Cara Menghilangkan Bau Badan di Pakaian Anda

beberapa cara menghilangkan bau badan di baju adalah dengan mencuci dengan air bersih, rajin mandi dan gunakan deodoran yang cocok

Saat sedang berkumpul, seringkali kita mendapati ada teman yang menunjukkan ekspresi nggak nyaman, karena ada temen yang mempunyai aroma ngga segar. Supaya semua nyaman, apa saja cara menghilangkan bau badan di baju atau pakaian yang bisa kita sarankan ke teman kita? Yuk simak tulisan ini.

Penyebab Bau di Baju atau Pakaian

Baju atau pakaian kita bisa saja menjadi bau, disebabkan oleh beberapa hal antara lain:

  • Air Kurang Bersih
    Air yang digunakan dalam mencuci sangat penting dalam menentukan bau dan tidaknya pakaian setelah dicuci. Bagi Anda yang memiliki sumber air tanah ataupun air sungai yang sudah terkontaminasi, maka baju cucian anda tidak bisa bersih seutuhnya, terlepas dari sekian banyaknya deterjen yang anda gunakan.
  • Cucian Tidak Kering Dalam Sehari
    Penyebab baju bau selanjutnya ini adalah yang paling umum terjadi, terutama saat di musim hujan. Untuk mengatasinya, Anda harus mencucinya dengan menambahkan pewangi pakaian dan memeras (spin) dengan putaran (rpm) tertinggi yang mesin cuci Anda bisa lakukan. Selanjutnya, jemur pakaian ketika ada sinar matahari dan angin-angikan saat cuaca tidak mendukung.
  • Bakteri dan Keringat Tubuh
    Poin ini sering ditemui pada mereka yang memang menghasilkan keringat lebih banyak dibandingkan manusia pada umumnya. Bakteri dan keringat alias kelembapan tubuh, merupakan kombinasi yang ideal yang dapat menyebabkan bau tidak sedap pada pakaian.

Cara Menghilangkan Bau di Baju atau Pakaian

Dari beberapa penyebab bau di baju yang disebutkan pada sub bab di atas ini, berikut cara menghilangkan bau badan yang bisa Anda praktikkan untuk diri sendiri, atau disampaikan kepada teman Anda:

  1. Gunakan Air Bersih
    Apabila air tanah Anda kurang bersih, Anda bisa menggunakan sumber air lain untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk mencuci baju Anda.
  2. Pilih Pakaian Berbahan Katun
    Jenis kain katun merupakan pilihan ideal, karena mudah dalam menyerap keringat. Bagi Anda yang memiliki produksi keringat berlebih, disarankan agar mengganti baju setiap 4-5 jam, sehingga tidak terjadi timbunan keringat yang menjadi tempat tumbuh bakteri yang ideal.
  3. Cuci Pakaian Setiap Hari
    Kebiasaan menunda mencuci baju ini merupakan kebiasaan buruk. Bagi Anda yang mencuci menggunakan tangan (manual), mencuci setiap hari justru membuat proses mencuci tidak terasa berat. Adapun bagi Anda yang mencuci menggunakan mesin cuci, mustinya tidak perlu berpikir dua kali ketika harus mencuci setiap hari bukan? Pakaian yang basah karena keringat, rentan tumbuh jamur dan bau yang menyengat apabila tidak segera dicuci.
  4. Gunakan Deodoran yang Cocok
    Solusi yang tepat bagi Anda yang ingin menghilangkan sumber bau badan yang dapat menempel pada baju, adalah menggunakan deodoran pada ketiak Anda, sesaat setelah selesai mandi dan dikeringkan dengan handuk. Penggunaan deodoran ini akan menekan produksi keringat dari ketiak, sehingga akan mengurangi bau badan secara signifikan.
  5. Hindari Penggunaan Parfum dengan Aroma Keras
    Dalam memilih parfum, Anda harus memilih yang cocok dengan aroma alami tubuh Anda. Untuk bisa mengetahuinya, Anda bisa menanyakan kepada teman atau sahabat dekat Anda, sehingga penilaian akan menjadi lebih optimal dan jujur.
  6. Mandi Bersih Minimal 2 Kali Sehari
    Untuk bisa menekan bakteri dan keringat, Anda harus mandi secara menyeluruh dan bersih minimal 2 kali sehari, yaitu pagi hari sebelum beraktivitas dan sore hari selesai aktivitas, terutama setelah dari luar rumah.
  7. Keramas Minimal 2 Hari Sekali
    Bagi Anda yang memiliki rambut pendek, dapat mencuci rambut (keramas) setiap hari ketika selesai aktivitas dari luar rumah. Adapun bagi Anda yang memiliki rambut panjang, jadwal mencuci rambut dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan kekuatan rambut Anda, terkait frekuensi keramas dan jenis sampo yang digunakan ya.

