Perempuan Sindrom Cinderella Complex di Sekitar Kita

Sebenarnya, tanpa kata ‘perempuan’ saat menulis judul Sindrom Cinderella Complex pun, sudah lekat dengan pengertian kaum hawa. Akan tetapi, tetap ditambahkan dengan tujuan menguatkan maksud, bahwa sindrom yang masih diteliti dalam tahap awal dan belum mendalam ini khusus untuk perempuan. Eh sebenarnya apa dan bagaimana sih, Perempuan Sindrom Cinderella Complex di sekitar kita itu?

Mengenal si Perempuan Sindrom Cinderella Complex

Sampai dengan tulisan ini diunggah, sependek pengetahuan saya belum menemukan bahwa Sindrom Cinderella Complex ini merupakan suatu gangguan psikologis. Hanya saja, seseorang yang merasa bahwa dirinya tidak bisa melakukan segala sesuatunya oleh dirinya sendiri, adalah tergolong penderitanya.

Ciri-ciri Perempuan Penderita Sindrom Sindrom Cinderella Complex

Adapun ciri-ciri utama dari perempuan penderita Sindrom Cinderella Complex adalah:

  1. Sering merasa ketika mampu menyelesaikan pekerjaan, selalu cemas ketika keberhasilannya di hari esok, menjadikan sisi perempuannya menjadi dipertanyakan.
  2. Menginginkan adanya sang “pangeran berkuda putih” yang menyelamatkannya dari banyak hal di dunia nyata. Penderita sindrom ini mendambakan seseorang laki-laki yang ala-ala “one stop shopping” yang bisa menyelesaikan semua persoalan hidup si wanitanya.
  3. Umumnya mereka (penderita), tidak sadar sedang menderita sindrom tersebut dan merasa diri mereka baik-baik saja.

Bagaimana Dengan Sifat Manja?

Perbedaan utama Sindrom Cinderella ini dengan manja adalah di kontinuitas alias keberlanjutannya. Sebagai contoh, seseorang yang manja itu sebenarnya bisa melakukan aktivitas tertentu, tetapi memilih merajuk sehingga dikerjakan oleh orang lain.

Contoh nyata di lingkup keluarga kita misalnya, adik perempuan kita setelah makan merengek tidak mau mengerjakan pekerjaan rumahnya sendiri, tetapi maunya dibantu oleh kita. Setelah kita tegaskan bahwa dia harus mengerjakan karena itu kewajiban dia, si adik akan seleseai mengerjakannya meski sambil menggerutu.

Setelah selesai, maka si adik kita tadi akan melupakan pekerjaan rumahnya dan dianggap selesai urusan. Hal berbeda terjadi pada perempuan sindrom cinderella complex. Si perempuan penderita setiap kali akan melakukan pekerjaan apapun, selalu berpikir bahwa dia tidak bisa melakukannya dan memerlukan orang lain.

Kondisi yang selalu merasa tergantung kepada orang lain ini sangat buruk bagi masa depan si penderita, karena apapun harus dibantu oleh orang lain. Lebih lanjut, perlu ada orang lain yang menjadi benteng terakhir ketika menjalani kehidupannya.

Menurut beberapa sumber, salah satu penyebab utama Sindrom Cinderella Complex ini adalah pola asuh orang tua yang over protektif. Para peneliti menduga kuat bahwa sindrom ini merupakan hasil dari budaya patrilinial, dimana salah satu cirinya adalah tidak mendidik kaum perempuan untuk berani menghadapi ketakutan (masalah) dirinya sendiri.

Selain menjadikan anak perempuannya tidak bisa mandiri, apabila di masa depan si anak tadi bisa jadi memiliki konflik yang tidak perlu dengan suaminya. Adapun cara mengatasi Sindrom Cinderella Complex Perempuan adalah:

  1. Yang pertama dan utama, harus memastikan bahwa penderita sindrom cinderella ini menyadari dan mengakui bahwa dia sedang tidak baik-baik saja.
  2. Melatih diri menyelesaikan tugas kecil dan meyakinkan diri bahwa “we did a great job”.
  3. Ulangi langkah kedua, hingga akhirnya tidak muncul rasa tidak yakin akan kualitas pekerjaan. Naikkan tingkat kesulitan pekerjaan ke level selanjutnya dan ulangi tahap yang sama.
  4. Yakinkan ke diri sendiri bahwa semua akan membaik dan tidak akan ada masalah. Katakan bahwa anda adalah pribadi yang mandiri.
artikel perihal perempuan Sindrom Cinderella Complex dapat ditemukan di web dan aplikasi Halodoc
Fitur pencarian artikel kesehatan di laman Halodoc

Penasaran Akan Masalah Kesehatan Lain? Mudah!

Sindrom yang telah dibahas diatas bisa jadi asing bagi anda, tetapi sangat bagus untuk diketahui. Untuk lebih mudah dalam memahami secara ringkas aneka gejala dan ciri masalah kesehatan (fisik maupun psikis), disarankan untuk ke sumber artikel yang kredibel, misalnya di laman website dan app Halodoc.

Di Halodoc anda akan menemukan banyak artikel kesehatan menarik dan up to date yang dikemas dengan bahasa yang ringkas dan mudah. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci masalah kesehatan yang anda ingin cari tahu.

About arigetas 251 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*