Menyambut Bahagia Bersama Ramadhan 1442 H

Menyambut bahagia bersama ramadhan dengan berbagi saat pandemi covid-19

Assalamualaikum wr. wb. Pada saat tulisan ini ditulis, sekitar 20-an hari lagi kita semua akan masuk ke bulan suci, bulan yang paling ditunggu oleh kita semua yaitu Ramadhan 1442 H. Bulan puasa di tahun 2021 merupakan kali kedua kita akan berpuasa di tengah pandemi yang masih melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lantas, bagaimana cara kita menyambut bahagia bersama ramadhan kali ini supaya lebih bermakna?

Menyambut Bahagia Bersama Ramadhan 1442 H

Bulan ramadhan, tentu saja memiliki kesakralan yang tidak bisa disangkal oleh setiap warga muslim. Di bulan penuh berkah ini, semua amalan baik kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT, karenanya kita harus semakin berlomba dalam kebaikan.

Pandemi COVID-19 yang telah masuk di negara Indonesia sejak sekitar akhir Februari 2020 (13 bulan yang lalu), telah merubah hampir seluruh tatanan yang sudah mapan. Berapa banyak masyarakat kita yang kehilangan orang tercintanya? Berapa banyak orang yang telah kehilangan pekerjaan, dirumahkan, hingga yang akhirnya punya banyak pekerjaan serabutan?

Karenanya, bagi kita yang saat ini masih memiliki pekerjaan dengan penghasilan yang bisa digunakan untuk bertahan hidup, mengucap syukur adalah yang utama. Kemudian, bagi kita yang memiliki keuangan, tenaga dan atau waktu yang lebih longgar, marilah kita mulai saling membantu sesama.

Cara membantu sekitar kita ada banyak cara, misalnya saat teman memulai bisnis maka kita tidak boleh meminta harga teman ya. Kemudian, kita bisa membantu lebih luas melalui lembaga sosial misalnya Rumah Zakat yang sudah dikenal kredibel dan gegas dalam pengelolaan bantuan.

1. Bersama Rumah Zakat Menyambut Bahagia Bersama Ramadhan

Pada hari ini, 23 Maret 2021 pukul 10 pagi, Rumah Zakat mengadakan konferensi pers #BahagiaBersamaRamadhan dengan 2 narasumber yaitu CEO Rumah Zakat Bp. Nur Efendi dan perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bp. Guntur Subagja Mahardika.

Konferensi Pers #BahagiaBersamaRamadhan Rumah Zakat 2021

Bapak Guntur mewakili MUI menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia saat pandemi COVID-19 memiliki efek multidimensi, dimana awalnya pandemi kemudian berefek ke ekonomi dan akhirnya ke sosial setelah satu tahun.

Saat ini, lanjut beliau, kita semua harus bersahabat dengan COVID-19 karena masih akan panjang. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami minus 2% pada tahun 2020, yang sebenarnya sudah lebih baik dibandingkan saat awal pandemi yaitu minus 5%.

Dampak paling kentara, ada 26,42 juta orang yang masuk dalam kategori kemiskinan dari 24 juta orang di tahun sebelumnya. Inilah tantangan yang perlu segera diatasi, salah satunya dengan cara berbagi seperti yang dilakukan oleh Rumah Zakat.

Adapun materi yang disampaikan Pak Nur Efendi saat konpers adalah tentang “Pentingnya Pemanfaatan Harta ZIS” yang merujuk pada fatwa MUI no 23 tahun 2020 yang khusus membahas pemanfaatan harta zakat, infak dan shodaqof untuk penanggulangan wabah COVID-19 dan dampaknya.

Pemanfaatan ZIS melalui Rumah Zakat akan difokuskan pada 5 hal, yaitu Edukasi, Bantuan Kesehatan, Jaminan Sosial, Bantuan Ekonomi dan Ketahanan Pangan.

Sampai dengan saat ini, program Bersama Hadapi Corona Rumah Zakat 2021 sudah menjangkau hingga 193.046 penerima manfaat di 250 Kota/Kabupaten di 33 Provinsi. Capaian ini tentu tidak lepas dari peluh keringat dan jerih payah 11.236 relawan Rumah Zakat tentunya. Untuk semakin memudahkan masyarakat berbagi dari genggaman, maka Rumah Zakat saat ini sudah launching aplikasi Digital Islamic Style (DIS).

2. Berbagi ke Sesama via Aplikasi Digital Islamic Style (DIS)

Rumah Zakat telah memiliki aplikasi yang bisa untuk menemani kehidupan sehari-hari umat Islam, karena fitur di dalamnya sangat lengkap. Oh iya, aplikasi untuk smartphone Android ini sudah terbukti aman untuk semua data penggunanya, dapat dengan mudah diunduh lewat Google Playstore.

Tampilan Antarmuka App Digital Islamic Style (DIS)

Kesan pertama setelah mengunduh alias mendownload dan kemudian menginstall app DIS ini adalah terasa mudah dan ringan untuk dijalankan. Tampilan antarmuka DIS juga termasuk sederhana dan mudah untuk dapat dipahami.