Yuk jaga diri supaya tidak menganggu rekan dengan aroma yang tidak sedap, ya.

About arigetas 321 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

20 Comments

  1. Cara hilangkan BB di baju harusnya sumber BB nya ya yang dihilangkan lebih dulu hehehe..tapi kalau BB di baju yang udah dicuci mau dihilangkan ya bisa juga sih dengan menjemur baju dibawah panas terik tentunya setelah baju tsb dicuci bersih sebelumnya ya

  2. Duh iyaya enggak nyaman pastinya kalau deket-deket orang yang ada aroma gimananya gitu, jangan sampai juga aroma kita yang begitu, harus jaga kebersihan pakaian dan badan supaya enggak ada bakteri dan jamur yang bikin bau ya. Siip Mas tipsnya

  3. ga susah sebenarnya menghilangkan bau badan di pakaian tinggal kita mau atau tidak, dan memang ga enak kalau ada BB selain tidak nyaman untuk diri sendiri juga teman kerja dan orang sekitar…

  4. dulu pernah ada temannya Paksuami bermasalah dengan BB ini, duuh klo ke rumah tuh, saya auto masuk kamar, gak mau keluar sampai dia pergi, pulangnyaa langsung semprot2, buka pintu, jendela lebar-lebar biar sirkulasi berganti, hihih.
    akhirnya ama Paksu diberi tahu pelan-pelan, syukurnya sekarang udah gak BB lagi dianya, kadang aja sih klo mungkin habis beraktivitas lebih 😀

  5. Bener mas, baju berbahan katun cocok banget buat daerah yang bersuhu panas, seperti Surabaya dan Sisoarjo ini untuk menghindari bau badan saat beraktivitas di luar.

  6. Bener banget mas ari, celana dalam cowok juga kalo bisa berbahan katun supaya penyerapan keringat jadi optimal dan mencegah bakteri atau keringat nempel di sekitar alat vital. Selain itu, saya juga kalo pas mau nyuci pakaian juga lihat cuaca hehe karena seneng jemur pakaian kalo cuaca bener2 panas jadi gak ada baju yg basah dan nginep semaleman, soalnya bisa bikin baju apek. Makasih tipsnya ya..

  7. Aku pernah banget tuh mas ari kalau lagi musim hujan terasa banget baju bau ngga kering, jadi setiap musim hujan harus dikeringkan dulu di mesin cucinya baru di angin-anginin biar cepat kering.

    • Wah tipsnya sangat berguna nih. Untuk bagian mencuci tiap hari rada susah ya terkadang, apapagi sekarang musim hujan euy bisa-bisa pakaiannya gak kering.

  8. masalah BB emang sesuatu banget ya Mas, apalagi kalau lagi jalan dengan orang lain pasti hidung juga jadi lebih sensi 😀
    berasa dicubit ama poin nomor 3, saya yang termasuk suka numpuk cucian dulu baru dicuci apalagi kalau cuaca lagi gak bersahabat duuh jadwalnya bisa delay deh 😀

    Noted nih tips-tipsnya Mas 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*