Cara Mudah Tarik Tunai di Thailand

Buat kamu yang sedang jalan-jalan atau sekolah di Thailand, mungkin kamu kehabisan uang Baht, tetapi yang kamu punya hanya kartu ATM BCA, BNI atau bahkan Bank Daerah. Lantas, kamu bingung gimana cara tarik tunai pakai kartu ATM tadi di Thailand karena takut gagal tarik? Atau takut kena rate yang mahal? Gak usah khawatir!

Jalan-jalan di ke temple cantik Thailand itu menyenangkan

Tarik Tunai di Thailand itu MUDAH

Syarat utama untuk menarik uang Baht di Thailand pakai kartu ATM dari bank Indonesia itu mudah. Kamu bisa pakai semua mesin ATM bank di Thailand. Kartu ATM kamu musti ada logo Maestro, Cirrus atau MasterCard. Tentu saja, syarat lain adalah kamu ada uang rupiah di dalam rekening yang mana kartu tersebut terdaftar dong ya. Dan, kamu ada di Thailand 😀

Aku dulu sudah menuliskan beberapa tulisan mengenai uang rupiah yang terpotong saat melakukan penarikan uang Baht di mesin ATM bank-bank di Thailand. Tentu dengan seiringnya berjalannya waktu, nilai Rupiah, Baht dan USD pasti berfluktuasi.

Kali ini, aku akan share ke kalian, berapa sih uang rupiah kita yang kepotong saat tarik uang Baht di Thailand pada bulan akhir tahun 2019 ini, pakai kartu ATM BCA di mesin ATM SCB.

rupiah yang terpotong saat tarik tunai di Thailand pakai kartu ATM BCA

Pada gambar di atas, saya melakukan penarikan 10 ribu Baht, dan uang yang terpotong adalah Rp5.043.895 plus Rp25.000 adalah Rp5.068.895. Kalau dibagi 10.000 Baht, maka per 1 Baht adalah setara Rp506,89.

Angka tersebut berbeda sekitar 50 rupiah per 1 Baht dengan rate THB ke IDR versi Google. Akan tetapi, dalam kondisi perlu uang Baht segera di negara orang, perbedaan 50 rupiah per 1 Baht itu bukanlah hal yang perlu diributkan.

Murah mana antara tarik cash dan tukar di money changer?

Pertanyaan di atas sering menghinggapi pikiran pelancong, terutama buat kamu yang berkantong rada tipis bukan? Kalau kamu punya banyak waktu untuk mengunjungi money changer yang tersebar di banyak tempat di Thailand, maka kamu boleh mempertimbangkannya.

Hanya saja, perbedaan manfaat nilai rupiah yang kamu dapatkan tu biasanya nggak sebanding dengan usaha kamu jalan kesana kemari ke banyak money changer. Apalagi, kalau kamu cuma narik uang 10 ribu Baht.

Happy traveling ya buat kamu 🙂
Jangan lupa belikan oleh-oleh untuk yang tersayang di rumah!

kredit foto: Thailand guide dan screenshot rekening pribadi

About arigetas 219 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*