Tentang NAV (Net Asset Value) dalam Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Tentang NAV (Net Asset Value dalam Investasi Reksa Dana Pasar Uang

Net Asset Value (NAV) merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam mempertimbangkan membeli produk Reksa Dana termasuk Reksa Dana Pasar Uang. Hal tersebut terjadi karena NAV atau Net Asset Value akan mempengaruhi berapa jumlah unit penyertaan yang Anda dapatkan saat membeli produk Reksa Dana.

Berinvestasi pada instrumen Reksa Dana Pasar Uang berarti Anda menempatkan dana untuk diinvestasikan pada instrumen pasar uang seperti surat hutang seperti obligasi, surat berharga di Reksa Dana Pasar Uang, sampai dengan deposito. Akan tetapi, setiap transaksi investasi yang Anda beli di investasi Reksa Dana tidak akan Anda kelola sendiri melainkan akan dikelola oleh pihak Manajer Investasi.

Pengertian, Fungsi dan Cara Hitung NAV (Net Asset Value) Reksa Dana

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pengertian, fungsi dan cara hitung NAV atau Net Asset Value Reksa Dana. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk menjalankan instrumen investasi Reksa Dana Pasar Uang.Net Asset Value (NAV) memiliki istilah lain dalam bahasa Indonesia yaitu Nilai Aktiva Bersih (NAB). Pengertian dari Net Asset Value NAV adalah nilai atau pun harga dari suatu unit Reksa Dana yang menunjukkan modal atau dana yang perlu Anda keluarkan untuk bisa memilikinya.

Fungsi NAV atau Net Asset Value dalam Berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang

Setelah mengetahui pengertian dari Net Asset Value, Anda juga perlu mengetahui fungsi Net Asset Value dalam berinvestasi Reksa Dana Pasar Uang terbaik. Fungsi utama dari Net Asset Value yaitu sebagai acuan dan tolak ukur perhitungan harga dari produk Reksa Dana Pasar Uang. Hal tersebut juga berlaku saat Anda melakukan transaksi jual beli suatu Reksa Dana.

Hal penting yang perlu dipahami saat investasi Reksa Dana yaitu Nilai Aktiva Bersih, Mengetahui Nilai Aktiva Bersih memudahkan Anda memperkirakan dan menghitung keuntungan dari penjualan Reksa Dana yang kemudian dananya akan dicairkan setelah penjualan. 

Potensi keuntungan yang bisa Anda lihat dari pergerakan Nilai Aktiva Bersih yang bisa berubah-ubah setiap harinya. Perubahan pergerakan Net Asset Value setiap harinya terjadi karena pihak Manajer Investasi akan menghitung Nilai Aktiva Bersih setiap sesi perdagangan selesai setiap harinya. Kemudian, hasil perhitungan tersebut yang diterbitkan dalam laporan investasi agar bisa diakses oleh investor..

Tidak hanya itu, Net Asset Value juga memiliki fungsi lain yaitu untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam dari Reksa Dana. Sehingga Anda bisa lebih mudah memilih aset Reksa Dana yang memiliki potensi untuk mendapatkan keuntungan.

Cara Hitung NAV atau Net Asset Value Reksa Dana

Terakhir, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara hitung Net Asset Value Reksa Dana untuk mengetahui konsep investasi Reksa Dana secara lengkap. Perhitungan Net Asset Value Reksa Dana melibatkan NPW (Nilai Pasar Wajar). Sehingga besar tinggi Nilai Pasar Wajar akan mempengaruhi pergerakan Net Asset Value Reksa Dana setiap harinya.

Nilai pasar wajar merupakan harga transaksi yang sedang berlaku dengan besaran nilai yang mengalami perubahan setiap harinya. Oleh karena itu, jika Nilai Pasar Wajar berubah, maka Nilai Aktiva Bersih juga berubah. Sehingga Anda perlu mengetahui update Nilai Aktiva Bersih setiap harinya mulai dari hari Senin sampai dengan hari Jumat.

Cara memperkirakan keuntungan dengan berinvestasi menggunakan Reksa Dana bisa dilakukan dengan membandingkan Nilai Aktiva Bersih. Yakni membandingkan antara Nilai Aktiva Bersih sebelum membeli aset Reksa Dana dengan Nilai Aktiva Bersih setelah melakukan pembelian aset Reksa Dana.

Net Asset Value merupakan nilai dari hasil pembagian dari nilai aset atau nilai kewajiban dengan jumlah saham yang outstanding. Atau dalam kata lain rumus dari 

Net Asset Value = Nilai Aset – Nilai Kewajiban) : Jumlah Efek yang beredar.

Kelebihan Penggunaan Produk Reksa Dana Pasar Uang di DBS Treasures

Setelah mengetahui beberapa hal yang berhubungan dengan NAV atau Net Asset Value Reksa Dana, Anda juga perlu mengetahui cara berinvestasi Reksa Dana yang baik dan benar. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja kelebihan berinvestasi dengan Reksa Dana Pasar Uang terbaik di DBS Treasures.

1. Proses Pengelolaan Investasi oleh Pihak Profesional

Pemilihan produk Reksa Dana di DBS Treasures memiliki kelebihan pertama yaitu semua dana investasi akan dikelola oleh profesional yaitu oleh Manajer Investasi agar proses investasi dapat mengoptimalkan kinerja produk.

2. Lebih Mudah Mendapatkan Wawasan Saat Berinvestasi

Kelebihan kedua dari pemilihan Reksa Dana Pasar Uang di DBS Treasures yaitu lebih mudah mendapatkan wawasan tentang investasi. Hal tersebut ada karena dengan investasi di DBS Treasures melibatkan tim ahli finansial yang proaktif dan andal memberikan wawasan.

3. Berinvestasi Risiko Minim dengan Diversifikasi

Selanjutnya, Anda bisa berinvestasi di Reksa Dana dengan risiko yang minim dengan diversifikasi. Diversifikasi bisa dilakukan dengan cara menyebarkan dana yang tersedia pada berbagai jenis aset investasi di DBS Treasures.

4. Proses Transaksi Investasi Lebih Mudah

Terakhir, Anda juga bisa melakukan transaksi investasi Reksa Dana yang lebih mudah dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari kemudahan proses registrasi, transaksi jual beli Reksa Dana, analisa Reksa Dana sampai dengan Switching.

Bagaimana? Sudah pahamkah Anda tentang penjelasan tentang Net Asset Value atau yang seringkali disebut dengan Nilai Aktiva Bersih dalam investasi Reksa Dana? Jangan ragu lagi, investasikan dana yang Anda miliki untuk masa depan dengan membeli produk Reksa Dana Pasar Uang di bank terpercaya DBS Treasures di Aplikasi digibank by DBS!

About arigetas 376 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*