Cara Merawat Motor Matic Untuk Pemula Sebaiknya Bagaimana?

servis motor dan ganti oli di planet ban

Jenis motor yang makin hari makin populer dimiliki adalah jenis motor matic. Salah satu alasannya, karena pengemudi sangat dimanja dengan tidak perlu memikirkan kapan waktu yang tepat pindah gigi. Mudahnya, tinggal gas saja bukan? Saking praktisnya, seringkali orang abai tentang cara merawat motor matic. Umumnya orang hanya peduli pada dua hal: cuci motor dan isi bensin.

Bagaimana Cara Merawat Motor Matic Bagi Pemula itu?

Sebenarnya, isi artikel ini tidak hanya untuk Anda yang memang pemula dalam merawat motor matic saja, ya. Tetapi juga bagi Anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang cara merawat motor matic kesayangan Anda.

Untuk merawat motor matic, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan Body Motor

Bagi yang memiliki uang lebih, Anda bisa mengalokasikan mencuci motor di car wash yang melayani untuk membersihkan kendaraan roda dua. Apabila Anda ingin hemat (dan punya cukup banyak waktu), maka bisa saja Anda mencucinya sendiri.

Mencuci motor sendiri memang lebih hemat. Perlu diingat bahwa hasil cucian sendiri umumnya tidak sebersih dan setuntas hasil kita mencucikan motor pada pihak profesional bukan? Jalan tengahnya, kita bisa mencuci sendiri motor kita paling tidak seminggu sekali. Tentunya motor juga dicuci setelah terkena hujan ya. Sehingga pada akhirnya, Anda cukup mencucikan motor di car wash idealnya sebulan sekali.

2. Rutin Isi Bahan Bakar Sebelum Kehabisan

Mungkin ada diantara Anda yang bingung, apa kaitan rutin isi bahan bakar dengan merawat motor? Tangki bahan bakar motor Anda (matic ataupun non matic), disarankan untuk tidak kosong berkelanjutan agar tidak timbul karatan di dalamnya. Oleh karena itu, disarankan agar rutin mengisi bahan bakar maksimal ketika tangki sisa setengah.

Selain itu, perlu diperhatikan mengenai spesifikasi bahan bakar untuk motor matic Anda tersebut sudah sesuai dengan yang minimal dibutuhkan mesin, misalnya RON 92.

3. Cara Merawat Motor Matic utamanya Harus Rajin Servis dan Ganti Oli

Hal paling penting untuk dilakukan secara berkala dalam merawat motor matic Anda adalah rutin melakukan servis dan mengganti oli motor matic sesuai jadwal dan spesifikasi teknis.

Untuk motor matic, biasanya dianjurkan untuk menggunakan jenis oli yang disebut oli CVT (Continuously Variable Transmission). Oli CVT adalah jenis oli yang khusus diformulasikan untuk transmisi matic yang menggunakan sistem transmisi tanpa gigi atau dengan gigi terbatas.

Oli CVT biasanya memiliki tingkat keviskositas yang lebih tinggi daripada oli mesin biasa, serta memiliki aditif khusus yang membantu mencegah kerusakan pada sistem transmisi matic.

Selain oli CVT, beberapa motor matic juga dapat menggunakan oli mesin biasa dengan viskositas yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrik. Namun, agar lebih aman dan memberikan performa terbaik, sebaiknya menggunakan oli yang disarankan oleh pabrik atau oli CVT.

Sebaiknya juga memperhatikan interval penggantian oli yang dianjurkan oleh pabrik, serta memastikan bahwa oli yang digunakan memenuhi spesifikasi yang ditentukan. Penggunaan oli yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada motor matic dan menurunkan performa mesin.

cara merawat motor matic dengan rutin servis dan ganti oli di planet ban

Perlu diingat bahwa penggantian oli mesin dan gardan pada motor matic memiliki perbedaan jadwal. Oli mesin biasanya perlu diganti setiap 2.000 km, sedangkan untuk oli CVT diganti paling tidak setiap 4.000 km. Untuk motor yang menempuh jarak harian dalam kota, biasanya km tersebut dicapai pada rentang waktu yang tidak sebentar.

Bagi Anda yang ngga pengen ribet, bisa banget mencari pencerahan perihal servis dan aneka kebutuhan motor Anda di https://planetban.com/ yang sudah tersebar di banyak kota di Indonesia. Dengan melakukan perawatan secara teratur, Anda dapat menjaga kondisi motor matic Anda agar tetap dalam kondisi yang baik dan siap digunakan setiap saat.

Anda punya pengalaman unik apa saat merawat motor matic? Yuk share di kolom komen di bawah ini 🙂

About arigetas 405 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*