5 Cara Menikmati Libur Lebaran Bersama Keluarga. Anti Macet!

cara menikmati libur lebaran dengan main game online hingga karaoke bersama anggota keluarga

Lebaran telah tiba! Cuti bersama pun ikut keluar SK-nya. Ketika sudah semua berkumpul di rumah, apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menikmati waktu kebersamaan? Inilah 5 cara menikmati libur lebaran anti macet-macet di jalan yang bisa Anda coba.

Ragam Cara Menikmati Libur Lebaran

Biasanya untuk bisa semua kumpul dengan keluarga tersayang, dimulai dengan mudik yaitu pulang ke rumah orang tua. Tradisi mudik ini umumnya dilakukan sekitar 2-3 hari sebelum hari raya Idul Fitri. 

Saat belum semua saudara berkumpul, tentu kita sering menggunakan akses Internet untuk berkirim WhatsApp mulai dari janjian hingga sekedar mengirimkan update posisi kendaraan saat di jalan tol. 

Ketika satu keluarga besar berkumpul dan menginap bersama di rumah orang tua kita, maka secara otomatis akan saling berkumpul dengan yang seumuran. Ponakan kecil dengan yang seumuran, demikian pula ponakan besar. Kita pun juga akan ngumpul dan berinteraksi dengan saudara inti dan juga orang tua kita.

1. Menonton Film Keluarga via Streaming

Bosan dengan tayangan TV saat lebaran yang isinya kalau ngga Upin Ipin, Doraemon, Sopo Jarwo, Tayo, hingga Nusa Rara yang episodenya diulang-ulang melulu?

Gampang Solusinya.

Kita bisa nonton bareng film keluarga lewat Streaming di Disney+ Hotstar ataupun Netflix-an dari Smart TV di ruang keluarga yang terhubung ke sambungan internet fiber optic dari Telkom Indonesia biar lancar jaya anti buffering. 

Oh iya, pastikan tidak berebut ya tentang judul film apa yang akan ditonton bersama. Juga, janagn sampai salah genre dan batasan usia film yang akan ditonton bersama 

2. Lomba Karaoke Hemat di Rumah

Dengan adanya Internet Provider handal di rumah, kita bisa banget karaokean hanya dengan menggunakan YouTube atau Smule. Ada jutaan lagu yang bisa kita pilih dan nyanyikan bersama keluarga. 

Bahkan, tanpa adanya mic dan sound system mewah pun kita bisa berkaraoke dengan asyik, asalkan internet provider yang kita gunakan itu handal. Nggak lucu kan, ketika baru mau masuk reff lagu andalan, kemudian buffering koneksi internetnya?

Kita bisa juga mengadakan lomba karaoke lucu-lucuan antar ponakan dengan banyak hadiah kecil yang bisa membuat seru suasanya lebaran. 

3. Bikin Video Reels atau TikTok bersama keluarga

Pernah menonton video Reels atau TikTok yang mengambil tema “A Day in My Life”? Nah kita bisa banget membuat video pendek tersebut dengan tema ramadhan hingga lebaran.

Untuk bisa membuat video yang cakep, kita bisa memulai dengan menentukan konsepnya terlebih dahulu, termasuk dalam memilih musik yang sesuai dengan jenis video yang akan kita buat. 

Kemudian, kita bisa memilih filter video yang tepat, misalnya filter karakter hewan imut ketika membuat video bersama ponakan yang masih balita. Setelah melakukan editing seperlunya, kita bisa segera meng-upload hasil video tersebut di platform TikTok ataupun Instagram Reels dengan koneksi Internet Provider IndiHome agar terunggah tanpa jeda.

main game online di Handphone bersama keluarga saat libur lebaran

4. Bermain Game Mobile

Biasanya ketika ponakan-ponakan yang beranjak remaja saling bertemu di rumah kakek dan neneknya, mereka tidak lupa membawa smartphone di sakunya, tentu saja bersama dengan charger-nya.

Genshin Impact, Mobile Legend, dan PUBG Mobile adalah sedikit dari contoh game yang dimainkan bersama alias MABAR (MAin BAReng). Sering kejadian ada ponakan yang masih baru alias noob yang malah kemudian diajarin oleh kakak-kakaknya. 

Dalam mabar ini, tentu diperlukan Internet Provider yang mumpuni sehingga jalannya game tidak nge-lag. Seperti biasanya ketika saat lebaran tiba, maka koneksi internet kartu GSM sering terasa lambat karena jumlah pemakai yang membludak di satu daerah akibat BTS yang kewalahan.

Untungnya di rumah orang tua kami menggunakan Internet Provider IndiHome yang stabil meski dipakai cukup banyak hape yang terkoneksi.

5. Silaturahmi dengan Keluarga di Luar Negeri

Pernah mengikuti seminar daring yang dilakukan secara hybrid? Nah, acara arisan trah (arisan pertemuan yang diikuti keluarga super besar, hingga ke keluarga kakek nenek buyut) yang dilakukan setahuh sekali ini juga bisa diselenggarakan secara hybrid.

Bagi keluarga yang bisa mudik, bertemu secara offline adalah kebahagiaan yang hakiki. Akan tetapi bagi keluarga yang sedang berada di luar negeri, kecil kemungkinan untuk bisa pulang. 

Untuk itu, bisa banget kita menggunakan sambungan internet dari IndiHome untuk menyambungkan acara arisan trah yang awalnya luring menjadi luring dan daring (hybrid)

Dengan dukungan kualitas internet provider IndiHome andalan keluarga Indonesia ini, maka bisa saling mengobati kangen dengan saudara yang sedang berada di benua sebelah secara real time.

About arigetas 390 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*