Mengenal Vaksin Sinochem Untuk Pengendalian COVID 19

mengenal vaksin sinochem covid 19 corona dan bedanya dengan vaksin sinovac

Tahun 2020 bagi sebagian besar orang merupakan tahun yang kalau bisa, direset ataupun didelete dari memori. Tak lain karena adanya pandemi akibat virus corona alias COVID 19, yang kemudian meluluh lantakkan mimpi dan target nyaris semua orang. Pada bulan Desember 2020, setelah sekitar 10 bulan pandemi, pemerintah Indonesia telah mendatangkan vaksin COVID 19. Yuk, kita mulai mengenal vaksin Sinochem yang membuka harapan bagi kita semua.

Yuk Mengenal Vaksin Sinochem vs Vaksin Sinovac

Sebelum lebih lanjut membahas, banyak diantara kita yang membaca atau menonton berita perihal vaksin Sinovac. Kemudian, ada tulisan ini yang membahas tentang vaksin Sinochem.

Apa sih, beda Vaksin Sinochem dan Vaksin Sinovac itu?

Apa Itu Vaksin Sinochem

Sinochem, adalah nama vaksin yang telah diimpor pemerintah Indonesia dan telah tiba di tanah air pada bulan Desember 2020 ini. Vaksin Sinochem merupakan salah satu dari total 10 vaksin yang memasuki uji klinis fase III yang direstui oleh badan kesehatan dunia alias World Health Orgabization (WHO).

Pada akhirnya nanti, ketika vaksin sinochem ini lolos uji klinis fase III, maka akan segera diajukan untuk digunakan skala luas dengan status darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

Apa itu Vaksin Sinovac

Lantas, publik mungkin akan bingung dengan sinovac atau vaksin sinovac, seperti yang sering muncul di berita bukan? Nah, Sinovac merupakan perusahaan pembuat vaksin Sinochem. Lengkapnya, vaksin sinochem diproduksi oleh Sinovac Biotech Ltd., sebuah perusahaan bioproducts yang berada di kota Beijing, China.

Merujuk pada artikel boardroom, Sinovac Biotech Ltd. ini merupakan perusahaan pertama yang mengantongi izin uji klinis terkait pencegahan SARS. Karenanya, performa perusahaan ini termasuk sudah profesional.

Orang menyebut vaksin Sinovac, maksudnya adalah vaksin COVID 19 produksi Sinovac Biotech Ltd.

Jangan bingung atau kebalik, ya.

Apakah Vaksin Sinochem Itu Obat?

Ketika kita berbincang dengan masyarakat awam, misalnya di grup WhatsApp keluarga besar misalnya, bisa jadi ada yang menyampaikan bahwa dengan adanya vaksin sinovac alias vaksin sinochem artinya sudah ada obat corona alias obat COVID 19.

Ketika kita mengetahui ada pembicaraan tersebut, sebaiknya kita menengahi dengan bijak. Sampaikanlah bahwa vaksin tidak sama dengan obat. Vaksin merupakan suatu zat yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia untuk memicu terbentuknya kekebalan tubuh (antibodi) terhadap suatu penyebab penyakit.

Dengan diberi vaksin A, maka seseorang akan lebih tahan terhadap serangan penyakit A. Kalaupun terinfeksi dan sakit A, secara umum seseorang yang sudah divaksinasi A tersebut tidak akan separah kondisi apabila belum divaksin.

Adapun obat, adalah zan kimia yang dikonsumsi untuk menyembuhkan suatu penyakit. Sampai di sini sudah jelas ya, vaksin adalah untuk pencegahan (preventif), sedangkan obat untuk mengobati (kuratif).

Halodoc Sumber Informasi Kesehatan Terkini

Setelah mengetahui perihal vaksin sinochem dan sinovac, masyarakat tentu ingin mendapat informasi yang valid terkait penyakit manusia bukan? Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah ada Halodoc yang tidak hanya menyajikan artikel terkait kesehatan yang selalu update, tetapi juga mempunyai apps yang bisa diinstall di smartphone anda.

Laman web halodoc

Dengan halodoc, anda bisa mudah mendapatan informasi terkait kesehatan yang ingin anda ketahui. Sebagai contoh, pada gambar di atas saya mencoba mengetikkan kata kunci “vaksin corona”, bahkan sebelum saya menekan tombol “cari”, sudah ada saran artikel lain yang terkait vaksin.

Yuk, peduli kesehatan diri sendiri, keluarga dan orang lain ya. Tetap terapkan gerakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

About arigetas 286 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*