Apa Gejala Yang Dialami Jantung Lemah Yang Perlu Kita Kenali Sejak Dini?

Apa saja gejala yang dialami jantung lemah yang anda tahu, keringat dingin hingga sulit bernafas adalah contohnya

Salah satu penyakit dalam yang memiliki tingkat mortalitas tinggi di negara kita, Indonesia, adalah penyakit jantung. Salah satu jenisnya adalah jantung lemah. Apa gejala jantung lemah yang perlu kita kenali dan pahami bersama sejak dini? Setelah tahu nanti, mari kita amati siapa tahu ada gejala yang dialami jantung lemah pada orang-orang di sekitar kita.

Yuk, Kita Pahami Apa Gejala Jantung Lemah

Gejala jantung lemah atau yang sering kita dengar dengan istilah lemah jantung, cukup mudah untuk dihafalkan dan dipahami. Berikut 5 gejala jantung lemah yang kemungkinan besar sering kita temui di perbincangan sehari-hari:

  1. Mudah Berkeringat Dingin
    Ciri ini jamak ditemui dan mudah dibedakan dengan saat manusia berkeringat pada umumnya. Tidak hanya di telapak tangan, tetapi bisa di sekujur tubuh berkeringat akibat adanya penyempitan pembuluh darah yang bertugas memasok oksigen dan darah ke jantung. Tentu fenomena ini berbeda dengan berkeringatnya telapak tangan dan kaki akibat kecemasan atau ketakutan saat kita sedang mengikutu ujian atau sedang panjat tebing, ya.
  2. Ada Rasa Nyeri Pada Jantung
    Ciri kedua ini juga sangat mudah dikenali sebagai salah satu gejala penyakit jantung, karena datangnya yang tiba-tiba. Penderita sakit jantung yang mengalami nyeri dada, biasanya merasakan adanya tekanan kuat pada bagian dada. Sering kali disertai dengan rasa sesak di dalam dada.
  3. Sulit Bernafas Normal
    Mengikuti gejala rasa nyeri yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, penderita cenderung sulit bernafas normal. Biasanya, penderita sakit jantung yang sedang kambuh akan bernafas pendek-pendek karena terasa nyeri di dalam dadanya.
  4. Denyut Jantung Tidak Normal
    Ketika sakit jantung kambuh, salah satu ciri khasnya adalah adanya denyut jantung yang terasa berhenti sejenak, kemudian kembali berdenyut. Saat jantung kembali berdenyut, akan terasa denyutan dengan irama kencang dan kemudian kembali normal.
  5. Tubuh Mudah Terasa Lelah
    Jantung merupakan organ manusia yang paling sibuk, bahkan di saat kita tidur pun, jantung tetap bekerja dengan performa prima selayaknya saat kita terjaga. Saat aliran darah ke jantung terganggu, maka suplai oksigen di dalam darah menjadi ikut terganggu. Pada saat gangguan terjadi, anda akan merasakan bahwa aktivitas yang rutin dilakukan seperti berjalan dari parkiran ke ruang kantor, bisa terasa sangat berat. Apabila kita tidak memahami kode ini dan terus memaksakan aktivitas tersebut, bisa jadi anda akan merasa pusing bahkan pingsan.

Dari kelima gejala jantung lemah yang sudah dijelaskan di atas, manakah yang paling sering anda temui?

Yuk tulis di kolom komentar 🙂

Dari pengalaman pribadi, dimana terdapat cukup banyak orang di sekitar saya yang menderita sakit jantung, gejala yang justru paling berbahaya ternyata yang nomor lima, yaitu badan terasa lebih lemah.

Sering kali, penderita sulit membedakan capek yang dirasakan tubuh mereka tersebut adalah akibat dari aktivitas fisik yang melelahkan, atau akibat dari salah satu gejala penyakit jantung. Adapun gejala berupa nyeri dada, merupakan gejala yang sangat mudah diasosiasikan dengan gejala sakit jantung.

Bagaimana Cara Menghindari Sakit Jantung?

Dari sekian banyak cara untuk menghindari sakit jantung, saya memiliki petuah dari orang-orang yang memang menderita sakit jantung di sekitar saya. Minimalkan pikiran beban hidup, memiliki pola makan sehat, cukup istirahat serta rutin berolahraga ringan, merupakan langkah paling mudah untuk bisa meminimalkan adanya sakit jantung pada anda.

Akan tetapi, langkah pencegahan di atas hanya berlaku pada anda yang masih sehat, ya. Untuk anda yang saat ini sudah memiliki gejala sakit jantung, sangat disarankan untuk terus berkonsultasi dengan dokter.

About arigetas 291 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

3 Comments

  1. Terlalu banyak pikiran dan stress bisa menyebabkan banyak penyakit yang datang ya Mas. Kayaknya hampir sebagian besar penyakit bisa dikarenakan pikiran ya, karena saat banyak pikiran beban hidup, tubuh kita mudah drop, jadi lebih gampang terkena penyakit deh. Makanya jangan stress terus Mas Ari.

    Jantung itu mesin paling hebat sepanjang masa. Nggak pernah berhenti semenjak pertama kali dibuat. Ia akan berhenti kalau disuruh berhenti bekerja sama yang punya jiwa, yakni Allah Ta’ala…

    BTW, berkeringet dingin saat ketemu mantan, itu termasuk jantung lemah bukan???

    Jawab mas, ini pertanyaan penting lho…. wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*