Aplikasi Digital Islamic Style untuk menyambut bahagia bersama ramadhan 1442 lebih cepat
Tampilan app DIS saat dicoba akses pada 24 Maret 2021

Keamanan dari app DIS ini tidak perlu diragukan, karena saat kita pertama kali masuk, saat “daftar” maka kita akan diminta memasukkan nomor handphone aktif kita. Kemudian, dari Rumah Zakat akan mengirimkan kode verifikasi untuk login.

Pilihan Menu Aplikasi Digital Islamic Style (DIS)

Pada layar menu utama, terdapat 3 pilihan yaitu:

  • IBADAH
    Pada menu Ibadah, terbagi menjadi 4 sub menu yaitu: Waktu Sholat, Arah Kiblat. Al-Quran dan Doa serta Dzikir. Untuk waktu sholat misalnya, kita bisa memasukkan nama kota, kemudian secara otomatis akan muncul seluruh waktu sholat pada kota tersebut dan ada fitur alarm yang bisa kita gunakan untuk pengingat waktu sholat selanjutnya.
  • INFO PENYALURAN
    Ketika kita memilih menu ini, maka otomatis akan terbuka peta Indonesia. lengkap dengan pin bendera. Apabila bendera tersebut kita tap, maka akan keluar jumlah bantuan yang sudah disalurkan. Ketika kita tap lagi, maka akan masuk ke jumlah penerima manfaat berikut program apa saja yang termasuk di dalam penerimaan manfaatnya.
  • BERBAGI
    Untuk menu berbagi, ketika kita tap maka akan muncul 5 jenis sub menu yaitu: Zakat, Infak/sedekah, Wakaf, Superqurban dan Desaku Berqurban. Ketika kita masuk ke salah satu pilihan berbagi, maka untuk pertama kali kita terdapat notifikasi untuk mendapatkan ID DONATUR, yang gunanya untuk mempermudah transaksi di Rumah Zakat. Ketika kita mengeksplor menu zakat misalnya, maka kita tinggal memasukkan nominal zakat dan memilih metode bayar via Mandiri, BNI Syariah, BCA atau Bank Muamalat.

Di aplikasi Digital Islamic Style (DIS) terdapat bantuan kalkulator untuk memudahkan kita menghitung zakat.

Alhamdulillah, ya.
Pilihan lengkap mulai Al Quran, Doa Harian, Fitur Berbagi dan Laporan Keuangan di App DIS

Selain faktor keamanan data pengguna aplikasi DIS ini, hal lain yang membuat tenang pengguna adalah adanya Laporan Keuangan tahunan, yang dapat diakses dari layar utama >> pilih akun >> pilih Tentang DIS >> dan akan tampil tombol unduhan (download) untuk laporan keuangan tahun 2017, 2018 dan 2019.

Sungguh menarik bukan? Sudah siapkah anda menyambut keseruan Ramadhan 1442 H lebih awal bersama Rumah Zakat?

Wassalamualaikum wr. wb.

About arigetas 291 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

16 Comments

  1. alhamdulillah nambah lagi aplikasi yang bagus untuk umat islam karena bisa berbagi sekaligus belajar di bulan Ramadhan 1442 H, semoga kita di sibukkan dengan hal yang bermanfaat

  2. Berarti udah dua kali ramadhan ya kita bareng-bareng pandemi. Tapi tahun ini sepertinya lebih bersahabat karrna kondisi udah gak semencekam tahun lalu

  3. Keren juga aplikasi Digital Islamic Style (DIS) ini ya bang. Mulai ibadah, tempat penyaluran hingga berbagi (bayar zakat, shadaqah, wakaf, dll) tersedia di situ.
    Jadi merasa aman saat berinfak karena penyalurannya tepat sasaran.

  4. Ramadhan sebenatar lagi tiba. Banyak hal yang harus dilakukan untuk bebenah diri. Aku juga lagi mempersiapkan anak-anak untuk menyambut Ramadhan nih kak.

    Menarik nih kalau ada aplikasi yang bisa membantu kita dalam beribadah dan lainnya ya kak.

  5. Gak terasa udah mo Ramadhan lagi ya, mas. Ini tahun kedua melewati ramadhan dalam kondisi pandemi. Mesti di rumah aja kebaikan tetap harus tersalurkan. Untungnya sekarang aktifitas online bikin segalanya jadi mudah. Termsuk beramal.

  6. Alhamdulillah, aplikasi DIS dari Rumah Zakat memudahkan kita untuk bersedekah dari mana saja. Gak ada lagi alasan gak sedekah karena bingung mau disalurkan ke mana rezeki kita ya, Mas karena semuanya sudah diatur oleh Rumah Zakat. Tinggal pilih mau infak, wakaf, atau yang lainnya, transfer, insya Allah donasi pasti sampai kepada yang membutuhkan. Rumah Zakat benar-benar solusi sedekah digital yang tepercaya.

  7. Asik ini bisa punya ID Donatur serta juga memantau info penyaluran zakat, sehingga lebih transparan untuk diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*