Naik Turun Harga Bitcoin Dari 2009 Hingga Saat ini

fluktuasi naik turun harga bitcoin dan cara tarik bitcoin ke rupiah

Sudah sejak tahun 2009, bitcoin menjadi pembicaraan di dunia maya hingga akhirnya ramai pula di pojokan kafe. Pasti ada di antara kalian yang penasaran, sebenarnya apa itu bitcoin dan bagaimana sih perkembangan naik turun harga bitcoin dari sejak awal muncul sampai akhir tahun 2021 ini? Ini penjelasan ringkasnya.

Apa itu bitcoin?

Sebelum ke bitcoin, ada istilah cyptocurrency yang merupakan mata uang digital yang dapat digunakan sebagai alat tukar, dimana hanya ada di dunia maya. Tidak ada bentuk fisik di dunia nyata seperti uang kertas atau uang logam ya.

Tingkat keamanan dari mata uang digital ini sangat bergantung dari mode enskripsi yang menggunakan gabungan dari teknis elektro, ilmu komputer, dan matematika. Contoh penggunaan enskripsi keuangan saat ini sudah maju, karena telah dikembangkan sejak awal, misalnya saat digunakan di mesin ATM hingga ke peramban (browser) yang saat ini Anda gunakan untuk membaca tulisan ini.

Salah satu mata uang digital dan paling populer hingga saat ini, adalah bitcon. Sosok Satoshi Nakamoto, merupakan nama yang berada di balik lahirnya bitcon. Dengan sifat bitcoin yang dapat dimiliki tanpa bisa diketahui nama pemiliknya (anonim), ternyata sangat aman karena tidak bisa digunakan selain oleh pemiliknya sendiri dan hanya bisa satu kali saja.

Fluktuasi naik turun harga bitcoin

Seperti layaknya mata uang biasa, juga terdapat fluktuasi naik turun harga bitcoin di pasaran. Sebagai gambaran, pada awal bitcoin diperkenalkan mulai dari hampir 0 Rupiah, hingga sedikit demi sedikit naik ke 100 rupiah, dan pada akhirnya saat ini mencapai nilai ratusan juta rupiah.

Bisa dibilang harga bitcoin ini mengalami lonjakan paling besar dalam 7 tahun pertamanya, yaitu dari tahun 2010 ke akhir 2017, dari kurang 100 rupiah menjadi seperempat milyar rupiah.

Hal yang terjadi kemudian adalah adanya fluktuasi naik turun harga bitcoin yang terjadi tidak dalam waktu lama, tetapi hanya dalam hitungan hari. Oleh karena itu, sangat penting untuk bisa memahami apa itu bitcoin termasuk dalam penggunaannya.

Cara tukar bitcoin ke rupiah

Bagian ini merupakan bagian yang ditunggu-tunggu nih, apalagi kalau bukan tentang bagaimana cara kita menukar bitcoin ke rupiah, supaya bisa kita gunakan dalam transaksi konvensional.

Anda bisa melakukan penarikan bitcoin ke rupiah melalui rekeningku.com ke 142 bank, yang pastinya bank-bank utama di Indonesia termasuk di dalamnya ya. Cara melakukan penarikan (withdrawal) rupiah melalui rekeningku.com adalah:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki bitcoin, kemudian daftar dan bisa login ke rekeningku.com
  2. Masuk ke menu Wallet
  3. Pilih menu withdraw pada bagian mata uang rupiah (IDR), dan akan tampil berapa estimasi total aset Anda dalam mata uang rupiah
  4. Selanjutnya masukkan berapa rupiah yang Anda ingin tarik sesuai kriteria batas minimal dan maksimal penarikan yang diijinkan
  5. Masukkan bank tujuan penarikan
  6. Masukkan kode untuk login 2-factor authentication Anda
  7. Terakhir, pilih tombol withdraw

Nah, sangat simple dan mudah bukan? Anda pun tidak perlu khawatir melakukan penarikan melalui portal rekeningku.com maupun melalui aplikasi dari gawai Android maupu iOS Anda.

Bertransaksi di rekeningku yang telah beroperasi sejak tahun 2017 oleh Sumardi (Co Founder & CEO) serta Robby (Director) dijamin aman. Kenapa? Rekeningku telah terdaftar serta diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditas (Bappebti) dan KOMINFO. Sebagai informasi, berdasarkan peraturan dari Bappebti No 5 tahun 2019 pada 8 Februari 2019, bitcoin mendapat ijin untuk bisa diperdagangkan di bursa berjangka komoditas Indonesia.

About arigetas 406 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*