Libur Tanggal Merah 2021 Enaknya Ngapain Aja, Sih?

cara menikmati libur tanggal merah 2021 beragam mulai dari staycation, wisata hingga berkebun bersama keluarga

Menjelang pergantian tahun dan mendapatkan kalender yang baru, apa sih yang anda cari? Yakin deh, 99% dari anda mencari kapan saja ada tanggal merah, terutama yang jatuh di hari Jumat atau Senin. Apa saja hari libur tanggal merah 2021 dan bagaimana cara terbaik anda menikmatinya?

Cara Menikmati Libur Tanggal Merah 2021

Setiap dari kita, memiliki cara tersendiri yang paling cocok dalam menikmati hari libur. Paling tidak, berikut 5 cara menikmati hari libur yang bisa jadi ada diantaranya yang belum pernah anda lakukan:

1. Me Time, Istirahatkan Tubuh dan Pikiran

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kok hari libur dinikmati dengan cara istirahat? Jangan salah, salah satu cara menikmati satu hari libur di tengah minggu, misalnya saat libur Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari Selasa, 19 Oktober 2021, bisa anda lalui dengan cara me time dan istirahat di dalam rumah.

Cara menikmati libur ini cocok banget bagi anda yang tidak ada work from home (WFH), sehingga ketika ada satu hari libur pun, bisa dengan leluasa menikmatinya di rumah. Bagi yang masih single, menyiapkan makanan dan cemilan untuk seharian libur dan nge-drakor juga boleh.

Bagi yang sudah berkeluarga, menikmati bersama keluarga dengan memasak makanan bersama juga merupakan cara tepat untuk meningkatkan bonding antara orang tua dan anak-anak. Kalau anda jenuh istirahat di rumah, maka memilih untuk staycation adalah pilihan yang cerdas.

2. Staycation

Melanjutkan pembahasan di poin pertama, melalui staycation anda bisa mendapatkan nuansa baru tetapi tidak perlu capek di perjalanan. Konsep staycation adalah anda liburan menginap di hotel yang berada di area anda setiap hari. Silakan anda mencari hotel atau penginapan yang cocok di dekat anda.

Dalam memilih lokasi staycation, bagi anda yang sudah berkeluarga sebaiknya memilih bersama-sama dengan seluruh anggota keluarga. Libatkan anak-anak anda dalam memilih, sehingga bonding yang terbentuk menjadi lebih kuat dan bermakna.

3. Berkebun dan Beres-Beres Rumah

Tunggu, mungkin anda akan berpikir bahwa hari libur kok malah berkebun dan beres-beres rumah yang artinya akan capek? Tidak sepenuhnya salah kok pemikiran anda tersebut, sehingga kedua aktivitas yang ada di poin ketiga ini paling ideal dilakukan oleh anda yang tidak sedang capek fisik dan ingin lebih fresh, meski di rumah saja.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berada di rumah yang berantakan barang-barangnya, bisa menjadi lebih mengalami stres pikiran. Karenanya, beberes rumah merupakan salah satu cara ampuh yang bisa membuat pikiran jadi lebih segar.

Dalam melakukan beres-beres rumah, anda tidak perlu memasang target terlalu tinggi. Target seperti membersihkan total kamar mandi atau menata ulang dapur pun sudah cukup bagi anda yang single. Atau, anda bisa membagi tugas dengan seluruh anggota keluarga, misalnya Ibu menyapu dan mengepul, anak-anak membantu Ayah berkebun dengan mencabut rumput atau menanam tanaman serta menata taman kecil.

4. Wisata

Menikmati libur tanggal merah 2021 yang jatuhnya di hari Jumat atau Senin, tentu ideal apabila kita gunakan untuk pergi berwisata ke tujuan wisata yang agak jauh. Untuk keamanan dan kenyamanan penuh dalam menikmati liburan, disarankan untuk:

  • Membuat Rencana Liburan Jauh Hari
    Perencanaan matang yang dilakukan paling tidak 2 hingga 3 bulan sebelum pergi liburan adalah hal ideal. Selain karena kita bisa leluasa dalam memilih lokasi tujuan, kita akan bisa punya banyak pilihan penginapan yang sesuai dengan selera dan budget. Sangat disarankan untuk memilih objek wisata alam terbuka, agar lebih aman dari paparan virus COVID-19 ya.
  • Menyiapkan Fisik dan Mental
    Pergi liburan di kala pandemi saat ini, tentu ada banyak protokol kesehatan yang musti dipatuhi. Sebagai contoh, apabila anda ragu pergi liburan dengan naik kendaraan umum karena bisa bertemu dengan orang yang tidak dikenal di dalam satu kendaraan, maka pergi liburan dengan membawa mobil sendiri akan lebih baik. Selain itu, pastikan seluruh keluarga yang akan pergi liburan dalam kondisi yang sehat.
  • Dokumentasi Liburan Anda
    Saat ini, mendokumentasikan melalui foto atau video bukanlah persoalan sulit, karena smartphone kita umumnya sudah layak untuk kedua hal tersebut. Ibarat sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui, bagaimana jika saat liburan nanti didokumentasikan dalam bentul Vlog? Pasti seru dan akan memorable bukan? Oh iya, pastikan mengunggah vlog tersebut setelah liburan usai ya supaya keamanan rumah yang sedang anda tinggalkan lebih terjaga.

Bagaimana dengan cara anda dalam menikmati libur tanggal merah 2021?

About arigetas 291 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*