Cara Menulis Judul Tribunnews yang Bisa Kamu Tiru

tribun cara menulis judul tribunnews

arigetas.com|Salah satu dari banyak media online yang sering bikin gemes saat dibaca judul alias headlinenya, adalah keluarga Tribunnews. Biar kamu bisa ikutan belajar bikin gemes, ayok kita coba telaah beberapa cara menulis judul Tribunnews yang bisa kamu praktekkan.

Ragam Cara Menulis Judul Tribunnews

Sebelum kita mencoba membuat judul alias headline ala Tribunnews, mari kita telaah dahulu bagaimana ragam cara Tribun dalam membuat judulnya:

1. Judul Normal

Menulis judul bisa hanya deskripsi singkat, juga boleh ditambahkan dengan tanda tanya di akhir kalimat. Penggunaan tanda tanya, adalah untuk memberikan kesan penasaran agar si pembaca membuka artikelnya. Isi dari artikel bisa berupa informasi yang memang berguna, meski tipe artikel Tribun itu menyebalkan.

Artikel Tribunnews yang isinya singkat pun biasa, tapi dipanjang-panjangin hingga beberapa page next next next demi klik dan iklan ini tambah menyebalkan.

Lucunya, ada saja orang yang mengaku tetap klik hingga halaman terakhir 😀

2. Judul Ada Unsur Orang Terkenal

Salah satu cara membuat ramai kunjungan ke website, adalah dengan membahas artis atau pesohor negeri. Yang dimaksud dengan pesohor tidak hanya terbatas pada artis atau keluarganya, tetapi juga YouTuber misalnya.

Judul di atas terasa bombastis, dimana Tukul si eaa eaaa eaaa kalau bercanda saja bisa jadi rebutan hingga 7 wanita. Saking hebatnya, si Atta, YouTuber yang pernah ngangkat video tentang YouTuber sampah sampai menutup kolom komentar ini terkesima.

Apa faedahnya bagi pembaca? NGGAK ADA!

Mau si Tukul kayang, kesandung atau makan bakmi, ya ngapain juga si Atta petir terkesima.

3. Cara Menulis Judul Tribunnews dengan Kronologi

Sebenarnya tipe ketiga ini nggak bikin penasaran-penasaran banget, sih. Minimal buat aku. Jadi karena membela selingkuhan, si suami rela menampar dan menendang istri di tempat umum. Judulnya kurang menjual sih menurutku.

4. Kasih Bumbu Berbau Seks di Judul

cara menulis judul tribunnews berbumbu seks dan wanita

Pertama, caranya kasih nama tokoh cewek. Kenapa cewek? Karena yang berbau seks, pasti lebih banyak di-klik kalau si tokoh cewek. Bayangkan saja misalnya nama Risnah Mayliana ini diganti Bejo Subroto, bisa langsung ilfil bukan?

Kemudian, tulis kisah penyambung ke kalimat inti, yang kali ini tentang kenalnya dia ke Persija. Kemudian, final punchline adalah “pengalaman seksisme” dari oknum Jakmania. Nah, judul jenis ini yakin bakalan lebih banyak diklik daripada judul lain di atasnya.

5. Lagi-Lagi, Jual Nama Artis dan Ekspresi Nggak Faedahnya

Kisah para artis memang sangat menjual. Semakin fenomenal, semakin terkenal, maka hal sepele yang dilakukan si artis tentu layak membikin penasaran pembaca.

Misalnya berita tentang Ashanty yang mengomentari suaminya, Anang Hermansyah. Komentar: “Gitu mau punya anak lagi, gila” dari Ashanty pun sanggup mengundang penasaran pembaca. Padahal … ya … biasa aja.

Model judul seperti ini jamak ditemui sih, tidak hanya di portal berita, terkadang juga ditemui kok di acara televisi. Paling sering misalnya:

7 orang teroris menyandra sekolahan di kota X, yang kemudian dilumpuhkan oleh pihak berwenang. Bla Bla Bla.

Kejadian tersebut merupakan kegiatan latihan untuk pengamanan lingkungan.

Cara Menulis Judul Tribunnews ala Blogger

Nah, untuk blogger yang mau mencoba menulis judul ala Tribunnews (yang ngeselin dan lucu) tuh terlihat mudah, tetapi tidak semudah yang kamu bayangkan. Aku belajar menulis judul ala Tribunnews dari mas Baim, yang memang sudah belajar tentang hal tersebut.

Berikut contoh judul yang munculnya di beberapa grup chat WhatsApp blogger yang aku ikuti:

Sempat Jual Perabotan untuk Biaya Pulang, Tetangga: “Saya Kira Mau Kabur”

Viral! Dimanfaatkan sahabat sendiri, gadis JS pilih pulang kampung tapi nggak dianggap. Begini nasibnya sekarang

Cara Mendekati Cewek, Lalu Meninggalkannya Ketika Nyaman

Sebenarnya, masih banyak tipe menulis judul (nggemesin) lain dari Tribunnews yang kadang-kadang juga clickbait. Kalau kamu, boleh dong tulis judul ala Tribun kreasi kamu di kolom komentar …

About arigetas 220 Articles
Family man. Ayah dua orang putra yang suka iseng, absurd, guyon receh serta hobi main badminton. Terkadang bisa serius.

29 Comments

  1. Memang kalau mau mengundang orang datang untuk membaca harus bikin judul yang semenarik mungkin ya. Walau akhirnya bikin orang kezeeel auto pengen banting hape ha, ha…

  2. Tribun itu emang ngeselin! Kadang beritanya gak penting-penting amat. Dulu pernah ada berita Prabowo terseret arus sungai pas jaman pilres, eh ternyata prabowo yang lain. Udah judulnya tendensius. next…next…next pula wkwkwk

    Tapi bolehlah diuji coba membuat judul-judul clickbait dan clickable ala Tribun untuk diterakan pada blog pribadi

  3. tribunnews itu bikin pengen balik badan tapi muka masih melirik untuk baca. hiy
    aku ngga tau nih bikin judul blog sering auto kaya gitu, mungkin keseringan baca tribunnews yg muncul di bawah kotak pencarian google… nyedot perhatian bgt itu ya

  4. Wkwkwkw cakep nih… Aku gak terpikir loh nulis judul ala Tribun gitu.

    Sepertinya bakalan dramatis kalau pakai judul ala Tribun hahaha

  5. Saya juga sering gemes sama judul portal berita kek gini. Pengen tak hihhh 😭😭 secara sebagai anggota pers mahasiswa saya sering struggle plus diceramahin redaktur untuk ganti judul berkali-kali kalau nggak pas sama isinya

  6. Wkwkkwkw. Emang ya Keluarga Teribun tuh judulnya bikin gemes parah. Kalau gak salah, mas Sugeng juga pernah bahas teribun. Tapi soal Seo nya. Eh iya gak sih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*