Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan itu Sederhana. Apa Saja?

cara menjaga kesehatan pencernaan dengan minum cukup air dan bebas stres

Salah satu kunci dalam mendapatkan performa kerja yang baik adalah kesehatan yang prima, Banyak diantara pekerja kantoran yang mengalami gangguan pencernaan sehingga mengganggu ritme kerja mereka. Bagaimana cara menjaga kesehatan pencernaan yang baik? Begini caranya.

Jenis Gangguan Pencernaan di Sekitar Kita

Untuk bisa lebih tepat dalam memilah cara menjaga kesehatan pencernaan maka terlebih dahulu kita harus mengetahui apa saja jenis gangguan pencernaan yang sering kita temui, diantaranya:

  1. GERD yang merupakan akronim dari Gastroesophageal Reflux Disease yang merupakan keadaan dimana asam lambung naik hingga ke kerongkongan, sehingga terasa sakit seperti terbakar di area dada.
  2. Maag yang umum ditemui di masyarakat ini terjadi ketika terdapat kerusakan pada lapisan pelindung lambung.
  3. Tukak lambung yang hampir mirip dengan maag, dimana terjadinya luka pada lapisan dinding lambung.
  4. Sembelit merupakan jenis gangguan pencernaan yang jamak ditemui mulai dari anak kecil hingga dewasa. Sembelit terjadi ketika feses terlalu keras sehingga sulit dikeluarkan.
  5. Diare merupakan gangguan pencernaan dengan kondisi kebalikan dengan sembelit, dimana diare terjadi ketika feses cair dan sering dikeluarkan oleh tubuh kita.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Untuk menjaga kesehatan pencernaan, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan oleh Anda sekeluarga:

Jaga Diri dari Stres

Kesibukan yang kita jalani makin hari makin tinggi, sehingga peluang untuk merasakan tekanan psikologis (stres) menjadi semakin sering. Penyebab terjadinya stres ini tidak semata dari beban pekerjaan yang makin menggunung, tetapi dari kegiatan sehari-hari.

Sebagai contoh, kemacetan yang membuat perjalanan menjadi sangat tidak nyaman dan terburu-buru, rentan membuat lambung menjadi bermasalah yang pada akhirnya membuat Anda dapat terkena maag. 

Minum Cukup Air

Kebutuhan air manusia sekitar 8 gelas per hari atau sekitar 2 liter per hari. Cukup konsumsi air per hari tersebut sangat mempengaruhi konsistensi feses sehingga memperlancar proses pencernaan. 

Konsumsi air kurang dari standar harian rentan membuat kita terkena gangguan pencernaan sembelit, sedangkan konsumsi air minum harian yang berlebihan dapat membuat Anda menjadi terlalu sering buang air kecil.

Olahraga Teratur dan Terukur

Olahraga yang dilakukan dengan teratur dan terukur, dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan mencegah sembelit. Agar olahraga efektif, sebaiknya memilih jenis olahraga yang sesuai dengan minat Anda.

Beriringan dengan kegiatan olahraga, jangan lupa untuk selalu minum dengan volume sedikit tetapi sering sehingga Anda terbebas dari dehidrasi.

Makan Makanan Sehat dan Berimbang

Salah satu langkah penting dalam mencegah gangguan pencernaan adalah dengan menghindari makanan yang terlalu berlemak maupun yang berminyak. 

Sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan, biji-bijian (seralia), sayuran, maupun kacang-kacangan. Untuk kemudahan dan efektivitas dalam konsumsi makanan yang membantu gangguan pencernaan khususnya asam lambung tinggi atau GERD, Anda dapat mulai konsumsi Sereal Umbi Garut Nutriflakes yang terbukti aman dan bikin nyaman.

nutriflakse kaya serat alami dari umbi garut untuk obat gangguan pencernaan asam lambung yang aman untuk ibu hamil dan menyusui

Nutriflakes Solusi untuk Keluhan Asam Lambung

Bagi Anda pejuang asam lambung, kehadiran Nutriflakes yang berasal dari umbi garut (irut) yang mengandung zat pati yang aman dan berguna untuk menyembuhkan gangguan pencernaan asam lambung. Selain itu, Nutriflakes yang juga mengandung membantu menyelesaikan masalah sembelit, obesitas, hingga kolesterol.

Sereal umbi garut Nutriflakes dapat dikonsumsi siapa saja, mulai dari anak usia 1 tahun hingga lansia, serta terbukti aman untuk ibu hamil dan menyusui karena sudah terdaftar pada nomor registrasi MD 869011005864 sebagai produk Makanan dan Minuman di BPOM .

Sereal Nutriflakes dapat dikonsumsi 2 kali sehari yaitu sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pengobatan gangguan pencernaan asam lambung maka konsumsi Nutriflakes harus dilakukan secara konsisten.

About arigetas 425 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*