Syarat Desain Pagar Rumah Minimalis

Desain pagar rumah minimalis tahun 2021 sesuai dengan fasad rumah

Pagar rumah, mempunyai dua fungsi yaitu fungsi estetika dan fungsi keamanan. Fungsi keamanan sudah jelas, yaitu untuk menahan pihak yang ingin masuk ke dalam area halaman atau teras rumah. Adapun fungsi estetika, adalah bagaimana memberikan penguatan kesan terhadap desain dari rumah itu sendiri. Minimalis, adalah salah satu jenis pagar rumah yang populer bahkan di tahun 2021. Berikut desain pagar rumah minimalis yang bisa anda pilih untuk kediaman anda.

Cara Memilih Desain Pagar Rumah Minimalis

Dalam memilih desain pagar rumah agar tampak minimalis, berikut beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan:

  1. Bahan pagar.
    Apakah anda akan menggunakan besi, kayu, ataupun kombinasi keduanya sebagai bahan pembuat pagar. Jenis bahan menentukan kekuatan dan keawetan pagar anda. Apabila dana tidak cukup banyak, sebaiknya memilih bahan besi sehingga awet dan minim perawatan. Untuk bahan kayu, sebaiknya menggunakan yang kualitas tinggi sehingga awet. Hanya saja, bahan kayu kualitas tinggi tersebut bisa jadi lebih mahal daripada besi. Selain kayu dan besi, anda bisa mengkombinasikan antara pagar batu alam dengan kayu dan besi. Semakin sedikit jenis bahan yang anda pilih, maka akan lebih tampak minimalis.
  2. Warna pagar.
    Sebagai bagian dari desain pagar, warna memainkan peranan penting. Ketika anda akan membuat pagar bertema minimalis, maka permainan 1 warna menjadi langkah bagus. Warna hitam, putih atau coklat tua menjadikan pagar besi minimalis anda terlihat nyaman. Adapun untuk kombinasi bahan pagar besi dan kayu, permainan 2 warna misal hitam untuk rangka besi dan warna kayu alami akan terlihat manis.
  3. Bentuk pagar.
    Dalam membuat bentuk pagar untuk tema minimalis, maka tidak boleh terlalu banyak ornamen yang ada di pagar. Bentuk bilah pagar berupa bilah vertikal panjang yang disusun agak rapat adalah yang paling minimalis. Anda bisa menambahkan sedikit ornamen misalnya bentuk daun atau pentuk pagar horizontal di bagian bawah pagar. Semakin minim ornamen yang anda pasang pada pagar, maka akan semakin nyaman dipandang mata.

Selain bahan, warna, dan bentuk pagar, agar pagar minimalis anda tidak kaku, sangat direkomendasikan dengan menambah tanaman hijau di balik pagar. Selain membuat lebih cantik, adanya warna hijau dedaunan akan membuat tampilan lebih segar.

Sumber referensi:
https://polarumah.com/pagar-rumah-minimalis/

About arigetas 286 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*