Rahasia Sukses Bisnis Online yang Seller Perlu Tahu

6 rahasia sukses bisnis online diantaranya adalah jujur, gercep dan gencar promosi serta pakai neuTransfer untuk memudahkan konsumen

Pakeeeettt….! Demikian kata yang diucapkan agak teriak oleh kurir ini sudah menjadi hal yang biasa ditemui setiap hari. Uniknya, kurir layan antar paket ngga cuma jamak ditemui di rumah atau kos, tetapi anda silakan cek juga di pos satpam perkantoran, biasanya menumpuk paket yang menunggu untuk diantar ke nama tujuan. Bisnis online benar-benar peluang mendapatkan cuan banget bukan? Jadi, apa saja sih rahasia sukses bisnis online yang harus diketahui oleh penjual alias seller ini?

6 Rahasia Sukses Bisnis Online Para Seller Juara

Pernahkah anda mengecek ke marketplace andalan anda dan menemukan bahwa setiap hari ada saja seller bisnis online yang transaksinya sampai ratusan? Atau ketika anda membuka story atau status WhatsApp atau Instagram dan ada saja teman yang merupakan pebisnis online sedang “memamerkan” sekian paket siap kirim ke pelanggan mereka?

Kalau melihat capaian mereka (para seller) saat itu, rasanya berbisnis online adalah sesuatu yang tidak sulit. Ibaratnya, hanya melakukan promosi di media sosial, pasang lapak di marketplace dan kemudian orderan akan datang dengan deras secara otomatis. Wohohoho tunggu dulu. Sepertinya tidur anda terlalu miring.

Saatnya anda kembali memijak bumi dan mengosongkan gelas anda, sehingga dapat menerima paling tidak 6 rahasia dari para seller handal dalam bisnis online:

1. Sadarlah, Jadi Seller Handal itu Perlu Waktu

Pertama dan utama, anda harus paham bahwa untuk bisa menjadi seller yang oderannya deres itu tidak bisa dicapai dalam waktu hitungan hari, bahkan bulan. Mereka (para seller jempolan), membangun bisnis online dari 0, sejak awal. Semakin awal memulai bisnis, maka akan semakin cepat menemukan lubang kesalahan dan kemudian menambalnya.

Kebanyakan memang para seller tersebut sudah memiliki pondasi kuat di bisnis offline, kemudian mengembangkan sayap via online. Eits, tapi jangan salah bahwa ada banyak juga yang awalnya tidak memiliki toko offline, bahkan banyak diantaranya awalnya adalah seorang karyawan perusahaan yang kemudian di-PHK karena pandemi, lantas memulai bisnis online.

2. Rahasia Sukses Bisnis Online Terpenting: Seller Wajib Jujur

Berlaku jujur tidak akan pernah salah, dimanapun anda berada. Saat jadi karyawan ataupun bos di perusahaan pun, berlaku jujur dan apa adanya merupakan sikap yang sangat dihargai dan aman untuk jenjang karir anda di masa kini hingga mendatang.

Sikap jujur saat menjadi pedagang online adalah dengan menyampaikan kondisi lapak secara apa adanya. Misalnya anda menjual barang kualitas rendah, ya pastikan menginfokan ke calon pembeli perihal kualitas tersebut. Baik sampaikan baik, rendah sampaikan rendah.

Selain kualitas barang, seringkali ada penjual yang pakai sistem “jawab ada saja dulu, perkara sebeneranya barang ada atau tidak, itu masalah nanti” ini penyakit banget.

Seller yang baik, tidak akan begitu.

3. Lakukan Promosi Cerdas

Cara paling realistis dalam promosi ketika menjalankan bisnis online adalah lewat semua platform media sosial yang fokus di satu akun yang sama. Branding adalah langkah awal dalam mempromosikan jualan anda. Memisahkan akun media sosial pribadi dan lapak jualan, adalah langkah yang bijak.

Terkadang, kita tidak cukup hanya dengan memisahkan akun pribadi dengan akun lapak jualan. Bila perlu, akun pribadi dapat di-private sehingga kita bisa lebih bebas mengekspresikan diri kita tanpa perlu ada judgement yang tidak perlu dari mereka yang tidak ada hubungan personal dengan kita.

5. Gercep adalah Jalan Ninja Seller

Gercep alias gerak cepat, merupakan jalan ninja para seller. Lemot alias lambat dalam merespon pertanyaan dan keluhan dari pelanggan, merupakan bom waktu yang dapat segera meledak dan mematikan bisnis anda. Karenanya, anda harus menuliskan jam buka toko dalam hal merespon pelanggan, misal dari jam 8 pagi hingga 17 sore.

Lebih dari jam kerja toko tersebut, konsumen tetap bisa meninggalkan pesan untuk kemudian dapat dijawab oleh anda.

Oh iya, dalam mendukung kelancaran dalam pengiriman paket penjualan, printilan seperti plastik pembungkus, selotip hingga kardus kemasan harus selalu tersedia stoknya. Jangan sampai anda menunda pengiriman disebabkan plastik pembungkus sedang habis dan musti menunggu dibelikan esok hari. Ingat, semakin cepat pengiriman ke konsumen, artinya akan meningkatkan level kepercayaan konsumen kepada anda.

6. Memudahkan Konsumen Dalam Transaksi lewat neuTransfer

Tips keenam yang menjadi rahasia para pebisnis online sukses adalah mereka yang mampu memudahkan konsumen dalam membayar belanjaan. Seringkali, pembeli mengalami kesulitan karena harus melakukan transfer uang pembayaran dari bank A ke rekening bank B milik penjual.

Untungnya, saat ini urusan transfer antar bank sudah semakin mudah, bahkan gratis biaya admin melalui neuTransfer. Bagi anda pembeli yang memerlukan transfer yang hingga 25 juta Rupiah setiap hari ke berbagai bank, dapat menggunakan neuTransfer ini.

Dengan menggunakan neuTransfer via aplikasi neu (tersedia di Google Playstore dan Apple Store), ucapkan selamat tinggal pada biaya admin Rp6.500,00 setiap kali anda mentransfer uang antar bank!

About arigetas 283 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*