.

Dengan aplikasi goKampus, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar beasiswa dan cara mendaftar beasiswa.

About arigetas 220 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*