Cara Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner Rumahan

Masa pandemi ternyata memberikan hal yang sedikit berbeda dengan iklim usaha di sekitar kita. Untuk skala usaha pertokoan terkena imbas turunnya penjualan, salah satunya karena masyarakat diminta untuk bertahan dan beraktivitas di rumah saja. Sisi lain, usaha skala rumahan misalnya kue hingga jajanan justru tumbuh lebih banyak. Lantas, bagaimana cara mendapatkan modal bisnis untuk mengembangkan usaha kuliner rumahan?

Prospek Bisnis Kuliner Skala Rumah Tangga

Sebelum berfikir untuk menjalankan bisnis dengan modal besar dengan segala bayangannya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan memulai bisnis skala rumah tangga:

  • Ketahui Prospek Bisnis Kuliner Skala Rumah Tangga
    Sebelum terjun di bisnis kuliner, melakukan riset pasar adalah hal mutlak. Ketika melakukan riset, data semua bisnis skala rumah tangga yang ada di lingkungan anda, pada radius sejauh mungkin dari rumah anda.
  • Pisahkan Jenis Bisnis Kuliner
    Setelah mendapatkan data bisnis kuliner, sekarang saatnya anda memilah berdasarkan jenis kuliner, yaitu yang evergreen dan yang berdasarkan trend.

Memilih jenis kuliner yang sedang tren, bisa mem-boost penjualan dalam waktu cepat, tetapi bisa jadi rawan untuk hilang berganti ke tren lain.

  • Pilih Jenis Kuliner yang Paling Anda Kuasai
    Konsumen makanan rumahan, akan fokus pada rasa dan servis yang anda berikan. Berinovasi memang baik dan bahkan perlu dilakukan, tetapi tidak boleh lebay yang akhirnya justru bisa merusak rasa. Sebagai contoh, berinovasi menjual menu “Nasi Goreng Saus Coklat” adalah inovatif, tetapi bisa jadi pembeli hanya akan sekali membeli alias tidak ada RO (repeat order).
  • Mulailah dengan Alat dan Modal yang Ada
    Salah satu kunci keberhasilan ketika mengawali bisnis skala rumah tangga, adalah tidak kalap dalam berbelanja modal. Sebagai contoh, saat memulai bisnis nasi goreng, maka tidak perlu membeli wajan baru, tetapi cukup menggunakan wajan yang kita miliki.

Pada saatnya nanti ketika bisnis punya potensi untuk berkembang, maka merupakan saat yang tepat untuk berinvestasi melalui peningkatan kualitas alat dan metode pemasaran.

Apabila setelah dihitung dan terbukti nyata bahwa bisnis skala rumahan ini perlu upgrade alat, bahan dan instrumen pendukungnya, tentu membutuhkan modal kerja yang perlu diperoleh dengan mudah dan cepat.

Ragam Cara Mendapatkan Modal Bisnis Kuliner Skala Rumah Tangga

Dalam rangka menambah modal bisnis kuliner skala rumah tangga, anda dapat memilih beberapa jalur berikut ini sesuai dengan kondisi anda:

1. Cara Mendapatkan Modal Bisnis Klasik: Meminjam dari Saudara

Cara pertama dalam memperoleh modal bisnis adalah dari jalur keluarga. Cara ini biasanya mudah dilakukan apabila kita sebagai peminjam tidak memiliki masa lalu peminjaman uang yang buruk.

Selain itu, saudara akan mudah meminjamkan uang ke anda, apabila diantara anda dan saudara tersebut tidak terdapat permasalahan personal, meski masalah tersebut di luar masalah keuangan.

2. Menggadaikan Surat Berharga

Cara kedua yang juga jamak dilakukan oleh masyarakat adalah dengan cara menggadaikan surat berharga misalnya SK Kerja hingga BPKB motor atau bahkan mobil.

Di dalam proses gadai tersebut, terdapat kerumitan dalam persiapan dokumen hingga disetujuinya pinjaman. Hal tersebut sering kali membuat ciut masyarakat yang menginginkan proses yang lebih ringkas dan cepat serta aman.

3. Dapatkan Modal Bisnis via Tunaiku

Pada masa kini, segala sesuatu bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui proses online (daring). Oleh karenanya, pengajuan pinjaman untuk modal bisnis kuliner skala rumah tangga pun juga bisa dilakukan melalui smartphone (HP) hingga laptop anda, melaui Tunaiku.

Tunaiku merupakan platform pinjaman online terbaik dari Bank Amar, untuk modal bisnis anda dengan prosesnya yang mudah dan aman. Tunaiku telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak tahun 2014 hingga saat ini.

Tunaiku merupakan cara mendapatkan modal bisnis via online yang mudah dan cepat

Syarat untuk mengajukan pinjaman modal bisnis via Tunaiku antara lain adalah:

  1. Anda berusia 21-55 tahun
  2. Merupakan warga negara Indonesia (WNI)
  3. Memiliki rekening bank aktif
  4. Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  5. Beralamat (domisili KTP) di area layanan Tunaiku

Ketika sudah memenuhi syarat peminjaman, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftara secara online dengan mengisi formulir pengajuan, lengkap dengan jumlah dan lama pinjaman.
  2. Selanjutnya data anda diproses sekitar 24 jam dan apabila lolos, maka anda akan menerima notifikasi persetujuan.
  3. Langkah ketiga adalah konfirmasi pinjaman dan mengatur lokasi untuk tanda tangan kontrak dengan kurir Tunaiku.
  4. Penandatanganan kontrak adalah langkah keempat dan anda akan segera menerima dana yang dicairkan ke rekening bank anda.

Mudah bukan?

Selamat berhitung dengan cermat dan kembangkan bisnis kuliner rumahan anda. Salam sukses!

About arigetas 283 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*