Memilih Alat Penguat Sinyal WiFI Terbaik ala arigetas

cara memilih alat penguat sinyal wifi sesuai dengan dana dan penggunaan

Aktivitas berinternet saat ini sudah merupakan kebutuhan wajib bagi hampir setiap orang. Di dalam satu rumah, saat ini biasanya sudah ada satu sambungan internet kabel melalui fiber optik (FO). Hanya saja, seringkali sebaran sinyal WiFi internet tidak merata di semua sudut rumah. Berkunjung ke https://www.mikirtekno.com misalnya, maka anda bisa menemukan aplikasi penguat sinyal WiFi terbaik. Adapun kali ini, saya akan menjelaskan perihal cara memilih alat penguat sinyal WiFi yang tepat untuk kita?

Cara Menguatkan Sinyal WiFi

Untuk bisa memperkuat sinyal WiFi di rumah anda, terdapat beberapa metode, yaitu:

  1. Install Software atau Aplikasi Penguat WiFi
    Cara pertama ini lebih ke meningkatkan sensitivitas dan kekuatan perangkat WiFi di smartphone atau laptop pengguna. Karenanya, cara ini akan efektif ketika setiap gawai telah terinstall aplikasi penguat sinyal WiFi.
  2. Ganti Access Point dengan Power Lebih Kuat
    Cara kedua untuk memperkuat jangkauan WiFi di area rumah misalnya, adalah dengan mengganti alat pemancar WiFi dengan yang lebih besar powernya. Dengan daya pancar yang lebih besar ini, maka sinyal WiFi akan lebih kuat menembus sekat di dalam rumah. Hanya saja, apabila daya pancar (RF Power) terlalu besar, maka bahaya radiasi di sekitar access point perlu menjadi perhatian.
  3. Pindahkan Access Point Lebih ke Tengah
    Salah satu trik untuk menguatkan sinyal WiFi di rumah atau kantor kecil, adalah dengan memasang pemancar WiFi (Access Point) di tengah ruangan. Maksudnya, apabila urutan rumah dari depan ke belakang adalah ruang tamu, ruang keluarga dan dapur, maka meletakkan acceess point di ruang keluarga akan memungkinkan pancaran sinyal WiFi lebih merata di semua ruangan.
  4. Tambahkan Alat Penguat Sinyal WiFi
    Alat untuk memperkuat sinyal WiFi ini berfungsi menangkap sinyal WiFi dari access point utama yang terletak cukup jauh, kemudian untuk memancarkan ulang sinyal WiFi tersebut. Bisa dibilang, hal ini setara dengan analogi: kalau untuk daerah yang sulit sinyal HP, maka ketika dibangun BTS baru di daerah tersebut akan membuat sinyal HP menjadi penuh dan komunikasi lancar.

Cara Memilih Alat Penguat Sinyal WiFI

Lantas, bagaimana cara memilih alat penguat sinyal WiFi yang tepat? Mudah kok, berikut tahapannya dan silakan dipilih yang sesuai dengan kondisi anda:

  1. Survei Alat Penguat Sinyal WiFi
    Anda dapat melakukan survei dari banyak review alat penguat sinyal WiFi atau yang juga jamak disebut dengan WiFi Extender. Anda dapat menggunakan router yang juga bisa difungsikan sebagai pengulang pancaran WiFi alias repeater sinyal WiFi. Selain itu, anda bisa memilih alat WiFi Extender yang bentuknya kotak kecil yang langsung tancap ke stop kontak listrik.
  2. Siapkan Dana Anda
    Setelah melakukan survei online di YouTube atau membaca ulasan di blog atau artikel teknologi, anda bisa segera memutuskan akan menggunakan alat yang tepat sesuai dana anda. Apabila anda mempunyai router yang tidak terpakai, tentu akan lebih hemat untuk bisa memfungsikannya sebagai repeater. Atau, anda bisa menghubungkan router kedua melalui kabel LAN untuk bisa dipancarkan ulang di ruangan lain yang sama sekali tidak terjangkau. Adapun apabila anda ingin menguatkan sinyal WiFi yang tipis di suatu ruangan, maka anda bisa membeli WiFi Extender dengan harga terjangkau.
  3. Periksa dan Atur Power Alat Penguat Sinyal Anda
    Memiliki sinyal WiFi penuh di setiap ruangan adalah kondisi ideal. Hanya saja, saat ini apabila anda berada di perumahan yang cukup rapat jaraknya dengan tetangga atau misalnya kantor anda berbagi dengan divisi lain, maka memiliki jangkauan WiFi yang terlalu kuat bisa menimbulkan masalah baru. Pancaran sinyal WiFi pada frekuensi (channel) yang sama antara dua atau lebih pemancar yang berbeda sumber, akan membuat sinyal-sinyal tersebut “tabrakan” sehingga mengacaukan koneksi ke smartphone atau laptop pengguna.

About arigetas 283 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*