Produktif Ngeblog Saat Pandemi Korona itu Mudah

mulai ngeblog saat pandemi korona untuk tetap menghasilkan uang

Saat ronda malam minggu, aku ngobrol dengan tetangga satu regu perihal efek pandemi korona, yang tak terasa sudah memasuki bulan ketiga di Indonesia. Ada tetangga yang mengeluh bahwa makin kesini, tiap bulan gaji dipotong semakin banyak. Ada pula yang sudah 2 bulan ini kerja serabutan karena sudah diberhentikan dari kerja utamanya. Kalau aku? Alhamdulillah, aku masih diberi keleluasaan kerja kantoran sekaligus makin produktif ngeblog saat pandemi korona ini.

Kenapa Harus Produktif Ngeblog Saat Pandemi Korona?

Apakah kamu tahu, bahwa ngeblog itu tidak hanya sekedar menulis di media online? Ngeblog bisa berarti kamu curhat hore, membagikan pengetahuan yang berguna untuk masyarakat hingga bisa jadi jalan rezekimu lho.

Pandemi korona mengakibatkan semua lapisan masyarakat untuk menjalankan PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang mengakibatkan banyak dari kita bekerja dari rumah. Ngeblog, merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan sambil bisa meraih cuan dari dalam rumah kamu.

Caranya bagaimana sih untuk memulai ngeblog?

1. Tentukan Niche Blog Kamu

Pernah dengar atau baca tentang blog gado-gado? Itu artinya blog yang isinya campur aduk aneka jenis postingan ada di situ. Ada postingan teknologi, ada juga postingan fashion hingga curhatan terdalam. Blog yang sedang kalian baca ini, adalah contoh blog gado-gado yang sebenarnya.

Keuntungan blog gado-gado adalah bisa membahas apa saja.

arigetas.com

Selain gado-gado, kamu juga bisa banget membangun suatu blog yang fokus membahas satu jenis tema postingan alias niche. Misalnya, kamu bisa membuat blog niche pendidikan yang segala isinya adalah tentang tips kuliah, beasiswa hingga cara menulis jurnal ilmiah.

Apapun pilihan niche kamu, itu tidaklah masalah. Kenapa? Karena blogger merupakan sesuatu profesi yang sifatnya selalu belajar dan dinamis. Setelah memulai menulis blog, lambat laun kamu akan menemukan bahwa diri kamu nyaman di blog gado-gado atau fokus di satu niche yang kamu minati.

2. Pilih Platform Blog Yang Cocok Buat Kamu

Setelah tahu kamu mau menulis tentang apa, selanjutnya kamu harus punya blog tentunya. Cara membuat blog mudah dan sederhana, sangat bisa kamu pelajari sendiri, tanpa perlu membayar teknisi atau konsultan. Kamu tidak perlu takut mencoba ya.

Mungkin awalnya, kamu bakalan galau memilih antara ngeblog di platform gratisan atau yang berbayar? Eits, tenang. Kebingungan kamu belum selesai kok. Karena kamu juga musti memilih CMS blog apakah pakai Blogspot atau WordPress.

Pertanyaan WordPress vs Blogspot adalah salah satu pertanyaan abadi, yang jawabannya bisa beda untuk tiap orang.

arigetas (2020), yang seneng lihat banyak blogger migrasi dari Blogspot ke WordPress.

Jadi kalau kamu tanya ke aku, pakai CMS ngeblog yang mana? Dengan mantap aku jawab: WordPress.

3. Pilih Nama Domain Yang Kamu Banget

Niche blog sudah ada. CMS udah nemu. Nah saatnya kamu memilih nama buat blog kamu. Nama ini ya memilih nama blog plus domain TLD yang kamu rasa paling pas.

Menggunakan domain TLD ini, menunjukkan bahwa kamu serius dalam ngeblog, lho!

Misalnya kamu fokus ngeblog di niche otomotif, maka kamu memilih nama domain ngebutz.com daripada brokoly.com. Oh iya, perkara Top Level Domain (TLD), kamu ngga usah bingung. Kalau kamu pengan main aman, ya beli aja domain .com. Kalau kamu mau yang lebih Indonesia, kamu bisa beli domain .id sehingga lebih unik.

Selain beda di sisi unik dan personalnya, beda domain TLD biasanya beda harga juga. Omong-omong, kalian mau tau dimana bisa dapat Domain Gratis? Klik aja tautan tadi dan temukan jawabannya disana ya.

4. Lancar Ngeblog Saat Pandemi Korona Pakai Hostingan yang Reliable

Setelah nemu domain yang “kamu banget”, maka saatnya kamu memilih tempat hosting untuk blog kamu. Hosting ini ibaratnya seperti harddisk virtual untuk kamu menginstall CMS WordPress dan sebagai penyimpanan media (gambar dan video) untuk setiap postingan blog kamu.

Memilih hosting, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan ngeblog kamu. Untuk yang baru banget memulai ngeblog, sangat disarankan memilih space hostingan yang kecil saja. Nanti ketika kamu perlu yang lebih besar dan lebih gegas, bisa banget kok kamu upgrade.

Tenang saja, saat pandemi ini, segala sesuatu kaitan layanan ngeblog bisa dilakukan online lhoh! Kamu tetap aman di rumah kamu.

Setelah kesemuanya tersetting dengan baik, maka saatnya kamu ngebut alias produktif menulis postingan terkini ya. Kamu bisa membahasnya secara mendalam dan cerdas. Selanjutnya, kamu bisa sambil menerapkan menulis postingan blog dengan kaidah Search Engine Optimization alias SEO on page.

Selamat ngeblog produktif di jalur yang benar, ya!

About arigetas 208 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

13 Comments

  1. kalau ada niatan pengen punya wadah blog, memang kudu diniatin dari awal, segera dibuat daripada ide tulisan ilang.
    makin produktif di saat sekarang, bisa jadi iya, karena sebagian besar orang akan nulis soal suka duka dari kondisi saat ini

1 Trackback / Pingback

  1. ✓ Cara Pemasaran Online UKM Saat New Normal - arigetas

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*